Sablon Polyfex vs Sablon Plastisol, Pilih Mana Untuk Sablon Kaos Reunian?

August 30, 2021

Saat ini, teknik digital maupun manual bisa dijadikan pilihan untuk kebutuhan sablon kaos reunian. Termasuk jenis polyfex dan plastisol yang kini banyak digemari anak muda. Yang mana dari keduanya yang terbaik untuk membuat kaos reuni unik sekolahmu?

Pengertian

Pada dasarnya sablon polyfex dan plastisol cukup berbeda, dari segi teknik, proses, hasil, maupun harganya. Keduanya bisa dibilang baru dan sedang populer di kalangan dunia konveksi dan clothing.  Polyfex merupakan penyablonan menggunakan teknik digital yang menggunakan bahan heat transfer film atau flex. Dalam prosesnya, sablon jenis ini juga bisa memakai PVC, flock, PU, glitter, hingga reflective.  Secara umum, polyfex merupakan teknik yang digunakan dalam proses penyablonan, yang bermakna elastis. Media yang digunakan seringnya adalah sejenis stiker atau vinyl, yang banyak ditemukan pada baju jersey sepak bola. Namun pada perkembangannya, banyak juga yang membuat desain kaos reuni unik atau hoody lucu dengan teknik sablon ini. Alat yang umumnya dipakai adalah mesin press dan cutting sticker. Dalam prosesnya, desain harus dicetak dengan cara ditempel pada mesin cutting sticker. Setelahnya, gambar yang sudah dipotong tersebut diposisikan di bagian kain yang diinginkan. Kemudian, dengan bantuan mesin press, desain akan berpindah ke media yang diinginkan.  Proses pengerjaannya cukup cepat, dengan hasil yang presisi, kuat, elastis, sesuai dengan gambar yang dikehendaki. Ini sebabnya, banyak desain kaos reuni unik hingga sweater, jaket, dan hoodie kekinian yang menggunakan teknik ini. Sedangkan sablon plastisol tidak menggunakan mesin digital dalam prosesnya, melainkan memakai alat khusus yang dinamakan screen dan tinta khusus. Proses pengerjaannya lebih kompleks dibanding sablon polyfex.  Tinta yang digunakan berjenis plastisol, yang memiliki karakteristik pekat, berkualitas baik, serta tahan lama. Karena berbahan dasar minyak, warna yang dihasilkan pun bisa cerah, terasa lembut di bahan model kaos reuni terbaru, serta tidak mudah luntur meski dicuci berulang kali.  Meski demikian, seperti teknik sablon manual lainnya, plastisol juga membutuhkan proses yang tidak bisa sebentar. Selain ada tahap pre-press, juga ada pencetakan, dan pengeringan hingga baju bisa siap dipakai. Namun hasilnya, tinta bisa menyerap sempurna pada kaos atau bahan lain, dengan warna yang mengkilap, namun tetap terasa nyaman ketika dikenakan di badan. Sebab, plastisol tidak membuat permukaan kaos menjadi kaku dan kasar.

Mana Yang Terbaik Dari Keduanya?

Untuk mencari tahu jenis sablon mana yang tepat untukmu, kamu perlu tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Sablon Polyfex

Bisa dibilang prosesnya cukup cepat, dengan hasil yang detail sesuai dengan desain yang dikehendaki. Harganya cukup relatif lebih murah.  Sayangnya, sablon polyfex masih belum memungkinkan teknik gradasi dan hanya tersedia pilihan warna standar saja. Perawatan bajunya pun harus lebih ekstra. Bagian yang tersablon juga tidak boleh sering dicuci apalagi disetrika karena akan mengelupas. Kamu juga wajib menghindari merendam baju dan harus menjemurnya secara terbalik. Hal ini bisa menghindari desain mudah terkelupas.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol

Dalam proses penyablonan, tinta plastisol mampu menghasilkan desain berwarna tajam serta terang karena berbahan dasar minyak. Hasilnya adalah warnanya cerah, memberikan efek mengkilap, bertekstur lembut, dan tidak mudah rusak.  Karenanya, sablon plastisol cocok diterapkan pada desain yang didominasi kata-kata untuk kaos reuni, alih-alih gambar. Tahap finishing yang membutuhkan pengeringan sampai dengan suhu 180 derajat Celcius membuat desain yang tercetak lebih halus, tidak retak, bahkan pecah.  Ini sebabnya, jika ingin warna kaos reuni lebih cerah, mengkilap, dan awet, direkomendasikan menggunakan teknik penyablonan plastisol. Meskipun dibutuhkan proses yang tidak bisa sebentar, namun standar industri clothing dunia saat ini adalah menggunakan sablon plastisol. Selain awet meski dicuci berulang kali, kualitas warna dan desain sangat bagus, sehingga bisa dibilang cukup eksklusif hasilnya. Jadi, untuk membuat kaos reuni bersama teman sekolah, sablon plastisol adalah pilihan yang paling tepat.

Itulah beberapa perbedaan sablon polyfex dan plastisol. Jika kamu ingin membuat sablon kaos, kaos reunian dengan hasil yang berkualitas, tahan lama, dan dengan harga terjangkau, pesan saja sablon plastisol di https://www.dyotees.co.id/

Hubungi WhatsApp