5 Sablon Kaos Cocok untuk Cotton Combed

May 31, 2021

Sablon kaos merupakan salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mendesain berbagai macam kaos termasuk kaos cotton combed. Jenis kaos tersebut terbuat dari serat kapas murni dan merupakan salah satu kaos yang banyak digunakan sebagai produk kaos sablon. Tidak hanya itu, terdapat pula jenis sablon yang cocok diaplikasikan pada kaos cotton combed. Apa sajakah jenis sablon tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Sablon Kaos yang Cocok untuk Cotton Combed

Beberapa jenis sablon yang cocok diaplikasikan untuk kaos cotton combed, diantaranya:

1. Rubber

Sablon rubber merupakan salah satu teknik penyablonan pada kaos yang banyak digunakan. Teknik sablon ini berbahan dasar karet dengan daya rekat yang baik pada kaos. Pada rubber juga terdapat beberapa jenis tinta yang digunakan yaitu tinta sablon putih untuk kaos dengan warna gelap, tinta rubber netral yang berperan sebagai warna penetral, dan tinta rubber transparan yang dapat dicampur dengan warna lain untuk menghasilkan berbagai warna yang lebih cerah. Sedangkan jenis pelarut yang digunakan pada tinta rubber ini adalah air yang bisa bercampur dengan baik dan menghasilkan warna yang lebih elegant. Disamping itu, jenis sablon ini juga memiliki keuntungan berupa harga yang terjangkau dengan hasil yang berkualitas.

2. Superwhite

Jenis sablon kaos selanjutnya yang dapat diaplikasikan pada kaos cotton combed adalah sablon superwhite. Sablon ini merupakan sablon berbasis air sehingga hasil dari proses penyablonan tidak akan terasa oleh permukaan kulit apabila disentuh pada permukaan kaos. Hal ini dikarenakan basis air pada superwhite yang bersifat menyerap pada serat kaos. Tidak hanya itu, keuntungan dari sablon superwhite ini adalah akan terasa ringan ketika dipakai. Karena masa sablon yang terserap pada kaos. Hasil sablon superwhite ini juga akan tahan terhadap panas seperti suhu panas dari setrika. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya bagian hasil sablon yang akan mengelupas apabila terkena panas dengan suhu tinggi ketika kamu menyetrika kaos pada bagian yang disablon.

3. Plastisol

Plastisol merupakan jenis sablon berbasi minyak dengan hasil sablon yang tebal dan unsur karet pada jenis sablon ini sangat terasa. Jenis sablon plastisol memiliki kelebihan berupa hasil sablon yang lebih tahan lama dibandingkan hasil sablon lainnya. Jenis sablon ini juga menghasilkan gambar atau tulisan dengan ketajaman yang tinggi. Namun, pada saat kamu menyetrika kaos dengan sablon plastisol diperlukan kehati-hatian. Hal ini bertujuan supaya hasil sablon tidak mengalami kerusakan akibat adanya suhu tinggi yang dapat mengangkat karet sablon dari permukaan kaos. Selain itu, kaos dengan sablon plastisol ini akan terasa lebih berat ketika digunakan akibat adanya gambar atau tulisan dengan hasil penyablonan yang tebal.

4. Pigmen

Sablon kaos pigmen memiliki karakter yang hampir sama dengan sablon superwhite. Namun, pada sablon ini akan terdapat sedikit perbedaan ketika menyentuh bagian hasil sablon yaitu akan terasa lebih kaku dibandingkan hasil sablon superwhite yang akan mengikuti tekstur kaos. Pada sablon ini terdapat sisa endapan yang akan tetap menempel pada serat kain kaos meskipun telah dicuci.

5. Discharge

Sablon discharge atau yang sering disebut dengan sablon cabut warna merupakan jenis sablon berbasis air. Penamaan sablon ini sesuai dengan pengaplikasian jenis sablon pada kaos yaitu dilakukan dengan cara membakar dan mengganti warna dasar pada kaos. Jenis sablon ini hampir sama dengan sablon superwhite. Perbedaan dari kedua jenis sablon tersebut terletak pada proses finishing dan jenis obat yang digunakan. Pada sablon discharge terdapat penambahan odorless atau discharge agent. Sedangkan proses finishing pada jenis sablon ini dilakukan saat sablon masih dalam keadaan basah. Dan pengeringan bisa dilakukan menggunakan mesin press untuk memperoleh hasil dengan kualitas yang baik.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai beberapa jenis sablon kaos yang bisa kamu gunakan untuk mendesain kaosmu menjadi pakaian yang menarik dan elegant. Masing-masing jenis sablon memiliki keunggulan dan kelemahan. Maka dari itu, diperlukan perawatan secara khusus yang disesuaikan dengan jensi sablon.

Hubungi WhatsApp