5 Jenis Bahan Kaos Polos Cocok Dikombinasikan dengan Print Kaos

December 19, 2021

Ingin mengaplikasikan desain keren kamu ke kaos polos? Tren kaos custom ini semakin banyak peminatnya. Namun sebelumnya kamu harus tahu jenis bahan kaos terbaik untuk print kaos digital agar hasilnya maksimal. Tidak semua bahan kaos bisa diaplikasikan menggunakan mesin print kaos digital. Bahan terbaik untuk sablon jenis ini terbatas pada jenis katun saja. Jika salah bahan, malah akan membuat kaos custom kamu tidak maksimal. Nah, apa saja jenis bahan kaos polos pria dan wanita yang cocok untuk print kaos ini?

  1. Katun Combed

Kaos yang dibuat dari katun dari jenis combed ini banyak digunakan oleh pengusaha konveksi dan distro. Hal itu dikarenakan kualitas kainnya yang sangat nyaman digunakan. Permukaan dari kain jenis ini sangat halus, rata, dengan tekstur yang lembut, namun tetap kuat. Jenis bahan ini sangat ringan, tidak gampang robek, bisa menyerap keringat. Kaos ini juga yang satu-satunya kaos yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam metode sablon. Bahkan semua metode sablon bisa digunakan dengan kain jenis ini. Kaos polos combed ini terdiri dari beberapa ukuran yang dibedakan berdasarkan ketebalan. Ukuran tersebut berupa 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin besar angka, semakin tipis kaos tersebut.

  1. Katun Carded

Jenis katun ini hampir sama dengan jenis katun sebelumnya, hanya saja pada jenis carded teksturnya lebih kasar, dan ada benang-benang tipis. Pembuatan katun dilakukan dengan metode carding atau digaruk yang menyebabkan teksturnya terasa lebih kasar dari katun combed. Meski teksturnya tidak sebagus katun combed, namun tetap saja katun ini terasa ringan, nyaman digunakan, dan mampu menyerap keringat. Harganya yang lebih murah dari katun combed membuat jenis kain ini juga banyak digunakan sebagai alternatif pengganti katun combed.

  1. Katun Bamboo

Jenis katun yang satu ini memiliki bahan dasar yang berbeda dari dua jenis katun sebelumnya. Jika untuk katun combed dan carded menggunakan serat kapas alami, katun bamboo ini menggunakan bahan dari serat bambu. Penggunaan katun bamboo ini dianggap menjadi alternatif untuk industri konveksi yang ramah lingkungan. Karena bahan yang digunakan dari serat bambu ini bisa terurai dengan baik jika berada di alam. Tidak hanya itu, kualitas dari kaos jenis ini juga tidak kalah dengan sifat-sifat katun combed. Dimana kaos ini terasa ringan digunakan, dingin, bahkan bisa menyerap keringat secara sempurna. Tidak hanya itu, jenis kaos ini juga bisa menjadi kaos anti sinar ultraviolet dan anti bakteri!

  1. Katun Jepang

Katun yang satu ini juga berasal dari 100% serat alami kapas. Bahan tersebut sama dengan katun combed dan carded, hanya saja pembuatannya yang membedakan satu dengan yang lainnya. Jenis katun ini dibuat dengan proses yang lebih baik dibandingkan dengan katun combed apalagi carded. Karena itu, kualitas dari kaos ini lebih halus, cerah, lembut, dan pastinya sangat nyaman digunakan. Harga dari katun ini lebih mahal daripada jenis katun combed yang populer digunakan untuk kaos print.

5 Jenis Bahan Kaos Polos Cocok Dikombinasikan dengan Print Kaos

  1. Katun US. Pima

Kain yang satu ini memiliki kualitas paling baik dibanding jenis kaos lainnya. Keunggulan dari kaos ini terletak pada tekstur dan sifat kain yang sangat unik. Dimana kaos ini punya elastisitas yang sangat baik, sehingga tidak akan berubah ketika ditarik, diputar-putar, bahkan akan terlihat lembut setelah dicuci. Selain itu kaos polos putih ini juga lebih cerah, dan terang. Harga dari kain ini paling mahal diantara jenis katun lainnya, karena kualitasnya yang super.

Itulah 5 jenis bahan kaos polos yang cocok untuk metode print kaos. Semua jenis bahan tersebut berasal dari katun dengan berbagai macam metode pembuatan. Kamu bisa membuat kaos custom dengan berbagai bahan pilihan di Dyotees.

WhatsApp