5 Keunggulan Sablon Rubber untuk Style Fashionmu

August 25, 2022

Teknik pembuatan kaos sablon rubber menjadi salah satu tren yang disukai muda-mudi saat ini. Alasannya karena kualitas printing yang dihasilkan tidak mudah luntur meski motif pada pakaian terlihat timbul.
Sama seperti namanya yakni rubber maka bahan utama tinta pembuatan kaos ini adalah karet. Sehingga motif pada kaos sablon rubber terlihat timbul dan bersifat elastis.
Karena keunggulan sablon rubber ini, banyak anak muda yang memilih jenis kaos ini untuk membuat tampilannya menjadi lebih stylish dan fashionable. Namun apakah hanya itu? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Buat Kaos Bermotif Timbul dengan Sablon Rubber

Dengan kaos sablon rubber, kamu bisa mewarnai style fashion-mu menjadi lebih menarik. Motif timbul yang ada pada kaos terlihat seperti nyata jika dilihat dari jarak jauh.
Kaos sablon rubber juga memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh teknik penyablonan lainnya.
Namun sebelum mengetahui lebih jauh tentang keunggulannya, mungkin kamu penasaran tentang apa itu sablon rubber? Sablon rubber adalah teknik penyablonan dengan menggunakan bahan utama tinta dari campuran air dan karet.
Terdapat tiga jenis tinta yang dipakai dalam pembuatan kaos sablon rubber yakni tinta rubber putih, tinta rubber netral, dan tinta rubber transparan.
Tinta rubber putih digunakan untuk pewarna putih pada kain berwarna gelap, rubber netral sebagai campuran penetral warna, dan rubber transparan sebagai bahan campuran dengan warna lain agar terlihat lebih cerah.
Lalu faktor apa saja yang membuat sablon rubber bagus atau tidak ketika dipakai? Simak dalam pembahasan berikutnya mengenai 5 kelebihan sablon rubber dibandingkan teknik penyablonan yang lain.

Kelebihan Sablon Rubber daripada Jenis Sablon Lain

Berikut ini 5 keunggulan yang dimiliki sablon rubber yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam membuat kaos.

1. Tinta Sablon Mudah Dibersihkan dengan Air

Salah satu kelebihan sablon rubber adalah screen atau desain yang menempel pada kaos mudah dibersihkan dengan air sehingga kamu tidak akan kesulitan saat membersihkannya dari kotoran yang menempel di kaos.

Hal ini karena sifat sablon rubber adalah water based atau tintanya mudah sekali menyatu dengan air sehingga tidak sulit saat dibersihkan dari noda atau kotoran.
Karena kelebihan ini juga, sablon rubber mudah sekali diperbaiki selama masih dalam keadaan basah.

2. Perawatan Kaos Lebih Mudah

Kualitas sablon rubber yang dihasilkan umumnya tidak mudah luntur dan cenderung bertahan lama. Hasil cetakan sablon yang elastis dapat menyesuaikan perubahan bentuk pada media kaosnya.
Selain itu, hasil sablonannya pun terasa lebih lembut daripada kualitas sablon plastisol atau berbahan utama minyak.
Namun kamu perlu hati-hati dalam mencuci dan menyetrika kaos sablon rubber ini agar karetnya tidak mudah retak.

3. Proses Pengeringan Sablon Lebih Cepat

Kamu bisa membuat kaos dengan jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Hal ini karena proses pengeringan sablon lebih cepat daripada teknik penyablonan lainnya. Akhirnya cara penyablonan ini banyak dipakai oleh produsen kaos atau konveksi.

4. Biaya Pembuatan yang Lebih Murah

Faktor lain yang membuat unggul teknik penyablonan ini adalah biaya pembuatannya yang jauh lebih murah. Dalam pembuatannya, produsen kaos tidak memerlukan peralatan khusus dan mahal sehingga biaya produksi menjadi lebih hemat.
Karena harganya yang murah, kaos sablon rubber banyak dipakai untuk kaos-kaos dalam kegiatan event promosi, acara kantor hingga clothing line.

5. Cocok untuk Dibuat pada Media Kaos yang Gelap

Terakhir, tinta sablon rubber sangat cocok untuk menutup permukaan serat kaos yang berwarna gelap bahkan hitam sekalipun. Namun kamu memerlukan white base atau rubber berwarna putih untuk melapisi terlebih dahulu bagian atas lapisan serat kain agar warna selanjutnya bisa timbul.
Tertarik dengan kaos, hoodie atau sweater dengan teknik sablon rubber? Kamu juga bisa kok membuat atau membeli produk-produk keren tersebut di jasa konveksi Dyotees.
Dyotees adalah jasa konveksi ternama yang mampu menghasilkan produk-produk pakaian dengan berbagai teknik sablon masa kini. Buruan beli karena stok terbatas!

WhatsApp