5 Jenis Sablon Hoodie Satuan Terpopuler, Dijamin Gak Bikin Nyesel

September 30, 2021

Pasti banyak di antara kamu yang ingin menyablonkan hoodie atau jaket sesuai yang diinginkan, bukan? Masalah yang kerap kamu jumpai adalah bila menginginkan sablon hoodie berkualitas dengan desain yang kita mau mengharuskan kita mencetak dalam jumlah besar. Siapa bilang harus demikian? Kami akan memberimu daftar jenis sablon hoodie yang bagus dan populer yang bisa kamu gunakan menyablon satuan.

Macam-macam Hoodie Sablon Satuan

Adapun jenis sablon hoodie satuan populer yang bisa kamu jadikan referensi adalah sebagai berikut:

1. Sablon Foam

Sablom Foam atau yang dikenal dengan sablon timbul merupakan salah satu sablon hoodie yang cukup populer untuk saat ini. Seperti namanya, hasil dari sablon ini adalah timbul seperti busa yang memiliki dimensi. Sablon ini menggunakan tinta khusus. Dalam pengerjaanya, mencetak sablon jenis busa ini dinamakan puff print. Cara kerja untuk menghasilkan sablon timbul ini adalah dengan tingkat panas tertentu menggunakan mesin hotpress. Metode inilah yang mengakibatkan si tinta mengembang. Apabila kamu sebagai pelaku bisnis sablon, yang perlu kamu lakukan agar menghasilkan cetakan sablon yang baik adalah dengan menakar campuran tinta sablon foam dengan rubber netral secara pas. Adapun komposisinya adalah 2:8, 3:7, atau 4:6. Perbandingan takaran ini tergantung bagaimana kamu menginginkan bagaimana si sablon ini timbul di atas hoodie-mu. Kelebihan sablon foam adalah memiliki nilai estetik yang unik. Bila kamu bisa memadupadankan model, desain, dan warnanya, hoodie-mu akan terlihat sangat keren. Sedangkan kelemahan dari sablon busa ini adalah tidak mampu membuat warna sablon menjadi lebih pekat maupun terang. Hal ini karena metode saat proses penyablonan menggunakan mesin hotpress, akibatnya kualitas warna pada sablon timbul pun semakin menurun. Kami memiliki tips bagaimana cara merawat hoodie yang menggunakan sablon foam. Sebaiknya kamu menghindari merendam jaket atau hoodiemu lebih dari 10 menit atau kualitas sablonmu akan lebih cepat menurun. Selain itu, jangan menggunakan deterjen berlebihan karena dapat merusak kualitas sablon. Kamu cukup mengucek perlahan dengan tangan kemudian membilasnya. Hindari penggunaan sikat pada sablon, ya!

2. Sablon Pigmen

Sablon Pigmen merupakan sablon yang sudah mulai jarang dijumpai di industri tekstil. Tetapi kamu masih bisa menjadikannya sebagai pilihan. Sablon ini cocok digunakan pada hoodie atau kain dengan warna yang cenderung cerah. Karakter sablon ini tidak begitu elastis, bahkan lebih condong kaku. Selain itu, bila sablonnya luntur, hoodie atau jaketmu akan memiliki bekas.

3. Sablon Pasta

Sama seperti Pigmen, jenis sablon hoodie yang satu ini memiliki karakter agak kaku namun mampu menutup serat kain. Hasil cetak sablon Pasta sekilas terlihat menyerupai sablon rubber.

4. Sablon Rubber

Jenis sablon hoodie yang paling populer digunakan para pelaku bisnis hoodie. Kalau kamu sebagai penggemar hoodie sablon, rubber bisa kamu jadikan pilihan sebagai tinta yang akan menghiasinya. Kualitas sablon rubber disebut-sebut sebagai yang terbaik kedua setelah jenis plastisol. Untuk harga pun berani diadu, lho! Kamu tidak perlu mengeluarkan budget terlalu tinggi untuk mendapatkan hasil sablon elegan bila memilih rubber sebagai bahannya. Hasil dari jenis sablon ini begitu rekat dan tahan lama karena fubber mengandung karet. Karet adalah jenis yang tahan air sehingga dapat dipastikan sablon ini akan tahan lama merekat di hoodie atau jaketmu. Selain itu, Rubber memiliki karakter tak mudah luntur.

5. Sablon Plastisol

Menjadi sablon terfavorit yang dapat diaplikasikan di mana pun menjadilkan Plastisol sebagai jenis sablon hoodie terpopuler. Plastisol mengandung minyak atau oil based sebagai bahannya. Bagaimana dengan kualitasnya? Tidak perlu diragukan. Jenis sablon inilah yang memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatan sablon menggunakan bahan yang mahal. Selain itu, peralatan yang harus kamu pakai untuk mengaplikasikan sablon ini pun tidak boleh semabarangan. Pada tahap pengeringan pada suatu media cetak, sablon Plastisol membutuhkan suhu tertentu untuk bisa kering, yakni di bawah 160 derajat Celcius. Kamu memerlukan alat tambahan guna mengeringkan tinta sablon ini agar menghasilkan cetakan yang maksimal. Memerlukan banyak alat? Ya, betul, hal ini dikarenakan Plastisol berbahan dasar minyak yang tidak bisa membuatnya kering dengan cepat seperti tinta sablon lainnya. Apabila kamu menginginkan hasil sablon yang detail untuk hasil gambar kecil, kami menyarankan untuk menggunakan tinta Plastisol.

Setiap jenis sablon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun sepertinya istilah ada harga, ada rupa pun tetap berlaku, ya! Tak perlu risau, kamu bisa mencetak sablon hoodie atau jaket di DYOTees dengan harga dan hasil terbaik.

Hubungi WhatsApp