Sablon Discharge : 5 Kekurangan dan Kelebihan yang Harus Kamu Tahu

July 31, 2021

Sablon discharge adalah salah satu teknik sablon yang membuat tinta mampu meresap sampai ke serat kain. Hasilnya, warna dari sablon terlihat lebih menarik dan menyatu dengan warna yang muncul pada kain kaos. Untuk mengenal lebih jauh tentang sablon discharge ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Sablon Discharge

Kelebihan yang dimiliki oleh sablon discharge terdiri dari beberapa poin di bawah ini, simak selengkapnya.

  1. Hasil Lebih Merata

Kelebihan pertama dari sablon jenis adalah mampu menghasilkan desain yang merata. Di seluruh permukaan pakaian atau kaos sablon bisa menempel dengan lebih sempurna dan permukaan di atasnya dalam lembut. Dengan hasil yang lebih baik ini. Kaos bisa digunakan untuk membuat desain yang lebih premium. Itulah kenapa kaos dengan sistem sablon discharge banyak dipakai untuk kaos distro.

  1. Lebih Awet Saat Dipakai

Kekuatan dari bahan yang digunakan cukup baik sehingga kaos lebih awet saat digunakan. Sablon yang menempel pada kain tidak akan mudah rusak ataupun retak sehingga bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya asal cara mencucinya tepat.

  1. Permintaan Konsumen Tinggi

Permintaan konsumen cukup tinggi karena jenis sablon ini memiliki segmen pasar yang berbeda-beda dengan jenis sablon lain. Biasanya permintaan pasar pada jenis sablon ini adalah untuk kalangan menengah ke atas atau yang menginginkan kaos eksklusif

  1. Pengerjaan Cepat

Biasanya sablon distro terdekat yang ada di kota kamu mampu melakukan proses pengerjaan kaos dengan lebih cepat. Metode ini tidak memerlukan waktu yang cukup lama sehingga dalam satu hari bisa mengerjakan berbagai jenis desain yang berbeda. Apakah seseorang bisa memesan beberapa desain berbeda untuk beberapa kaos. Umumnya tidak ada batasan atau limit harus memesan sejumlah kaos untuk satu design yang ingin dimiliki.

  1. Dipakai untuk Kaos Warna Gelap

Hanya bisa digunakan untuk jenis warna gelap saja seperti hitam apa navy. Meski demikian warna ini cukup baik untuk menampilkan berbagai jenis sablon dengan kualitas yang sempurna.

Sablon Discharge : 5 Kekurangan dan Kelebihan yang Harus Kamu Tahu

Kekurangan Sablon Discharge

Meski memiliki cukup banyak kelebihan kamu juga harus memperhatikan apa saja kekurangan yang dimiliki dari jenis sablon ini. Simak kekurangannya di bawah ini.

  1. Hanya untuk Kain Tertentu

Hanya beberapa jenis kain saja yang bisa digunakan untuk melakukan sablon jenis discharge. Hal ini terjadi karena sablon akan memiliki tinta yang menyerap sampai ke serat kain sehingga membutuhkan jenis kain yang kuat.

  1. Hanya untuk Warna Tertentu

Hanya bisa digunakan untuk warna tertentu saja dan tidak cocok untuk warna yang terang. Jika menggunakan warna terang warnanya akan seperti berlapis-lapis dan terlihat kusam.

  1. Hanya Cocok untuk Desain Sederhana

Lebih banyak dipakai untuk desain sederhana dan tidak terlalu warna-warni. Dengan desain sederhana warna akan terlihat sempurna tanpa harus mempengaruhi warna asli dari kain terlalu banyak.

  1. Kandungan Bahan Kimia Tinggi

Untuk bisa membuat kaos dengan jenis ini biasanya membutuhkan bahan kimia yang cukup tinggi pada sablon discharge. Meski bisa dikatakan aman bahan kimia tetap bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang.

  1. Harga Produksi Tinggi

Modal sablon discharge umumnya cukup tinggi dibandingkan dengan jenis sablon lainnya. Itulah kenapa meski bisa dikerjakan dalam bentuk satuan harga 1 kaosnya bisa cukup tinggi dan bagi beberapa orang hal ini sangat mengganggu. Itulah kenapa jenis kaos ini biasanya dipakai untuk kaos distro eksklusif. Dengan harga yang tinggi kualitas dari produknya juga sempurna jadi tidak ada masalah bagi beberapa orang.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan sablon discharge di atas, kamu bisa melihat sendiri bagaimana potensi dari jenis sablon ini. Tidak mengherankan jika banyak sekali dari pemilik usaha kaos distro menggunakan jenis ini untuk membuat produknya. Jika kamu ingin memiliki kaos distro dengan kualitas yang sempurna. Tidak ada salahnya untuk memesan secara individu ataupun kelompok dengan menggunakan Dyotees. Berbagai sablon kaos dengan kualitas unggul tersedia di sini dan bisa dikerjakan dengan cepat.

Hubungi WhatsApp