5 Ide Bisnis Sablon Kaos Buat Kamu di Masa Pandemi

March 31, 2021

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif agar bisabertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Salah satu caranya adalah denganmembuka bisnis atau usaha mandiri karena pekerjaan pun juga sudah sangat sulit. Ada banyakjenis bisnis yang cocok dijalankan pada masa pendemi seperti sekarang, ini salah satunya adalah bisnis sablon kaos. Walaupun tengah masa pandemi, akan tetapi bisnis fashion masih memiliki peluang yang cukupbagus, terutama jenis costum kaos sablon. Nah berikut ini beberapa ide bisnis kaos untuk sablonyang bisa kamu coba:

5 Teknik Sablon Kaos Untuk Ide Bisnis di Masa Pandemi

Sablon costum kaos termasuk salah satu jenis bisnis yang memiliki resiko kecil sehingga cocokdijalankan pada masa pandemi seperti saat ini. Ada beberapa teknik yang biasa digunakan untukmenjalan bisnis sablon pada kaos ini, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Sablon DTG

Salah satu jenis teknik sablon yang sering digunakan untuk bisnis kaos adalah teknik DTG atau direct to garment. Ini merupakan teknik sablon digital dimana kaos akan disablon secaralangsung dengan cara mentransferkan tinta menggunakan printer khusus sablon kaos. Sebelum mencetak sablon di atas kaos, pastikan desain yang akan dicetak sudah siap.

2. Sablon Sublimasi

Sablon sublimasi merupakan teknik untuk menyablon kaos, akan tetapi desain tidak langsungdiprint di atas kaos atau kain. Pada teknik ini desain akan dicetak terlebih dahulu di ataskertas transfer paper. Selanjutnya barulah kertas transfer paper tersebut akan dipress pada media kain atau kaos dengan teknik heat press. Untuk menyablon kaos dengan teknik ini kamu membutuhkan peralatan berupa mesinsublime, komputer desain dan heat press.

3. Sablon Cutting

Teknik selanjutnya yang juga bisa kamu coba untuk membuat bisnis sablon kaos adalah metode cutting. Teknik ini menggunakan mesin pemotong seperti plotter atau sejenis mesincutting sticker kemudian baru dipress menggunakan mesin heat press. Sablon jenis inimenghasilkan efek timbul dan menutupi pori-pori pada kaos.

4. Sablon Transfer paper

Transfer paper merupakan teknik sablon yang dilakukan dengan mencetak desain sablonpada kertas khusus. Selanjutnya transfer paper tersebut akan diletakkan di atas kaos dan dipanaskan menggunakan mesin heat press, lalu desain akan menempel pada kain. Teknik transfer paper terdiri dari dua jenis yaitu standart light untuk kaos putih dan warnaterang, serta transfer paper dark untuk kaos berwarna hitam.

5. Sablon Screen Printing

Screen printing merupakan teknik sablon manual yang merupakan teknik tertua, namunmasih tetap digunakan sampe saat ini. Teknik sablon jenis ini menghasilkan kualitas warnayang lebih keluar dibandingkan teknik digital printing. Untuk membuka bisnis sablon kaos dengan teknik screen printing ini ada beberapaperangkat yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Beberapa di antaranya frame, rakel, busa, kaca bening, foto emulsi, lampu, sarung tangan latex, tinta sablon, ruang gelap dan pastinya kaos yang akan disablon.

Memulai bisnis di masa pandemi seperti sekarang ini memang tidak mudah. Akan tetapi jika bisamelihat peluang dan memiliki niat kuat, bukan tidak mungkin untuk memulai bisnis saat ini juga. Bisnis sablon kaos bisa menjadi salah satu ide untuk mendapatkan penghasilan karena memilikipotensi pasar yang masih menjanjikan. Namun pastikan memilih teknik sablon yang sesuaidengan kemampuan kamu agar hasilnya bisa maksimal.

Hubungi WhatsApp