5 Jenis Tinta Terbaik untuk Hasilkan Kaos Sablon Bagu

December 19, 2021

Alasan Kaos Sablon Banyak Diminati

Pada zaman dulu, banyak dari pengusaha kaos sablon yang menggunakan cara manual penyablonan untuk menciptakan produknya, namun seiring perkembangan zaman proses penyablonan dibuat lebih mudah dan efisien waktu.  Saat ini teknik penyablonan  dapat dilakukan dengan cara digital, yang terdiri dari transfer paper, sublimasi, duracotton, dan ecoselvent. Kamu bisa melakukan penyablonan ke beberapa jenis bahan kain, antara lain :  wol, sutra dan linen. Saat ini kaos sablon menjadi salah satu pakaian yang diminati hal ini karena

  1. Proses Penyablonan yang Sederhana

Proses penyablonan yang tidaklah serumit dulu. Penyablonan dengan cara digital membuat proses terasa lebih sederhana. Hal ini karena kamu hanya perlu mencetak desain berupa file yang sudah ada di folder komputer, yang perlu kamu ingat adalah usahakan resolusi tinggi agar warna  tidak mengalami pecah.

  1. Menghasilkan Variasi Warna Sablon yang Beragam

Teknik sablon menghasilkan kain dengan warna sablonan dengan resolusi yang tinggi. Agar model baju tidak terlihat membosankan, dan terkesan warna yang memadai hanya itu-itu saja. Maka, sudah saatnya kamu melakukan pembaruan warna pada pakaian sablon. Kamu bisa melihat referensi di internet untuk varian warna dengan melakukan sedikit riset tentang warna-warna pakaian yang sedang menjadi trend di kalangan anak muda.

  1. Jangan Membatasi Permintaan Pelanggan

Ketika membuka jasa kaos sablon memang awal-awal cukup sepi, tetapi lambat laun akan meningkat. Dalam hal ini tentunya kamu tidak boleh membatasi permintaan pelanggan, hal ini akan terkesan bahwa kamu kurang profesional dalam menjalankan bisnis kaos sablon. Justru sebagai penjual, akan semakin senang bila usaha makin dikenal dan permintaan makin meningkat.

Jenis Tinta Sablon

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan dalam proses pembuatan kaos sablon. Bahan-bahan tersebut antara lain

  1. Tinta Rubber

Berasal dari kata bahasa Inggris, “Rubber yang berarti sebagai karet.”  Tinta ini berasal dari karet sehingga jika kamu sentuh maka teksturnya padat dan terasa elastis. Tinta yang berasal dari bahan ini sangat cocok untuk berbagai warna maupun bahan kaos.  Tidak hanya itu, bahan rubber bisa digunakan sebagai dasar warna sebelum melakukan pewarnaan lain. Keistimewaan tinta rubber yang lain adalah bahannya awet dan tahan lama meski sudah dicuci beberapa kali. Tinta Rubber merupakan salah satu jenis tinta yang banyak dipesan beberapa pemilik usaha distro, maupun usaha pakaian lainnya.

  1. Tinta Plastisol

Bahan dasar tinta plastisol adalah PVC, yang biasa kita kenal dengan nama minyak. Memang bahan ini ketika kamu coba untuk aplikasikan di kaos maka akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk proses pengeringannya, namun warna yang ada menempel begitu kuat, dan tentunya tidak mudah luntur. Biasanya tinta jenis ini sering digunakan pada proses penyablonan manual.

  1. Tinta Glow In The Dark

Kamu pasti pernah melihat pakaian yang menyala di tempat gelap, tetapi yang menyala adala motif atau tulisannya, bukan keseluruhan pakaian? Ya, hal tersebut memang ada karena tak lain dan tak bukan adalah akibat adanya penambahan Tinta Glow In  The Dark. Tinta ini mengandung bahan baku fosfor, bahan baku ini dapat menyala dan memantulkannya kembali di tempat yang gelap.

  1. Tinta Neo Pigment Kornit

Merupakan salah satu tinta yang menggunakan 100% water based, yang artinya kandungan bahan yang lebih ramah lingkungan, tidak membahayakan tubuh, bahkan aman dari anak-anak. Daya pikat lain yang dimiliki oleh tinta ini adalah tidak mudah luntur, karena memiliki intensitas warna yang tinggi.

  1. Tinta Artistri Duppont

Merupakan tinta dengan kualitas warna putih yang maksimal, sehingga jika ditimpakan pada kaos maka warna putih akan memberikan kesan dominan yang bersih, cerah. Selain itu, warna yang ada tidak mudah luntur, biasanya tinta artistry banyak digunakan untuk produsen konveksi dengan sablon dtg atau direct to garment.

Itulah informasi 5 jenis tinta terbaik untuk hasilkan kaos sablon bagus. Bagi kamu yang ingin mencari tempat produksi kaos sablon dengan tinta kualitas terbaik, terpercaya dengan harga yang bersahabat, maka kamu dapat mengunjungi dyotees.co.id

WhatsApp