5 Alasan Pilih Sablon Plastisol Untuk Sablon Kaos Reunian

August 30, 2021

Dibandingkan dengan jenis sablon manual lainnya, sablon plastisol masih menjadi yang diunggulkan. Terutama untuk memproduksi baju-baju distro, usaha konveksi, hingga untuk sablon kaos reunian. Apa sih sebenarnya sablon plastisol itu dan apa saja keunggulannya dibandingkan teknik lainnya?

Pengertian Sablon Plastisol

Pada dasarnya, nama itu didapatkan dari jenis tinta yang dipakai dalam melakukan proses penyablonan. Sablon plastisol merupakan salah satu jenis sablon manual, yang memakai bahan dasar tinta plastisol.  Karena berbahan oil based, maka kualitas warna yang dihasilkan tidak main-main, cerah, dan cukup unik. Ini sebabnya, meski dalam membuat kaos reuni unik dengan desain yang rumit dan banyak detail, sablon plastisol masih sangat unggul dibanding lainnya.  Begitu juga dalam menghasilkan gambar dengan kerapatan tinggi, kecil seperti pada logo atau kaos berdesain sulit lainnya. Tinta plastisol memiliki ciri berkualitas baik, tahan lama, serta sulit mengering.  Ketika dipakai dalam proses penyablonan, karakteristiknya yang berbahan dasar minyak cukup membantu dalam perbaikan, saat ada kesalahan. Karena tidak mudah kering, proses mengerjakan pun menjadi tidak bisa sebentar. Namun, hasilnya, tinta akan menyerap sempurna pada kaos yang kamu inginkan. Ini sebabnya, banyak yang merekomendasikan sablon plastisol ketika ingin membuat model kaos reuni terbaru, terutama yang berdetail rapat dan rumit. Teksturnya cukup lembut sehingga membuatnya nyaman ketika dipakai.

Kelebihan Sablon Plastisol

Karena kualitas tintanya cukup baik, banyak orang kerap mencetak desain kaos reuni unik mereka menggunakan teknik sablon ini. Begitu juga dengan baju-baju distro yang dijual dengan detail yang cukup menarik. Apa saja kelebihan sablon plastisol dibandingkan lainnya?

  1. Kualitas Warna Lebih Cerah  

Penyablonan menggunakan tinta plastisol mampu menghasilkan desain berwarna tajam dan terang, jika dibanding lainnya. Hal ini disebabkan oleh jenis tintanya yang berbahan dasar minyak, memberikan efek mengilap, bertekstur lembut, dan tahan lama. Sama seperti sablon manual lainnya, ada tiga tahapan dalam menyablon menggunakan tinta plastisol. Pada proses pengeringan (curing), kaos akan dipanaskan hingga suhu 180 derajat Celcius. Tahap finishing ini bisa menghasilkan desain yang lebih halus, tidak pecah atau retak.

  1. Warna Cukup Beragam

Tinta plastisol tersedia dalam banyak variasi warna, mulai dari transparan, pastel, tone cerah, hingga varian yang gelap dan tajam. Warnanya yang beragam serta hasilnya terang, mengkilap, dan lembut, desain yang didominasi kata-kata untuk kaos reuni cocok dengan sablon ini. Di samping itu, hasilnya pun bertekstur rapat, sehingga lebih solid dan blending dengan baik pada bahan yang dipakai. Kamu bisa mengkreasikan berbagai tone baju dengan beragam jenis warna plastisol dengan lebih kreatif. Misalnya pada kaos yang berwarna gelap, desain tulisan dibuat lebih detail dan warna-warni. Ketika dicetak menggunakan plastisol, tampilan desainnya pun bisa terlihat lebih hidup namun tetap natural.

5 Alasan Pilih Sablon Plastisol Untuk Sablon Kaos Reunian
  1. Kaos Nyaman Dipakai

Hasil desain yang disablon menggunakan plastisol akan lebih lembut dengan tekstur yang kerapatannya solid. Ini sebabnya, permukaan kaos tidak menjadi kasar sehingga membuat nyaman pemakainya. Meski bergantung pada bahan kaos yang dipakai, namun plastisol tetap terasa lembut ketika diraba dan terasa enak ketika dikenakan di badan.

  1. Tahan Lama

Jika ingin mendapatkan warna kaos reuni yang tahan lama, mengkilap, dancerah, sablon plastisol sangat tepat dijadikan pilihan. Bahan dasar minyak membuatnya tidak gampang luntur, saat terbilas air.  Kamu bisa menggunakannya lebih lama sebab desainnya awet, bahkan ketika dicuci menggunakan mesin cuci sekalipun. Umumnya, pakaian yang telah disablon menggunakan plastisol bisa bertahan hingga 2 tahunan.

  1. Desain Variatif

Industri clothing di berbagai dunia sudah menggunakan plastisol sebagai standar dalam penyablonan pakaian. Ini sebabnya kaos yang berstandar internasional rata-rata menggunakan jenis sablon ini dalam prosesnya. Selain karena hasil akhirnya yang mulus, lembut, mengkilap, serta awet, sablon plastisol juga cocok diaplikasikan banyak banyak desain. JIka menggunakan tinta yang berkualitas, plastisol bisa diaplikasikan menggunakan berbagai teknik pada kaos. Misalnya glossy, efek timbul, amazing, doff, hingga high-dens dan aspalt. Ini sebabnya, desain kaos menggunakan tinta plastisol bisa lebih variatif dan mengikuti perkembangan zaman.

Itulah kelebihan sablon plastisol dibandingkan jenis lainnya. Meski harganya lebih tinggi, namun kualitas dan daya tahannya cukup tinggi, sehingga cocok untuk sablon kaos, kaos reuni. Kamu bisa mendapatkan sablon plastisol yang berkualitas dengan harga terjangkau di https://www.dyotees.co.id/

Hubungi WhatsApp