10 Tips dan Trick buat Kamu yang Ingin Design Baju Sendiri Tanpa Repot

December 19, 2021

Memberikan kesan estetik pada diri sendiri merupakan hal yang umum dilakukan oleh semua orang. Salah satunya dilakukan melalui pemakaian busana yang cocok dan serasi dengan tubuh. Namun, terdapat beberapa hal menyenangkan bagi sebagian orang yang dapat membangkitkan selera berpakaian dengan melakukan desain baju sendiri.

Tips dan Trick Design Baju Sendiri

Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mendesain baju untuk menghasilkan produk desain yang menarik. Berikut merupakan tips dan trick dari Dyotees bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan seni tersendiri bagi baju yang akan digunakan, diantaranya :

1. Tentukan Bahan

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mendesain baju secara mandiri adalah memilih jenis kain atau bahan lainnya yang dibutuhkan. Pemilihan kain ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat dipakai. Anda dapat memesan jenis kain yang diinginkan kepada penyedia jasa pembuat baju.

2. Tentukan Warna

Dalam sebuah desain, diperlukan warna untuk mempercantik tampilan suatu produk. Pada produk desain berupa baju dapat digunakan warna tunggal maupun kombinasi dua atau beberapa warna yang serasi. Hal ini dilakukan untuk menampilkan kesan estetik pada baju.

3. Sketsa Desain

Umumnya, dalam menampilkan aspek seni atau goresan pada suatu objek terutama dalam hal desain baju sendiri diperlukan media untuk menggambarkannya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah membuat sketsa desain yang sesuai. Anda dapat memberikan sketsa desain tersebut kepada penjahit sebagai petunjuk model baju yang diinginkan.

4. Gunakan Aplikasi

Teknologi yang semakin maju membuat seluruh aktivitas lebih mudah untuk dilakukan dan dikerjakan. Sama seperti pembuatan desain, untuk lebih menghemat waktu Anda dapat menggunakan aplikasi desain yang mampu memudahkan Anda untuk membuat model baju yang diinginkan.

5. Pahami Teknik Pengaplikasian Desain

Apabila Anda berminat untuk mengaplikasikan desain baju tersebut secara mandiri dengan artian Anda membuat baju sendiri. Maka hal yang perlu diperhatikan adalah teknik dalam pengaplikasian desain. Anda harus memahami langkah pertama yang perlu dilakukan dalam mengaplikasikan desain tersebut pada suatu objek yang berupa kain. Sehingga akan dihasilkan produk baju sesuai dengan desain yang diinginkan.

6. Tentukan Area Desain

Dalam membuat desain baju sendiri Anda harus menentukan bagian atau sisi mana yang perlu diberikan coretan atau sentuhan seni baik berupa gambar maupun tulisan. Anda perlu menyelaraskan model baju yang dibuat dengan model ilustrasi yang akan diaplikasikan pada baju. Sehingga akan dihasilkan baju dengan desain yang dinamis dan selaras.

7. Buat Sampel Desain

Pembuatan sampel desain ini umumnya digunakan oleh para penjahit atau pembuat baju. Sampel ini dapat berupa contoh dari suatu baju dengan desain tertentu sehingga Anda dapat menentukan kualitas dari hasil karya yang telah diciptakan. Selain itu, sampel ini menjadi faktor koreksi bagi Anda dalam pembuatan produk selanjutnya.

8. Penggunaan Desain Simpel

Dalam pembuatan desain baju sendiri, hal yang perlu Anda pahami adalah keindahan dari suatu karya yang ditampilkan. Ketika terdapat berbagai macam desain maka pilihlah desain simpel atau sederhana yang mampu menampilkan kesan glamour pada baju Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahan Anda dalam membuat desain.

9. Penyesuaian Model Baju

Model atau bentuk fisik dari baju merupakan salah satu bagian dari desain. Gambaran atau tulisan yang Anda pilih sebagai penambah estetika pada baju juga harus sesuai dengan model baju yang diinginkan. Sehingga terdapat keserasian dalam desain tersebut.

10. Pengaplikasian Gaya Tulisan

Tidak sedikit dari baju yang dipakai oleh masyarakat dengan desain typography yaitu desain berupa tulisan. Hal yang menjadi tantangan bagi Anda ketika memakai gaya ini adalah pemilihan font, ukuran, dan kombinasi setiap huruf yang akan diaplikasikan pada baju sehingga menghasilkan produk dengan daya tarik yang tinggi.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai tips dan trick desain baju sendiri yang dapat Anda aplikasikan pada busana baik itu busana formal maupun informal. Selamat mencoba dan bersenang-senang.

WhatsApp