Berapa Kisaran Harga Sablon Plastik? Ini Dia Perbandingannya

March 31, 2021

Bisnis sablon memang tidak ada matinya. Tidak hanya untuk kaos ataupun fashion, namun juga sablon pada plastik. Khusus untuk sablon pada plastik, biasanya memang digunakan pada kantong plastik atau dipesan oleh pihak tertentu untuk mempromosikan brand atau nama instansinya. Oleh karena itu, berbeda dengan sablon kain, sablon pada bahan plastik biasanya dicetak dalam ukuran besar. Harganya juga bervariasi, artikel ini akan mengulas kisarannya. Jika anda sedang mencari referensi sebagai calon konsumen atau bahkan pelaku usaha, yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Perbandingan Harga Sablon Plastik

Untuk pemesanan plastik dengan desain sablon yang diinginkan, biasanya paket minimal order yang dibutuhkan adalah 100 lembar. Namun pada percetakan berskala besar, bisa jadi mereka menetapkan minimal order sebanyak seribu lembar, dengan pilihan cetak manual atau digital. Harga yang ditawarkan para penyedia jasa sablon plastikini juga sangat bervariasi, mulai dari 550 hingga seribu rupiah untuktiap lembarnya. Jika memesan lebih banyak dari list paket yang disediakan, biasanyaakan ada bonus menarik berupa potongan harga atau beberapa lembar tambahan yang diberikan secara cuma-cuma.

Beberapa percetakan juga memberikan penawaran menarik berupafree design. Atau jika anda sudah mempunyai logo perusahaan, andatinggal mengirimkannya dalam bentuk email atau vektor. Untuk pelanggan yang sering melakukan repeat order, bonus yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Harga yang tertera biasanya hanya berlaku untuk sablon dengan satuwarna dasar (biasanya hitam). Jika menginginkan sablon warna, akanada penambahan harga tersendiri. Ukuran sablonan berupa teks ataupun gambar logo yang tercetak juga biasanya menjadiperbandingan tersendiri.

Ukuran yang digunakan biasanya adalah setengah folio, satu lembarfolio, dan paling besar adalah A3. Harga yang dipatok biasanyaberkisar abtara 200 hingga 650 ribu untuk tiap 1000 lembarnya.

Oh ya, jenis plastik yang disablon biasanya juga turut memberikanperbandingan tersendiri. Karena setiap plastik biasanya memilikiukuran dan tingkat kesulitannya tersendiri. Adapun beberapa jenisplastik yang biasa disablon adalah kantong plastik HDPE, shopping bag, plastik plong, dan OPP Roti.

Plastik jenis HDPE merupakan jenis yang paling sering digunakan. Plastik jenis ini biasanya tersedia dalam 6 varian ukuran, mulai dari 15 x 8 hingga 55 x 75 sentimeter. Untuk tiap itemnya, harganya adalah350 hingga 2700 ribu rupiah.

Plastik jenis shopping bag juga lumayan populer, walaupun ukuranterbesarnya tidak sebesar plastik HDPE, hanya 40 x 50 sentimeter dan yang terkecilnya hanya 20 x 30 sentimeter. Harga yang ditawarkantiap lembarnya adalah empat ratus hingga delapan ratus rupiah.

Sedangkan sablon plastik jenis plong yang memiliki lubang di bagianatasnya sebagai pegangan hanya memiliki 5 variasi ukuran, mulai dari15 x 22 sentimeter hingga 35 x 45 sentimeter. Biasanya anda akanmendapatkan rentang harga mulai dari 350 hingga 750 rupiah per paknya.

Jika anda menginginkan ukuran yang lebih bervariasi, maka plastikberjenis OP roti adalah pilihan yang sangat tepat, karena menyediakanhingga 30 ukuran yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan, walaumemang selisih untuk masing-masing ukuran juga tidak terlalubanyak. Biaya yang anda keluakan mulai dari 200 rupiah untukukuran yang terkecil (8 x 15) hingga 400 rupiah untuk ukuran terbesar(20 x 35).

Demikianlah perbandingan harga umum sablon plastik berdasarkan beberapa spesifikasi yang anda butuhkan. Kisaran harga dan spesifikasi ini biasanya dijadikan patokan oleh para pemilik usaha di banyak percetakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Hubungi WhatsApp