Sablon DTG Vs Sablon Plastisol, Pilih Mana?

July 24, 2021

Sablon adalah bagian dari variasi fashion yang membuat tampilan baju atau kaos semakin menarik. Dalam proses mencetaknya ada beberapa teknik, diantaranya teknik sablon plastisol dan sablon DTG Bagi orang awam tentu teknik tersebut masih sangat asing sekali. Padahal masih-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari teknik ini tentu akan lebih menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan hasil yang awet dan tampilan sablon yang bagus. Nah, apakah saat ini kamu sedang ingin sablon baju? Namun, masih bingung ingin menggunakan teknik yang mana? Simak dulu ulasan di bawah ini?

Teknik Sablon DTG

Teknik sablon DTG sebenarnya memiliki kepanjangan Direct To Garment yang memiliki arti proses sablon dengan menggunakan sebuah mesin yang prosesnya dilakukan secara langsung bermula dari tinta menuju ke garment yang lebih dikenal dengan proses pre-treatment & heat press. Metode sablon dengan teknik DTG cukup canggih. Alasannya proses sablon dilakukan menggunakan teknologi printer. Ada berbagai jenis printer yang bisa kamu ketahui diantaranya yaitu New Era, Printer DTG A3 Super dan lainnya.

Apa Kelebihan Sablon DTG?

Teknik sablon DTG ini sudah mulai digunakan oleh produksi kaos grosir maupun ecer. Bisa dibilang untuk proses sablon cukup mudah karena kamu hanya perlu dengan mengoperasikan komputer saja. Kelebihan lainnya dari segi hasil sablon DTG, tentu lebih berkualitas tinggi. Hal ini bisa dilihat pada resolusi warna yang bagus. Kelebihan lainnya penyedia sablon tidak akan kerepotan saat ingin menerima order kaos atau baju sablon untuk satuan. Apakah hasil sablon DTG awet? Hasil dari sablon DTG ini sangat memuaskan. Sablon akan menyatu secara merata pada kain. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kelunturan saat nanti ingin mencucinya. Baju sablon DTG sangat aman ketika dicuci berulang. Meskipun, waktu proses pengerjaan sablon ini begitu cepat.

Apa Kekurangan Sablon DTG?

Memiliki banyak kelebihan bukan berarti tidak ada kekurangannya sama sekali. Terutama hal ini sangat rentan dengan harga yang cenderung lebih mahal dibanding dengan sablon yang dilakukan secara manual. Kekurangan sablon DTG lainnya, untuk percetakan tidak direkomendasikan dalam jumlah yang banyak. Printhead akan mudah eror karena kepanasan. Cara pengoperasian mesin supaya awet harus ada pengaturan waktu untuk percetakannya. Bahan kain yang bisa digunakan untuk mesin terbatas karena tidak semuanya cocok. Untuk kain yang paling tepat contohnya adalah kain katun.

Teknik Sablon Plastisol

Sablon plastisol merupakan jenis sablon dengan menggunakan bahan dasar tinta tekstil berupa minyak. Disebut juga dengan plasticizer, PVC atau poly vinyl chloride.

Apa Kelebihan Sablon Plastisol?

Hasil sablon plastisol berkualitas tinggi. Kaos yang disablon dengan bahan-bahan dari plastisol ini akan jauh lebih awet dan tahan lama. Untuk pilihan warna beragam tidak hanya satu warna saja. Bahan plastisol ini memiliki kualitas unggulan sehingga wajar jika hasilnya sangat bagus. Sangat aman untuk percetakan dalam partai besar.

Apa Kekurangan Sablon Plastisol?

Teknik sablon plastisol juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan teknik sablon yang lainnya. Dilihat dari proses percetakan waktunya jauh lebih lama. Kamu juga harus menghindarkan sablon dari setrika karena rawan rusak. Harga tinta cenderung mahal karena sintetis minyak langka.

Jadi, Pilih Sablon DTG atau Sablon Plastisol?

Dilihat dari segi harga, dua-duanya memiliki standar harga yang mahal dibanding dengan sablon secara manual. Untuk kualitas juga sama-sama bagus, meski untuk sablon plastisol lebih unggul. Namun, yang membedakan di sini adalah dilihat dari jumlah pesanannya. Jika kamu ingin pesan dalam jumlah besar dan waktunya lama, maka bisa pilih sablon plastisol. Jika cuman membutuhkan sablon satuan atau dalam jumlah yang sedikit, bisa pilih sablon DTG. Sablon DTG, hasilnya bagus dan prosesnya cepat. Nah, masih bingung untuk sablon DTG atau sablon plastisol untuk satuan dan  partai besar? Kamu bisa sablon di Dyotees. Prosesnya gampang, memiliki izin resmi, hasil memuaskan dan produknya sangat lengkap. Jadi, segera hubungi customer service kami. Selengkapnya kunjungi Dyotees.co.id.

Hubungi WhatsApp