5 Jenis Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon DTG

November 28, 2022

Sablon DTG (Direct to Garment) dikenal dengan bahan kainnya yang berkualitas dan nyaman untuk dipakai sehingga banyak remaja yang memburu tipe kaos ini.
Namun ternyata tidak semua jenis bahan kain bisa dipakai untuk produksi kaos sablon DTG ini. Kualitas sablon DTGbergantung kepada jenis kain yang nyaman untuk dipakai. Bahan tersebut pun juga diharapkan dapat menguatkan tinta sablon agar tidak cepat luntur.

Jenis Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon DTG

Terdapat lima rekomendasi jenis bahan kaos terbaik yang dapat dipakai untuk keperluan sablon DTG ini, salah satunya bahan katun atau cotton. Berikut jenis bahan yang cocok untuk pembuatan kaos sablon DTG:

1. Bahan Cotton Bamboo

Jenis bahan kain sablon DTG pertama yang bisa Anda coba adalah cotton bamboo. Bahan bambu ini berbeda dari jenis katun yang lain karena justru terbuat dari bahan dasar serat bambu bukan bahan dasar serat kapas yang alami.
Keunggulan dari bahan sablon DTG ini adalah ramah lingkungan. Bahan serat bambu yang digunakan lebih mudah terurai daripada bahan kain yang akan meninggalkan limbah.
Keuntungan lain menggunakan bahan katun ini adalah tekstur kain yang halus dan ringan sehingga nyaman dan sejuk saat dipakai. Bahan katun ini juga lebih mudah menyerap keringat dengan sempurna dibandingkan dengan serat dasar yang terbuat dari kain.
Selain itu, serat bambu juga memiliki anti sinar UV dan anti_ bacterial_ sehingga dapat menjaga mutu kain saat berinteraksi dengan kulit.

2. Bahan Katun Carded

Salah satu jenis bahan kain sablon DTG yang banyak dipakai untuk sablon DTG adalah katun_ carded_. Harganya yang murah dibandingkan dengan jenis bahan cotton lainnya menjadi alasan para pelaku konveksi kaos DTG.
Meski begitu, jenis katun ini masih tergolong lembut karena tetap terbuat dari serat dasar kapas alami yang sudah diolah dengan mesin carding. Proses ini terjadi sebelum pemintalan menjadi benang.
Selain itu, kualitas bahan katun ini juga nyaman dipakai karena dapat menyerap keringat saat kita beraktivitas.
Biasanya bahan kain ini dipakai untuk keperluan kaos polos maupun kaos anak-anak bergambar dengan motif yang sederhana.

3. Kain Katun Combed

Selanjutnya ada jenis katun combed yang tidak jauh berbeda dengan jenis carded. Sama-sama terbuat dari serat dasar kapas alami namun dari segi tekstur, bahan ini membuat kaos DTG menjadi lebih lembut dan halus saat dipakai.
Meski begitu, bahan kain ini lebih kuat, tidak mudah robek, dan tidak membuat gerah sehingga kualitasnya bisa dijamin bagus meski hanya terbuat dari serat kapas.
Bahan katun ini juga memberikan variasi ketebalan yang berbeda, mulai dari ukuran 20s, 24s, 30s, dan yang terbesar adalah 40s.

4. Bahan_ Cotton _U.S Prima

Berikutnya, jenis bahan katun lainnya yang bisa Anda coba adalah bahan U.S Prima. Bisa dibilang, jenis bahan katun ini memiliki kualitas yang premium. Warna-warna yang bisa dipakai untuk produksi biasanya berwarna cerah.
Secara tekstur, kualitas bahan katun ini juga sangat lembut jika dibandingkan dengan bahan katun lainnya. Tidak hanya lembut, serat kain yang digunakan pun juga kuat sehingga tidak mudah robek.

5. Katun Jepang

Nah, terakhir adalah jenis katun Jepang. Bahan kain ini 100 persen terbuat dari katun asli tanpa campuran bahan sintetis lainnya.
Alhasil teksturnya pun sangat halus dan lembut saat dipakai. Kaos berbahan katun ini pun sangat nyaman saat dipakai.
Namun kualitasnya yang premium sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan. Biaya bahan kaos sablon DTG ini jadi yang termahal di antara empat jenis katun lainnya di atas.
Jika Anda bingung memilih bahan mana yang cocok untuk keperluan sablon DTG yang akan dibuat, Anda bisa berkonsultasi atau memesannya di Dyotees Indonesia. Tersedia beragam keperluan sablon mulai dari kaos, hoodie _maupun sweater_. Pilih jenis bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

WhatsApp