Cari Tahu Apa Kelebihan dan Perbedaan Sablon Polyflex

March 31, 2021

Sablon kaos digital saat ini memang lebih populer dibandingkan dengan sablon kaos model konvensional. Selain karena lebih praktis dan mudah, sablon digital juga memiliki teknik yang sangat beragam. Salah satunya seperti sablon polyflex. Sablon kaos dengan teknik inimemberikan hasil yang lebih maksimal dan lebih awet. Polyflex merupakan teknik sablon yang menggunakan bahan sejenis sticker atau vinyl dan selanjutnya dipress di atas media kain menggunakan mesin heat press. Sablon jenis ini terkenalkarena hasilnya lebih tahan lama dan menempel sempurna pada kaos. Nah, untuk lebih jelasnyatentang kelebihan dan perbedaan sablon kaos polyflex dengan jenis lainnya, simak ulasan berikutini:

Kelebihan dan Perbedaan Salon Polyflex yang Perlu Kamu Tahu

Saat ini ada banyak sekali teknik dan metode yang bisa digunakan untuk sablon kaos. Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan perbedaan dengan teknik yang lainnya. Dari semua tekniksablon kaos yang ada saat ini, teknik polyflex adalah salah satu paling populer karena memilikibanyak kelebihan seperti berikut ini:

1. Mudah diaplikasikan

Sablon polyflex termasuk salah satu teknik sablon yang cukup mudah diaplikasikandibandingkan dengan metode sablon lainnya. Dalam proses pengerjaannya terdiri daribeberapa langkah yaitu cut, pell dan press. Cut merupakan proses pemotongan bahanpolyflex dengan menggunakan mesin cutting sesuai desain yang diinginkan. Selanjutnya pell atau proses pelepasan lapisan polyflex yang tidak dipakai. Langkah terakhiryaitu press atau menekan sablon di atas kain menggunakan mesin heat press agar menempelsempurna pada bahan.

2. Bisa digunakan untuk bahan jersey

Kelebihan dan perbedaan sablon jenis polyflex dengan jenis lainnya adalah bisa digunakanpada bahan jersey atau baju bola. Hal ini karena teknik polyflex biasanya hanyamenggunakan dua atau tiga pilihan warna. Sablon polyflex juga bisa menempel sempurna pada bahan jersey sehingga lebih banyak dipilih. Sedangkan pada teknik lainnya, hasil sablonkurang maksimal jika diaplikasikan pada bahan jersey.

3. Hasil sablon lebih rapi

Dibandingkan dengan teknik sablon digital lainnya, jenis polyflex ini memberikan hasilsablon yang lebih rapi. Hal ini karena prosesnya meliputi tiga tahapan yaitu cutting, pellingdan baru selanjutnya dipress menggunakan heat mesin. Hasil sablon dengan teknik polyflexini juga lebih awet karena sablon bisa menempel sempurna pada kain dengan teknik press yang dilakukan untuk proses penempelannya.

4. Perawatan simple

Kaos dengan sablon polyflex juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja jikaingin sablon awet, jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci. Selain itu kamu juga tidak perlu merendamnya terlalu lama agar lapisan sablon pada kaos tidak mengelupas. Hindari juga merendam kaos menggunakan pemutih agar sablon tidak luntur. Untukmenjemurnya, balik kaos dan letakkan sablon di bagian dalam agar tidak terkena sinarmatahari secara langsung. Selanjutnya jika ingin menyetrika, maka lapisi dulu bagian sablonmenggunakan kain atau kertas koran.

5. Cocok untuk sablon satuan

Saat ini desain kaos custum tengah populer di kalangan anak muda. Sablon polyflex ini sangat cocok untuk bisnis sablon kaos custume karena pengerjaan satuan. Dengan cara inikamu bisa membuat desain kaos sesuka hati kemudian tinggal print di paper transfer. Selanjutnya tinggal cutting, pelling dan press menggunakan heat mesin. Dengan teknikpolyflex ini biaya produksi akan lebih terjangkau.

Di jaman yang semakin canggih ini, teknik digital printing memang semakin beragam. Kondisiini membuat bisnis sablon kaos juga semakin menjamur karena prosesnya bisa dilakukan denganmudah. Akan tetapi jika ingin lebih praktis dan biaya produksi lebih hemat, menggunakan sablon polyflex dari Dyotees lebih disarankan khususnya untuk bisnis sablon kaos costum.

Hubungi WhatsApp