5 Alasan Pilih Sablon Manual Dibanding Sablon Digital Untuk Sablon Kaos Reunian

August 30, 2021

Meskipun teknologi di dalam dunia sablon kini kian maju dan menjadikan segalanya makin mudah, namun sablon manual masih kerap dipilih. Terutama untuk sablon kaos, kaos reunian yang biasanya diproduksi dalam jumlah banyak.  Apa sih sebenarnya sablon manual dan apa keunggulannya dibandingkan jenis digital?

Pengertian Sablon Manual

Pada prinsipnya, sablon manual merupakan salah satu teknik penyablonan yang dalam sebagian besar prosesnya masih mengandalkan keahlian manusia. Alat yang digunakan adalah screen, yang memiliki bentuk persegi panjang dan berbingkai.  Pada bagian tengah, terdapat jarring sutera berpori-pori dengan kepadatan yang berbeda. Layar dibuat dalam berbagai ketebalan serta ukuran, serta berbahan kayu atau aluminium. Variasi ukuran yang ada pada screen ditujukan supaya bisa menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan sablon dari masyarakat.  Untuk menyablon  desain kaos reuni unik, jenis yang biasa dipakai adalah 48T sampai 90T. Dalam proses pengerjaannya, hampir semua dilakukan secara manual. Termasuk pencampuran warna, tahapan sebelum mulai press yang dimulai dari mendesain, membuat film atau klise sablon, hingga proses afdruk.  Tahap kedua adalah mencetak, yakni memindahkan tinta ke media atau bahan yang diinginkan dengan memanfaatkan screen. Proses ketiga adalah pengeringan, dimana ada 3 tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya benar-benar maksimal dan siap pakai.  Yaitu drying, curing, dan burning. Pada tahap pengeringan ini, melibatkan mesin konveyor dan pengovenan untuk memastikan pengeringan sempurna. Inilah sebabnya, dalam proses pengerjaan kaos reuni unik yang dipesan dalam jumlah banyak, umumnya dibutuhkan proses yang tidak sebentar.  Sebab, ada banyak proses yang harus dilalui sebelum kaos siap dipakai dengan aman.

Keunggulan Sablon Manual

Tidak bisa dipungkiri jika teknologi digital kini menambah semarak variasi di dunia penyablonan. Namun sablon manual masih memiliki keunggulan tersendiri, terutama untuk membuat model kaos reuni terbaru, dalam jumlah banyak. Ini beberapa alasannya:

  1. Harganya Lebih Terjangkau

Untuk produksi besar, sablon manual berbiaya cukup murah. Sebab, biaya pemakaian tinta untuk membuat beberapa potong kaos sama saja dengan yang berjumlah ratusan, bahkan ribuan. Meski harga sablon juga dipengaruhi pada berapa banyak warna kaos reuni yang ingin diinginkan, namun sangat memungkinkan untuk mendapatkan harga murah. Terutama jika kamu memesannya dalam partai besar.

  1. Daya Tahan Lebih Lama

Selain harganya yang lebih terjangkau jika memproduksi dalam jumlah banyak, hasil sablon manual juga cukup awet. Sebab, proses pengerjaannya cukup rumit, kompleks, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terutama pemakaian tinta yang pada teknik manual ini bisa diatur tebal tipisnya. Namun secara umum, ketahanan hasil sablon manual ditentukan dari jenis tinta yang dipakai, bahan kain yang digunakan, serta skill dari pekerja sablon itu sendiri.

  1.  Desain Lebih Variatif

Pada dasarnya, sablon manual bisa mengeksekusi segala jenis desain, kecuali untuk foto yang biasanya akan lebih maksimal memakai mesin cetak. Dari segi dimensi, area cetaknya lebih besar dibandingkan dengan sablon digital, yang bergantung pada ukuran printernya. Sementara pada teknik manual, screen bisa berukuran hingga 40 x 50 cm, sehingga bisa mencetak desain berdimensi besar. Jenis sablon manual pun kini kian beragam untuk dipilih. Mulai dari plastisol, rubber, superwhite, flocking, hingga discharge yang cocok digunakan pada sablon kata-kata untuk kaos reuni.

Dari segi warna, kualitas hasil yang dihasilkan juga bisa berbeda. Umumnya, ketebalan hasil sablon digital lebih tipis dibandingkan manual. Ini sebabnya kebanyakan hasilnya lebih mudah pudar.  Meski hal ini juga bisa dipengaruhi faktor lain yaitu jenis tinta, desain yang dipakai, printer, serta skill yang dimiliki pekerja sablon. Sedangkan pada sablon manual, ketebalan desain bisa diatur.  Hal ini tentu mempengaruhi warnanya yang bisa jadi lebih cerah dan tebal. Jika pada sablon digital, hasil sablonan bisa bergantung dari file desain yang digunakan, tidak dengan manual. Selain skill dan pengalaman pekerja dalam memproses desain, jenis tinta dan bahan kaos yang dipakai, yang umumnya menjadi faktor penentu hasilnya.

Itulah beberapa keunggulan sablon manual dibanding jenis digital. Untuk membuat sablon kaos reunian yang awet, tahan lama, dengan desain yang variatif, memang cocok menggunakan teknik ini.  Tertarik membuat dresscode dengan teman lama? Pesan saja di https://www.dyotees.co.id/

Hubungi WhatsApp