5 Jenis Sablon Manual Bisa Jadi referensi Sablon Kaos Reunian

August 22, 2021

Tidak bisa dipungkiri jika industri sablon kaos, kaos reunian masih sangat menjanjikan. Baik tua maupun muda, lebih memilih untuk mengenakan kaos reuni unik, dengan desain custom, untuk menjadi dresscode mereka.  Untuk pilihan dalam jumlah banyak, sablon manual masih menjadi andalan karena lebih terjangkau. Namun sebenarnya, teknik ini ada banyak jenisnya. Bagaimana menentukan mana yang terbaik untukmu? Yuk kenali masing-masing cirinya di sini.

1.     Sablon Rubber

Jenis ini berdaya rekat cukup baik terutama pada material kaos. Untuk menyablon model kaos reuni terbaru dalam jumlah banyak, sablon rubber adalah pilihan terbaik. Selain harga produksinya cukup terjangkau, hasilnya pun bisa lebih tahan lama.  Sebab, tinta yang digunakan umumnya yang berjenis timbul serta elastis. Hal ini yang membuat sablon rubber banyak dipilih orang karena lebih awet. Ada tiga jenis tinta yang umum dipakai dalam di sini. Yang pertama adalah warna putih untuk sablon putih yang biasa diterapkan pada bahan berwarna gelap. Selanjutnya ada tinta netral untuk menetralkan warna dan warna transparan yang dimanfaatkan sebagai pencampur. Hal ini bermanfaat membuat warna sablon menjadi lebih cerah.

2.     Sablon Plastisol

Ingin warna kaos reuni kamu mentereng? Sablon plastisol yang merupakan standar internasional ini cocok untuk dipilih. Sebab pilihan warnanya cukup beragam dan memberi efek cerah pada desain kaosmu. Beragamnya warna tinta yang bisa dipilih ini tentu bermanfaat karena bisa disesuaikan dengan tone kaosnya. Meski demikian, daya tahan plastisol tidak terlalu tinggi, sebab sablonnya mudah mengelupas, karena tinta yang digunakan tidak terlalu tahan panas. Namun jika ingin melindungi desain kaos reuni unik milikmu agar lebih awet, hindari menyetrikanya secara langsung pada gambar. Setrika saja bagian dalam kaos supaya sablon plastisol tidak terkelupas dan tahan lama.

5 Jenis Sablon Manual Bisa Jadi referensi Sablon Kaos Reunian

3.     Sablon Discharge

Karakter utamanya adalah meresap ke dalam bahan dasar kainnya, sehingga menggantikan warna dasarnya. Sablon discharge ini cukup unik karena tinta yang digunakan bisa masuk hingga ke benang kaos. Hal ini membuat sablon seolah menyatu dengan bahan kaosnya. Jenis ini cocok untuk kamu yang ingin membuat desain seragam yang didominasi kata-kata untuk kaos reuni, alih-alih gambar. Meski hasilnya cukup bisa diandalkan, namun umumnya tingkat kecerahan warnanya bisa menurun ketika sablon meresap ke bahan. Discharge umumnya kurang cocok untuk disablonkan pada beberapa warna kaos, misalnya biru, hijau, dan ungu.

4.     Sablon Superwhite

Menggunakan tinta pigmen yang bisa diaplikasikan pada bahan warna gelap, jenis sablon ini juga bisa meresap ke dalam serat kain. Bedanya, hasil superwhite ini cenderung lebih transparan dibandingkan sablon pigmen. Tekstur tintanya lembut dan bisa menyesuaikan permukaan bahan, sehingga ketika nyaris tidak ada rasanya saat diraba. Ini sebabnya, sablon superwhite seringkali diaplikasikan untuk membuat efek vintage pada kaos. Teknik ini juga banyak diminati karena hasil sablonnya cukup awet, nyaman ketika dikenakan, dan tidak mudah rusak saat disetrika. Harganya pun lumayan terjangkau.

5.     Sablon Flocking Bludru

Ada banyak baju distro dan anak-anak muda kekinian yang menggunakan sablon jenis ini. Flocking beludru tidak memakai tinta dalam teknik penyablonannya, melainkan serbuk atau bubuk pewarna khusus. Hasilnya adalah efek bulu-bulu lembut dan halus layaknya beledu.  Secara umum, flock merupakan material sejenis karet (rubber) dan serat fiber yang memiliki tekstur halus. Dalam perkembangannya, ada tiga tipe yang kerap digunakan dalam dunia sablon. Yaitu flock berbentuk serbuk, bentuk lembaran yang menyerupai kain, serta yang mirip dengan stiker.  Kertas khusus sablon ini mempunyai bidang rata yang lembut, serta berbulu halus mirip seperti beledu. Ini sebabnya, banyak juga yang mengenalnya sebagai flocking bludru. Ragam ketebalan yang seringkali tersedia adalah 0.3 milimeter, 0,5 hingga 0,8 milimeter dan memiliki beragam warna.

Itulah beberapa jenis sablon kaos, kaos reunian yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menyesuaikan dengan desain serta kebutuhanmu untuk menentukan jenis teknik mana yang cocok untukmu.  Tertarik ingin membuat kaos reuni yang memorable? Pesan saja di https://www.dyotees.co.id/ yang melayani berbagai kebutuhan konveksi pakaian (sablon dan sublim) bagi perorangan, perusahaan, organisasi, maupun Instansi.

Hubungi WhatsApp