5 Jenis Sablon Kaos yang Cocok untuk Jualan Brand atau Distro

March 31, 2021

Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan ketika hendak membuka sebuah bisnis, tanpaterkecuali bisnis distro. Apalagi jika Anda hendak membuat brand distro sendiri, pastinya perlupersiapan matang. Nah, salah satu persiapan untuk merintis bisnis distro dengan brand sendiri adalah menyiapkan sablon kaos. Jenis sablon pada kaos tidak hanya ada satu atau dua saja, melainkan ada banyak yang bisadipilih sesuai kebutuhan. Namun, ada 5 jenis sablon yang sangat cocok digunakan untukmembuka usaha distro dengan brand sendiri. Lantas, apa saja kelima jenis sablon tersebut?

Daftar Jenis Sablon Kaos Terbaik

Dalam memilih jenis sablon, tentu saja Anda memerlukan pertimbangan dan perhitungan yang baik. Jika memilih dengan asal-asalan, takutnya hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda. Nah, inilah beberapa jenis sablon untuk kaos yang bisa Anda gunakan untuk merintis usahadistro:

1. Sablon Plastisol

Jenis sablon kaos yang pertama ini merupakan sablon yang terbuat dari tinta minyak atauPVC yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan sablon jenis ini mempunyai daya react yang kuat, sehingga menjadi pilihan sablon terbaik dibandingkan jenis lainnya. Dengan kualitas yang bagus, pastinya harga kaos yang Anda jual nanti akan sedikit lebihmahal daripada hasil sablon lainnya. Namun, harga mahal sebanding dengan kualitas yang didapatkan, kok, bahkan ketahanannya juga lebih tinggi, sehingga sablon pada kaos lebihawet.

2. Sablon DTG

Sablon yang kedua adalah DTG atau Direct to Garment, merupakan teknik sablon yang sudah menggunakan mesin print digital, sehingga lebih canggih dari sablon lainnya. Denganmenggunakan sablon jenis ini, bukan tidak mungkin jika Anda membuat kaos dalam jumlahbanyak. Hal tersebut dikarenakan DTG mampu menyablon kaos dalam jumlah banyak dalam waktusingkat saja. Selain dapat digunakan untuk menyablon dalam jumlah banyak, DTG juga bisadigunakan untuk menyablon berbagai jenis bahan kaos, mulai dari polyester hingga katun. Meskipun merupakan jenis sablon yang canggih, namun harganya tidak terlalu mahal, sehingga dapat memberikan keuntungan pada Anda yang membutuhkan kaos dalam jumlahbanyak per harinya. Tidak hanya itu saja, DTG juga bisa dan lebih unggul dalam hal cetakmencetak jenis gambar apapun, tentunya dengan tingkat warna gradasi yang bagus.

3. Sablon Glow in the Dark

Jenis sablon kaos ini cukup unik, karena dapat menciptakan sablon yang bisa menyala atauhidup ketika berada pada kondisi gelap. Benar sekali, hal tersebut sangat cocok denganpenamaannya yakni sablon glow in the dark. Namun ternyata, dalam pembuatannya, sablon in the dark juga membutuhkan jenis sablonlainnya, mulai dari sablon rubber dan plastisol. Selain itu, bahan yang digunakan adalahfosfor, yakni yang memberikan efek nyala pada hasil sablon.  

4. Sablon Rubber

Sablon rubber yang dibutuhkan pada sablon sebelumnya juga merupakan pilihan terbaikuntuk memulai bisnis distro. Sablon ini sangat bagus, karena dapat menutup serat kainsecara alami dan hasilnya jauh lebih elastis seperti karet.

5. Sablon Polyflex

Nah, di urutan kelima ini ada sablon polyflex yang sering digunakan oleh penjual kaosjersey dan hasilnya sangat memuaskan. Bahkan harga yang ditawarkan sangat terjangkauuntuk ukuran sablon bagus. Pengerjaan sablon ini juga secara digital, sehingga bisadikerjakan tanpa membutuhkan minimal order.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis sablon kaos yang bisa digunakan untuk jualan brand atau distro, namun setidaknya ada 5 terbaik yang telah disebutkan di atas. Lantas, dari daftar di atas, mana yang sesuai dengan calon bisnis Anda? Pertimbangkan pilihan Anda secara matang, ya!

Hubungi WhatsApp