5 Cara Sablon Hoodie Satuan Terpopuler Bisa Jadi Pilihanmu

September 19, 2021

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghias hoodie, salah satunya adalah menggunakan teknik sablon. Namun, tidak semua jenis sablon cocok untuk digunakan sebagai sablon hoodie karena memang bahan hoodie ini khusus. Jadi dalam memilihnya, konsumen harus benar-benar teliti dan mencari yang sesuai berdasarkan dengan jenis bahan yang digunakan oleh hoodie. Dengan begitu barulah sablon hoodie yang digunakan bisa sesuai, dan memberikan hasil yang maksimal.

1. Menggunakan Teknik Manual

Pertama adalah sablon manual yang merupakan teknik sablon yang paling tua dan sudah sangat sering digunakan. Meskipun begitu, teknik yang satu ini masih dipakai untuk teknik sablon hoodie karena dapat memberikan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan teknik yang satu ini masih menggunakan tangan, sehingga dinilai memiliki tingkat ketelitian yang baik. Hanya saja tentu harus dilakukan oleh seseorang yang memang sangat ahli agar hasilnya lebih optimal. Selain itu, teknik yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, jadi cocok untuk digunakan untuk jumlah besar. Itulah mengapa teknik ini dapat terus bertahan sampai sekarang.

2. Sablon Digital

Karena menggunakan teknik digital, maka yang satu ini sama sekali tidak menggunakan screen atau layar dalam prosesnya. Hal ini dikarenakan sablon ini sudah menggunakan printer dan cutter untuk mencetak dan memotong sablonannya. Sablon jenis ini bisa digunakan untuk hoodie berwarna, ataupun untuk hoodie polos dengan warna dasar yang solid. Jenis sablon ini bisa digunakan untuk partai besar karena kecepatan proses yang dimiliki sangatlah tinggi. Belum lagi sablon ini juga memiliki banyak sekali jenis yang bisa digunakan seperti DTG, transfer paper, sublimation, dsb. Jadi konsumen bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Menggunakan Sablon Polyflex

Teknik sablon polyflex ini sebenarnya merupakan sablon tempel, jadi awalnya pengerjaan tidak langsung dilakukan di atas kain. Awalnya akan dibuat dalam bentuk stiker, barulah setelahnya ditempelkan pada kain menggunakan teknik khusus. Bahan yang digunakan pada sablon ini berjenis vinyl dengan ciri khasnya, yakni kuat dan tahan lama. Jadi, tidak heran jika kemudian tingkat keawetan yang dimiliki oleh sablon ini sangat tinggi, dan memiliki hasil yang sangat halus. Bagi yang masih ragu karena sablon ini hanya menempelkan saja, maka tidak perlu khawatir. Karena teknik penempelan yang digunakan adalah teknik khusus yang membuat bahan vinyl menempel dengan sangat erat pada serat kain.

4. Sablon Otomatis

Mungkin saat membacanya pertama kali sempat terlintas bahwa sablon ini mirip dengan sablon jaket hoodie digital. Padahal kalau dilihat secara langsung, teknik ini lebih mirip dengan teknik manual. Hanya saja tenaga manusia yang biasanya digunakan pada teknik manual, digantikan kehadirannya dengan tenaga robot. Itulah kenapa teknik yang satu ini dikatakan sebagai sablon otomatis. Karena menggunakan robot, maka pengguna bisa mengatur tekanan yang dimiliki serta berapa banyaknya tinta yang tertuang dalam sekali proses. Dengan penggunaan robot ini juga membuat biaya sablon menjadi lebih murah, dan hasil yang diberikan bisa lebih banyak.

5. Sablon Dye-Sublimation

Menggunakan transfer paper seperti polyflex, namun hasil yang diberikan oleh jenis sablon ini sangatlah berbeda. Karena transfer paper yang digunakan terlebih dahulu dicetak menggunakan sebuah mesin dan tinta khusus. Sablon ini memiliki hasil yang baik, terutama untuk hoodie yang memiliki warna dasar terang ataupun netral seperti putih. Selain itu untuk biaya dan teknik pembuatannya juga tidak terlalu sulit, karena itu sablon ini mudah ditemukan bahkan di sablon jaket terdekat, di sekitar lingkungan. Hanya saja kekurangan dari sablon ini dari segi perawatannya yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Karena hoodie yang menggunakan sablon ini tidak terlalu baik dalam hal keawetan, jadi tidak bisa sembarangan dalam mencuci dan merawatnya.

Karena memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, konsumen bisa memilih jenis sablon mana yang sesuai dengan keinginannya. Tentunya selain disesuaikan dengan bahan, sesuaikan juga dengan biaya yang ditawarkan. Sebab, berbeda jenis sablon hoodie yang digunakan, maka harga yang ditawarkan juga berbeda. Jadi perhatikan terlebih dahulu semuanya sebelum memilih jenis sablon untuk hoodie mana yang terbaik untuk dijadikan pilihan.

Hubungi WhatsApp