3 Bahan Kaos Terbaik yang Tepat untuk Sablon Rubber

January 16, 2022

Kamu mungkin memiliki kaos atau hoodie yang tersablon tulisan atau gambar yang sedikit timbul. Tulisan dan gambar itu bisa jadi terbuat dari tinta sablon rubber. Sablon rubber adalah jenis sablon yang elastis karena berbahan dasar karet dan air, sehingga tinta sablon jenis ini lebih mudah untuk bercampur dengan air.

Ada banyak sekali jenis tinta sablon rubber yang beredar di pasaran, sebut saja tinta EPI Screen Ink dengan harga yang relatif murah, ada juga ANT Ink dengan kualitas yang beragam, atau tinta yang menjadi idola bagi pembuat kaos, yaitu tinta sablon Matsui dari Jepang. Setiap jenis tinta mempunyai keunggulan tersendiri.

*Keunggulan Sablon Rubber *

Penggunaan sablon rubber memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Berikut kelebihan sablon rubber dibanding tinta sablon lain.

1. Elastis

Dengan berbahan dasar karet, menjadikan sablon rubber ini memiliki sifat elastis dan dapat menyesuaikan media yang disablon. Contohnya ketika kamu coba menyablon dengan sablon rubber dan mendapati kaos yang melar, maka tidak perlu khawatir gambar akan rusak, karena sablon rubber akan menyesuaikan.

2. Mudah untuk Diperbaiki

Sekalipun terjadi kesalahan saat menyablon menggunakan sablon rubber, maka akan sangat mudah untuk kamu memperbaikinya. Hal ini terjadi karena seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa sablon rubber juga berbahan dasar air. Selama adonan masih basah, maka masih bisa diperbaiki sendiri.

3. Cepat Kering

Sablon rubber memerlukan waktu 15 hingga 20 menit untuk dapat kering. Walaupun berbahan dasar air tetapi tinta ini terhitung cepat kering dibanding jenis tinta lain. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan jika terdapat pesanan cetakan dalam partai besar.

4. Harga Terjangkau

Harga sablon rubber di pasaran sangat terjangkau jika dibandingkan jenis tinta lain seperti sablon plastisol. Selain murah, pakaian bersablon rubber lebih mudah dijumpai di toko mana pun.

5. Perawatan Mudah

Merawat hasil sablon rubber lebih mudah dibanding jenis lain. Jenis sablon ini akan aman disetrika bahkan dengan kondisi kontak langsung, tetapi kamu tidak boleh membiarkannya hingga 7 menit, atau sablon akan rusak dan pecah.

Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon Rubber

Dari beberapa keunggulan di atas, hasil tinta sablon rubber akan lebih optimal jika diaplikasikan ke beberapa bahan tertentu. Ini dia beberapa bahan kaos terbaik yang paling cocok untuk sablon rubber.

1. Cotton

Bahan pakaian yang paling umum ini memiliki berbagai jenis yang umum di pasaran, seperti Carded, Cotton Bamboo, Combad, atau US Pima Cotton. Jenis Cotton yang bisa menampung bermacam tinta menjadikan bahan ini terbaik di kelasnya. Kamu dapat dengan mudah mengaplikasikan sablon rubber di jenis kain ini.

2. TC & CVC

Bahan ini merupakan campuran antara bahan Cotton dan Polyester yang keduanya dapat diaplikasikan sablon rubber.

3. Baby Terry & Fleece

Jaket dengan bahan ini memiliki tekstur yang tebal, difungsikan sebagai sweater atau jaket. Kamu dapat mengaplikasikan penggunaan sablon rubber di jenis ini tanpa khawatir ada masalah. Sablon rubber akan memberikan tekstur yang unik jika disandingkan jenis kain ini.

Jenis-jenis kain di atas adalah jenis yang paling cocok untuk pengaplikasian sablon rubber. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus menentukan bahan apa, warna, dan berapa biaya yang kamu miliki sebelum produksi sablon sendiri.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam memulai usaha sablon, kamu dapat menggunakan jasa DYOTees.

DYOTees menyediakan berbagai kebutuhan konveksi pakaian untuk perseorangan, perusahaan, organisasi, ataupun instansi. Kami memiliki workshop yang luas dan menggunakan alat-alat berkualitas serta tim produksi yang berpengalaman dan profesional.

WhatsApp