Apa Perbedaan dan Kelebihan Sablon Rubber Dibanding Sablon Plastisol

March 31, 2021

Di era yang canggih ini, sablon kaos secara digital lebih populer di bandingkan dengan caramanual. Selain lebih praktis, sablon digital juga menghasilkan sablon yang lebih menarik dan rapi. Tidak hanya itu, jenis dan teknik sablon digital juga lebih beragam. Salah satunya yang tengah banyak digandrungi saat ini adalah sablon rubber. Rubber memiliki arti karet dimana sablon yang dihasilkan dengan cara ini memiliki sifat lebihelastic. Sablon jenis ini menggunakan bahan dasar air dimana tinta sablon bisa menyatu denganair. Jenis ini sangat berbeda dengan sablon plastison yang tintanya terbuat dari bahan kimia, minyak dan plastik. Untuk lebih jelasnya tentang kelebihan dan perbedaan sablon kaos rubber dan plastisol, simak ulasan berikut ini:

Perbedaan dan kelebihan Sablon Rubber dan Sablon Plastisol

saat ini teknik untuk sablon digital memang sudah sangat beragam. Dari semua teknik yang ada, sablon rubber dan sablon plastisol saat ini paling banyak digunakan. Lalu apa perbedaan dan kelebihan dari kedua jenis sablon tersebut? simak ulasan berikut ini:

1. Perbedaan sablon plastisol vs rubber

Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara kedua jenis sablon ini. Pertama adalah jenistinta yang digunakan. Sablon plastisol menggunakan tinta berbahan kimia, plastik dan minyak. Sedangkan untuk jenis rubber menggunakan tinta berbahan dasar air. Perbedaan selanjutnya dari kedua jenis sablon ini adalah pada hasil cetakan. Cetakan sablon rubber biasanya terasa elastic dan rapat karena tinta berbahan dasar air bisa menyerap kuatdi dalam kain. Sedangkan sablon plastisol hasilnya terasa timbul karena berbahan dasarplastik.

2. Kelebihan sablon rubber dibandingkan sablon plastisol

Jika dibandingkan dengan sablon plastisol, rubber memiliki lebih banyak kelebihan, diantaranya seperti berikut ini:

• Elastic

Cetakan sablon jenis rubber ini memiliki sifat elastic karena terbuat dari karet sehinggatidak mudah retak atau pecah. Jadi walaupun kaos dipakai dalam jangka panjang dan melar, maka bentuk sablon akan mengikuti bentuk koas dan tidak akan pecah.

• Mudah diperbaiki

Karena sifatnya yang elastic dan tintanya berbahan dasar air membuat sablon rubber lebih mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan dalam proses penyablonannya. Dengankebelihan ini, cacat desain bisa dihindari dan kamu tidak perlu mengganti dengan kaosbaru.

• Cepat kering

Dalam hal produksi, sablon yang cepat kering merupakan salah satu kelebihan karenamembuat produksi bisa lebih maksimal dan tidak membutuhkan waktu lama. Tinta rubber hanya membutuhkan waktu 15-20 detik untuk kering. Sedang jenis tinta lainnya bisamenunggu sekitar 5 – 10 menit.

• Perawatan mudah

Memiliki kaos yang ada sablonnya memang memerlukan perawatan khusus agar sablontidak cepat rusak. Akan tetapi sablon dengan rubber ini tidak membutuhkan proses yang sulit untuk perawatannya. Tinta rubber aman disetrika jika dibandingkan dengan sablonplastisol. Tidak hanya itu, sablon yang elastic juga tidak mudah retak atau  pecahwalaupun di cuci menggunakan mesin cuci sekalipun.

Banyaknya teknik untuk sablon kaos digital, membuat kamu harus lebih bijak untuk menentukanyang terbaik. Salah satu jenis sablon yang cukup banyak direkomendasikan adalah sablon rubber. Selain mudah, sablon jenis rubber juga menghasilkan cetakan sablon berkualitas dan tahan lama. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membuka bisnis sablon kaos baik custom maupun partaian besar.

Hubungi WhatsApp