5 Cara Merawat Sablon Hoodie Satuan agar Awet dan Tahan Lama

September 30, 2021

Hoodie yang di sablon merupakan salah satu jenis pakaian yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara merawat sablon hoodie dengan baik. Hasilnya hoodie yang digunakan menjadi rusak dan terkadang bagian sablonnya menjadi jelek. Padahal cara merawat hoodie ini tidaklah sulit untuk dilakukan, asalkan telaten maka hoodie akan tetap memiliki kondisi layaknya baru.

Cara Merawat Sablon Hoodie

Karena masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara merawatnya, maka kali ini akan diberikan cara serta tips merawat hoodie. Tentunya cara dan tips ini dapat membuat hoodie menjadi lebih awet.

1. Tidak Terlalu Sering Dicuci

Mungkin bagi pecinta kebersihan, akan sedikit tidak setuju dengan metode ini. Tapi memang, hoodie yang tidak terlalu sering dicuci ini akan lebih awet terutama pada bagian gambar, tulisan, ataupun cetakannya. Lagipula biasanya hoodie ini tidak langsung bersentuhan dengan kulit saat digunakan, jadi tidak perlu terlalu sering dicuci. Simpan saja di tempat yang terkena angin sejuk supaya hoodie tidak apek dan bau.

2. Jangan Digantung 

Ini berlaku untuk sablon hoodie yang memiliki bahan dasar cotton fleece yang memang terkenal sangat halus, namun juga rentan. Karena itu saat menyimpan ataupun menjemurnya, pengguna dilarang untuk menggantung hoodie ini. Akan lebih baik hoodie ini disimpan dalam lemari yang kering dan bersih supaya tidak berjamur. Dengan begitu hoodie akan tetap awet, karena serat-seratnya tidak menjadi longgar dan renggang saat digunakan.

3. Jemur dengan Cara Dibalik

Saat menjemurnya, pastikan hoodie ini dijemur dengan cara terbalik. Hal ini sebenarnya juga bisa dilakukan pada pakaian biasa, karena katanya menjemur pakaian dengan cara dibalik bisa membuat pakaiannya cepat kering. Selain itu untuk hoodie yang memiliki sablonan pada bagian depannya, akan lebih baik jika tidak terkena matahari secara langsung. Dengan begitu, warna dan juga cetakan yang dimiliki dapat lebih awet.

4. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Ada baiknya untuk menjemur ini saat matahari tengah sejuk, dan hanya mengandalkan udara saja. Sebisa mungkin hindari hoodie ini terpapar sinar matahari secara langsung karena sinar matahari dapat meninggalkan noda kuning. Hal ini tentu akan merusak tampilan hoodie, terutama hoodie putih yang memang terkenal rentan rusak. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati jangan sampai hoodie terpapar sinar matahari langsung.

5. Meletakan Kamper

Hal ini jarang dilakukan, padahal sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan pada hoodie. Jadi, hoodie yang terbuat dari wol ini ternyata merupakan makanan favorit ngengat. Apabila dibiarkan, maka ngengat akan berkerumun untuk perlahan memakan wol yang ada pada hoodie. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada hoodie, ada baiknya untuk meletakan kamper di dalam lemari.

Cara Mencuci Hoodie yang Disablon

Setelah mengetahui bagaimana cara mencucinya, maka sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mencuci hoodie. Hal ini penting untuk diketahui sebagai cara agar hoodie tidak brudul karena kesalahan mencuci.

1. Menggunakan Air Dingin

Jangan pernah menggunakan air hangat apalagi air panas saat mencuci hoodie ini, cukup gunakan air dengan suhu normal maka hoodie sudah bersih. Karena mencuci hoodie menggunakan air hangat apalagi panas dapat merusak bahan dan kualitas hoodie.

2. Tidak Perlu Direndam Terlalu Lama

Selain tidak perlu menggunakan air panas, hoodie juga tidak perlu direndam terlalu lama supaya bersih. Karena idealnya hoodie hanya butuh waktu 5 menit saja untuk perendaman, hal ini bertujuan agar warna dan cetakannya tetap awet.

3. Tidak Perlu Disikat

Selanjutnya adalah hindari mencuci hoodie dengan cara disikat, hal ini bertujuan agar hoodie tetap awet. Cukup dikucek dengan lembut menggunakan tangan, maka hoodie sudah dapat bersih kembali.

4. Hindari Mencampurnya dengan Pakaian Lain

Kalau ingin membuat hoodie tetap awet, maka sebisa mungkin hindari mencucinya berbarengan dengan pakaian lain. Apalagi dengan pakaian yang mudah luntur, hal itu harus benar-benar dihindari supaya tidak merusak tampilan hoodie.

Dengan begitu hoodie tetap awet, dan sablon yang ada di atasnya tidak akan terkelupas apalagi sampai pudar warnanya. Karena itu dalam merawat sablon hoodie ini gunakan cara yang sudah disebutkan sebelumnya supaya tidak merusak kualitas hoodie. 

Hubungi WhatsApp