Sablon Polyflex - Jenis Sablon Baru yang Lagi Viral

March 31, 2021

Di Indonesia, teknik sablon dengan menggunakan polyflex masih terbilang baru, namun sebenarnya sudah cukup banyak digunakan para pengusaha cetak sablon, bahkan akhir-akhir ini menjadi viral.   Kualitas yang dihasilkan dari jenis sablon digital ini juga tak kalah bagusnya dengan jenis sablon digital lainnya. Tapi tahukah kamu apa itu sablon polyflex dan apa kelebihannya dibandingkan jenis sablon lainnya? Simak yuk ulasannya berikut ini!

Apa Itu Sablon Polyflex?

Sablon polyflex adalah salah satu jenis sablon digital yang memakai semacam vinyl atau stikeryang dipress dengan menggunakan mesin heat press. Banyak pengusaha sablon yang menggunakan teknik ini untuk hasil sablon yang bagus. Polyflex memiliki sifat yang awet, tahanlama, kuat saat ditarik, elastis, dan menempel pada kaos. Walaupun kuat, tapi bukan berarti polyflex tidak bisa rusak saat ditarik.   Kaos dengan bahan dan model apa saja pastinya harus dirawat dengan baik agar awet.

Kelebihan Sablon Polyflex

Berikut adalah kelebihan dari sablon polyflex, yaitu:

1. Hasil Sablon yang Memuaskan

Hasil dari sablon jenis polyflex ini bisa dikatakan cukup bagus dan memuaskan. Sablon polyflexmempunyai tingkat presisi yang tinggi. Selain itu juga lem yang digunakan untuk polyflex juga punya daya rekat yang sangat kuat pada baju.

2. Waktu Pengerjaan yang Singkat

Di jaman yang canggih dan modern ini tentunya kebanyakan orang tidak mau ribet dan berlama-lama dalam mengerjakan apapun, termasuk dalam teknik sablon polyflex ini. Buat mencetaksablon polyflex pada kaos ini tidaklah butuh waktu lama.

3. Mudah Untuk Perawatannya

Kaos yang dicetak dengan sablon polyflex ini cukup mudah dalam perawatannya. Seperti jangandicuci dengan mesin cuci, jangan gunakan pemutih, jangan direndam kelamaan, dan jangandisetrika, serta jemur dengan posisi sablon berada di bagian dalam.

4. Cocok untuk Sablon Kaos Satuan

Sablon jenis poliflex ini terbilang cukup praktis. Terlebih bagi kamu yang ingin menyablonhanya satu baju saja. Cukup buat desainnya pada komputer atau laptop dengan menggunakancoreldraw atau photoshop. Selanjutnya cutting polyflex sesuai desain tadi dengan mesin cutting. Bila selesai selanjutnya tinggal peeling desain lalu press dengan mesin heat press.

5. Cocok untuk Diaplikasikan Pada Baju Bola

100 persen kaos yang dikenakan pemain bola adalah kaos yang disablon dengan polyflex. Jenispolyflex yang digunakan biasanya ialah polyflex  sublime blox dan polyflex PVC.

Jenis-jenis Polyflex

Terdapat 15 jenis sablon polyflex yaitu:

• Polyflex PU

• Polyflex flock

• Polyflex PVC

• Polyflex glow in dark

• Polyflex reflective

• Polyflex glitter

• Polyflex glitter polka

• Polyflex stretch

• Polyflex foil

• Polyflex foil motif

• Polyflex printable

• Polyflex PU pastel

• Polyflex silicone

• Polyflex chrome

• Polyflex sublimation

Proses Pengerjaan Sablon Polyflex

Proses penyablonan dengan teknik polyflex ini terbilang gampang dan simple, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buat Desain Terlebih Dahulu

Pertama kamu buat desain yang kamu inginkan. Kamu bisa bebas membuat desain apa saja bisaberupa gambar atau tulisan. Gunakan software desain seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Photoshop, atau software lain yang sejenis.

2. Cetak Desain Dengan Menggunakan  Mesin Cutting

Setelah kamu buat desain selanjutnya  cetak hasil desain dengan menggunakan mesin cutting. Jangan lupa untuk mengatur polyflex di mesin cutting dan jangan lupa juga agar desain di mirror terlebih dahulu.

3. Bersihkan atau Peeling Polyflex

Jika proses cutting telah selesai, maka desain pada polyflex tidak bisa langsung berbentuk sepertidesain yang telah dibuat. Karenanya, lembar polyflex  harus dibersihkan sampai yang tersisahanyalah hasil desain saja.

4. Tempelkan Polyflex Pada Kaos

Langkah selanjutnya ialah tinggal mengepress lembar polyflex yang telah dibersihkan pada kaosdengan menggunakan mesin press. Langkah selanjutnya yakni tinggal mem-press lembarpolyflex yang telah dibersihkan di atas  kaos dengan  mesin heat press.

5. Finishing

Setelah proses pressing selesai selanjutnya diamkan sablon dalam beberapa menit hinggasuhunya menurun, agar lembaran polyflex merekat kuat pada kaos.  Setelah itu barulah  lepaskanmasking pada polyflex.

Nah, itulah ulasan mengenai sablon polyflex dari Dyotees yang viral dan jenis-jenisnya hingga cara pengerjaannya. Semoga bermanfaat yah.

Hubungi WhatsApp