5 Perbedaan Print Kaos Sablon Digital dan Sablon Manual Bisa Jadi Pertimbangan untuk Kreasi Kaos Polosmu

June 30, 2021

Kreasi kaos sablon sekarang ini semakin banyak diminati, terutama untuk custom yang bisa dibuat desain sesuai selera. Apalagi sekarang ada digital print kaos yang semakin memudahkan untuk membuat kaos polos semakin keren. Berbeda antara print kaos dengan manual yang butuh waktu dan skill menyablon yang tinggi. Perkembangan teknologi print digital ini membuat siapa pun akan lebih mudah berkreasi. Kamu bisa menerapkan ide desain untuk digunakan ketika santai, kegiatan komunitas, atau pun event-event tertentu dengan mudah. Nah, bagaimana perbedaan antara digital print kaos dengan sablon manual? Mana yang lebih baik kualitasnya untuk kaos polos?

1.      Dilihat dari Proses Pembuatannya

Untuk proses pembuatan antara sablon manual dengan digital tentunya sangat berbeda. Untuk sablon digital menggunakan teknologi Direct to Garment (DTG). Artinya proses untuk membuat gambar dan apa pun desain yang diterapkan pada kaos dilakukan secara otomatis lewat sistem digital. Proses ini dimulai dengan pembuatan desain, kemudian diolah dalam sistem komputer. Proses print kaos digital ini sangat cepat karena tidak membutuhkan tenaga manusia. Semua dikontrol melalui mesin secara otomatis. Mesin DTG ini juga menggunakan tinta print khusus tekstil, bukan tinta biasa untuk kertas. Sedangkan untuk sablon manual, proses pembuatannya dilakukan secara manual. Menggunakan berbagai alat bantu, seperti screen, pencetakan, pengeringan, dan lain sebagainya. Karena proses yang begitu rumit tidak heran untuk sablon manual membutuhkan keahlian tersendiri.

2.      Peralatan yang Digunakan

Pada digital print kaos, alat yang digunakan jauh lebih simpel dibanding dengan sablon manual. Beberapa alat yang digunakan berupa printer kaos DTG, komputer, press, dan kompresor. Hanya saja biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan alat-alat tersebut tentunya sangat mahal. Sedangkan untuk penggunaan alat untuk sablon manual jauh lebih banyak jumlahnya. Kamu harus menyiapkan beberapa papan, rakel, screen, coater, hairdryer, cat, dan masih banyak lagi lainnya. Meski banyak, tetapi biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil dibanding mesin digital print.

3.      Jumlah Kaos yang Diproduksi dan Harga

Biaya untuk mencetak kaos dengan sablon manual lebih murah dibandingkan dengan penggunaan DTG. Hanya saja, ketika kamu memesan ke sablon manual ada minimal order yang harus kamu penuhi. Biasanya pihak sablon menetapkan minimal pembuatan 10 kaos polos. Jika kurang dari dari 10 pcs, akan sulit untuk minta dibuatkan, karena memang pihak sablon telah memperhitungkan biaya produksi yang bisa ditutup dengan minimal order tersebut. Berbeda dengan print kaos yang bisa digunakan tanpa adanya minimal pemesanan. Pilihan untuk DTG ini menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin membuat sablon secara eksklusif, bahkan bisa untuk memesan 1 atau 2 pcs saja. Sedangkan untuk harga sablon manual jelas lebih murah. Karena tinta yang digunakan harganya sangat jauh, bisa lebih murah 10 kali lipat dari sablon print.

4.      Media yang Digunakan

Media pembuatan desain pada sablon manual cukup rumit. Kamu harus print desain terlebih dahulu pada kertas. Setelah itu, gambar dari kertas dipindah ke screen film. Untuk satu gambar bisa saja membutuhkan lebih dari satu cetakan, karena setiap warna harus diletakkan di screen berbeda. Untuk kaos digital printing hanya membutuhkan kertas transfer yang digunakan untuk memindahkan tinta ke kaos. Langkahnya cukup cepat dan gambarnya bisa sangat detail, sesuai dengan desain yang diinginkan. Bahkan untuk membuat cetakan foto sekalipun sangat memungkinkan.

5.      Kualitas Hasil Sablon Kaos

Hasil sablon kaos yang dibuat dengan manual ataupun print pastinya memiliki kualitas yang berbeda tergantung dari bahan yang digunakan. Memang detail menggunakan print bisa sangat akurat, tapi ada tukang sablon manual dengan skill tinggi juga mampu melakukannya. Melihat hal itu, kualitas hasil sablon sebenarnya dipengaruhi oleh jenis tinta yang digunakan, kualitas kertas transfer untuk print digital, dan skill yang dimiliki tukang sablon manual menjadi penentu dari kualitas hasil sablon tersebut. Namun kamu tak perlu khawatir dengan kualitas hasil sablon dari Dyotees. Kami hadir dengan mengedepankan kualitas sablon terbaik.

Itulah perbedaan antara digital print kaos dengan sablon manual yang digunakan pada kaos polos. Print kaos kamu sekarang juga bersama Dyotees untuk mendapatkan hasil sablon terbaik sesuai keinginan, bahkan melebihi ekspektasi.

Hubungi WhatsApp