Sablon DTF vs Sablon DTG, Pilih Mana Untuk Sablon Satuan?

July 20, 2021

Custom kaos sablon satuan cukup ramai diperbincangkan. Banyak yang ingin memiliki baju yang menarik dan berbeda dengan yang ada di pasaran. Berbicara soal sablon kaos ini ada dua cara sablon yaitu sablon DTF dan Sablon DTG. Kedua metode tersebut sampai saat ini dirasa masih yang terbaik untuk para pebisnis clothing. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Apa keunggulan sablon DTF dan DTG? Simak ulasannya di bawah ini!

Sablon DTF

Sablon kaos DTF ini sebenarnya memiliki kepanjangan yaitu Digital Transfer Film. Dalam proses pengerjaannya harus menggunakan tinta khusus agar proses transfers desain bisa maksimal. Istilah lain dari Sablon DTF adalah sablon tepung. Hal ini dikarenakan saat proses transfer desain atau gambar menggunakan bubuk lem sablon atau tepung bubuk lem  yang berguna untuk merekatkan gambar atau desain ke material kaos. Baru setelah itu dilakukan press pada suhu tertentu.

Kelebihan Sablon Kaos DTF

Sablon kaos DTF memiliki beberapa kelebihan terutama bagi kamu yang ingin sablon baju custom. Beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya:

  • Hasil sablon full color. Untuk hasil sablon DTF ini memang sangat bagus sekali. Warna yang full color membuat tampilan semakin terlihat mewah dan elegan. Terutama saat finishing selesai, maka tampilan akan menjadi mengkilap.
  • Sablon kuat dan awet. Cetak sablon DTF menggunakan tinta khusus yang bagus. Adanya teknik press juga membuat ketahanan dari sablon menjadi kuat dan awet. Warna tidak mudah luntur meski kamu sikat saat mencucinya.
  • Detail dengan ukuran yang kecil. Proses sablon dengan mentransfer film sehingga sangat detail dengan desain atau gambar yang memiliki ukuran sangat kecil.
  • Bisa diaplikasikan ke semua jenis media. Ada berbagai media yang bisa diaplikasikan dengan metode sablon DTF ini. Hal yang perlu kamu ingat, bahan harus tahan dengan sifat panas. Contoh rekomendasi bahannya adalah polyester, kanvas, kaos katun dan lainnya.
  • Tekstur sablon sangat halus. Kamu tidak perlu khawatir hasilnya akan kasar. Hasil sablon kaos DTF begitu halus dan nyaman di badan saat nantinya dikenakan.

Kekurangan Sablon Kaos DTF

Selain memiliki berbagai keunggulan, sayangnya ada beberapa kekurangan yang dimiliki sablon kaos DTF ini. Kekurangannya adalah sablon hanya bisa untuk sablon dengan desain atau gambar solid dan harga sablon cenderung lebih mahal. Nah, bagi kamu yang ingin pesan kaos sablon DTF ini perlu memperhatikan bagian desainnya. Desain gambar harus solid artinya kamu tidak bisa sablon dengan 3D atau gambar bergradasi supaya sablon DTF lebih maksimal.

Sablon DTG

Sablon DTG sendiri merupakan kepanjangan dari Direct to Garment yang merupakan perkembangan dari teknik sablon sebelum-sebelumnya. Dalam proses pengerjaannya sudah dengan mesin dan hampir 100% tidak menggunakan keterampilan atau tenaga manusia. Paling tenaga manusia hanya dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer atau mesinnya saja. Meskipun, sudah super canggih bukan berarti sablon manual lebih buruk. Semua ada kekurangan dan kelebihannya. Yuk, simak kekurangan dan kelebihannya di bawah ini!

Kelebihan Sablon DTG

Sablon kaos DTG memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa cetak gambar full color. Sablon DTG mampu mencetak dengan bagus karena memiliki resolusi yang tinggi. Selain itu, mampu mencetak jenis gambar bergradasi dan jenis gambar berwarna cerah.
  • Proses pengerjaan cepat. Proses pengerjaan memang sangat cepat. Jika dengan sablon manual harus menunggu sampai beberapa hari, dengan sablon DTG ini hanya perlu 20-25 menit saja.
  • Hasil cetak lebih halus. Untuk hasil cetaknya juga lebih halus dibanding dengan metode sabon lainnya. Direkomendasikan untuk pilihan kaos adalah berbahan katun. Bahan katun mampu menyerap tinta lebih baik sehingga hasil sablon DTG lebih maksimal.
  • Tidak memerlukan transfer paper. Dalam proses cetak langsung dilakukan ke kaos. Dengan begitu akan menghemat biaya produksi.
  • Cocok bagi customer yang ingin sablon quantity kecil. Nah, jika kamu ingin sablon kaos dalam jumlah yang sedikit atau hanya satuan, maka cocok menggunakan sablon DTG ini. Karena jasa sablon dengan teknik ini tidak ada minimal order.

Kekurangan Sablon DTG

Dibalik kelebihannya yang sangat banyak ada beberapa kekurangan teknik sablon DTG, diantaranya harga lebih mahal, untuk order dalam jumlah banyak prosesnya lama, bahan kain sangat terbatas, mesin mudah rusak dan sablon kurang variatif.

Jadi, Pilih Mana Sablon DTF atau Sablon DTG untuk Satuan?

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihan dari sablon DTF dan Sablon DTG, kamu tentu memiliki gambaran mana yang terbaik untuk sablon satuan. Jadi, untuk sablon dalam jumlah banyak kamu bisa pilih sablon DTF. Sedangkan untuk sablon satuan kamu bisa pilih sablon DTG. Sablon satuan dengan DTG lebih cepat, lebih bagus dan memang cocok untuk pemesanan sablon satuan. Bagi, kamu yang masih kebingungan mencari tempat sablon yang profesional bisa coba ke Dyotees. Produsen sablon kaos ini berpengalaman di bidangnya, memiliki desain kaos yang bagus, bisa order satuan atau grosiran. Prosesnya cepat dan mudah. Yuk order sablon kaos sekarang di Dyotees.co.id.

Hubungi WhatsApp