10 Jenis Bahan Kaos Terbaik untuk Bisnis Sablon Kaos Online 2020

December 19, 2021

Berbisnis kini merupakan salah satu pekerjaan yang kini diminati oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan pendapatan yang akan diperoleh oleh produsen berkisar dalam jumlah besar. Salah satu usaha yang saat ini memiliki perkembangan pesat yaitu bisnis sablon kaos. Nah, untuk daerah dengan usaha sablon terbesar adalah DKI Jakarta. Tidak heran jika jasa sablon Jakarta kini mulai dirintis secara online dan semakin menjamur dengan jangkauan konsumen di berbagai daerah Indonesia. Terdapat beberapa jenis bahan kaos yang digunakan sebagai objek untuk usaha sablon kaos Jakarta di tahun 2020. Silakan simak penjelasan berikut untuk mengetahui secara detail bahan-bahan kaos tersebut.

Jenis-jenis Bahan Kaos untuk Bisnis Sablon Online

Berikut merupakan jenis bahan kaos untuk bisnis jasa sablon Jakarta online 2020 :

1. Cotton combed

Jenis kain katun combed merupakan bahan kaos yang digemari oleh sebagian masyarakat. Kain ini memiliki beraneka ragam ketebalan yang menunjukkan tingkat kerapatan benang penyusun kain tersebut. Terdapat berbagai macam ukuran diantaranya ukuran 20s, 24s, dan 30s. Selain itu, kain katun combed ini merupakan jenis kain yang dingin dan lembut. Tidak heran jika harga kain ini dipasaran bernilai tinggi.

2. Spandex

Nama lain dari kain spandex adalah elastane. Kain ini terbuat dari bahan sintesis 100% yang di desain dengan kemampuan elastisitas yang tinggi. Bahan kain ini memiliki sifat yang mudah diberi pewarna. Beberapa kelebihan dari kain spandex diantarnya :

a. Tidak mudah berkerut

Kain spandex memiliki sifat tidak mudah berkerut sehingga memberikan peluang bagi Anda sebagai produsen untuk menciptakan produk dengan tingkat kekusutan yang minim. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membelinya.

b. Tingkat elastisitas tinggi

Sesuai dengan sifatnya, kain jenis ini mampu menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya. Selain itu, kain spandex juga dapat kembali dalam bentuk semula tanpa adanya kerusakan seperti sobek dibagian sambungan jahitan.

c. Pemberian warna yang tidak cepat pudar

Selain itu dalam pengaplikasiannya, kain ini memiliki ketahanan warna yang lebih lama. Hal ini menunjukkan bahwa jenis kain ini dapat Anda jadikan sebagai bahan kaos untuk jasa sablon Jakarta karena tulisan ataupun gambar yang Anda goreskan pada kain tersebut tidak akan cepat pudar.

10 Jenis Bahan Kaos Terbaik untuk Bisnis Sablon Kaos Online 2020

3. Cotton bamboo

Kain katun bambu memiliki sifat yakni lembut, elastis, dingin, dan sangat ringan. Hal ini dapat menjamin konsumen tidak akan merasa gerah ketika memakai baju dengan jenis bahan kaos tersebut. Selain itu, kain katun bambu yang berasal dari serat bambu memiliki sifat anti bakteri, anti bau, dan menyerap keringat. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, jenis kain katun bambu dapat menjadi pilihan yang dapat Anda gunakan sehari-hari.

4. Cotton carded

Katun kardet merupakan jenis kain yang memiliki kualitas satu tingkat di bawah kain katun combed. Jenis kain ini memiliki serat kain yang lebih kasar dibadingkan katun combed. Proses pembuatan jenis kain ini hampir sama dengan pembuatan kain katun combed. Akan tetapi, pada tahap finishing, pembuatan kain katun kardet tidak melalui proses penyisiran sehingga serat kain atau kapas dengan tekstur halus masih terdapat pada permukaan atau tepi produk.

5. Cotton slub

Jenis kain katun slub berasal dari katun 100%, polyester, atau gabungan dari keduanya dengan perbadingan 80% kain katun serta 20% polyester, rayon-slub-katun, dan slub polyester. Jenis kain ini cocok diaplikasikan pada jasa sablon Jakarta karena tersedia berbagai macam pilihan jenis kain katun slub. Terdapat beberapa karakteristik kain katun slub, diantaranya :

a. Kualitas kain

Kain katun slub memiliki sifat yang ringan, mudah menyerap keringat, dan dingin. Selain itu, jenis kain ini memerlukan perawatan khusus karena mudah rusak apabila terlalu lama dijemur atau direndam serta rentan terhadap pertumbuhan jamur.

b. Tingkat ketebalan

Tingkat ketebalan kain katun slub yang tersedia hanya sebesar 30s sehingga pilihan jenis kain ini sangatlah minim.

6. Supima

Kain katun supima atau pima atau superior pima merupakan jenis kain katun super yang terbuat dari serat kapas asal Amerika Serikat. Dengan kualitas prima jenis kain ini juga memiliki harga yang tinggi di pasaran. Terdapat beberapa hal menarik mengenai jenis kain supima, diantaranya :

a. Diolah dengan teknologi terkini

Jenis kain dengan bahan yang berkualitas ini memiliki cara pengolahan tersendiri. Bahan dan produk unggul yang dihasilkan telah menerima penghargaan sebagai produk berkualitas tinggi nomor satu di dunia. Maka dari itu pengolahannya menggunakan teknologi canggih dan tidak heran apabila memiliki harga diatas rata-rata.

b. Bahan yang langka

Bahan yang digunakan untuk kain katun supima hanya dapat dihasilkan dalam jumlah kecil yakni sekitar 1% dari jumlah berbagai katun yang dihasilkan. Maka dari itu, hasil produksinya pun berada dalam skala kecil namun di branding dengan price yang fantastis.

c. Serat kain yang panjang, halus, dan tahan lama

Bagi Anda pemilik sablon kaos Jakarta, jenis kain katun ini bisa menjadi referensi bagi usaha Anda. Kelebihan kain ini yakni memiliki panjang serat kain sekitar 1,5 inci. Selain itu, jenis kain ini memiliki tingkat kelembutan yang sangat tinggi, tahan lama, dan efek pewarnaan yang dihasilkan lebih cerah.

7. Three-blends

Jenis kain yang menjadi rekomendasi untuk usaha sablon kaos Jakarta adalah kain three-blends atau tri-blends. Jenis kain ini merupakan gabungan dari polyester dan katun 65% dengan sifat tidak mudah kusam, permukaan yang halus, dan lembut. Selain itu, jenis kain ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

8. Lacoste

Jenis kain lacoste merupakan kain yang memiliki pori. Terdapat beberapa jenis kain lacoste yang bisa menjadi referensi bagi usaha sablon kaos Jakarta, diantaranya :

a. Pique katun

Jenis kain pique katun memiliki ciri khas berupa adanya pori di bagian luar kain dengan sifat mudah menyerap keringat dan cocok digunakan ketika cuaca panas. Selain itu, jenis kain ini juga cocok di desain menjadi produk kaos berkerah yang dapat digunakan pada acara formal.

b. Waffle

Pada jenis kain ini, terdapat pola pori-pori seperti waffle yakni dengan struktur garis kotak. Kain lacoste waffle ini juga menjadi incaran banyak orang karena memiliki bahan yang nyaman digunakan, dingin, dan tidak menimbulkan rasa gatal.

c. Pique CVC

Jenis kain lacoste yang terakhir adalah kaos berbahan polyester yang memiliki bagian pori-pori lebih besar daripada jenis kaos lacoste lain. Selain itu, kain ini memiliki sifat tidak mudah menyerap panas dan memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan jenis kain lainnya.

10 Jenis Bahan Kaos Terbaik untuk Bisnis Sablon Kaos Online 2020

9. Linen

Kain linen terbuat dari serat tumbuhan linen dengan sifat yang dingin ketika cuaca panas dan memberikan efek hangat ketika cuaca dingin. Kain ini mempunyai keistimewaan yaitu memiliki daya tahan yang lama serta ketika terjadi poses pencucian semakin lama kain dengan bahan linen akan semakin nyaman digunakan. Maka dari itu, jenis kain ini juga bisa menjadi rekomendasi untuk usaha sablon kaos Jakarta.

10. Baby terry

Jenis kain ini merupakan kain yang berasal dari serat kapas yang sangat lembut. Kain ini cocok digunakan ketika cuaca dingin karena mampu memberikan efek hangat saat digunakan. Selain itu, kain baby terry memiliki tekstur yang mudah untuk dimodifikasi dengan teknik-teknik penyablonan.

Uraian di atas merupakan penjelasan mengenai berbagai jenis bahan kaos yang dapat menjadi objek untuk usaha sablon kaos Jakarta. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

WhatsApp