5 Teknik Sablon Lagi Hits Cocok Untuk Sablon Kaos Polos Premium

June 30, 2021

Sablon adalah teknologi untuk pencetakan gambar yang populer di kalangan masyarakat. Para pengusaha kreatif menggunakan teknik ini untuk mencurahkan ide kreasinya ke sebuah wadah, salah satunya adalah kaos polos premium

Teknik Dasar Sablon Manual pada Kaos Polos Premium

Untuk menyablon, pengrajin memerlukan alat dan bahan berikut ini, antara lain salah satu bingkai dengan ukuran T48, T54, T61, T68, atau T77, tergantung pada jenis dan luas kain. Selain bingkai, pengusaha kreatif sablon juga perlu mempersiapkan beberapa bahan lain, seperti tinta afdruk, rakel, pelapis tinta, dan masih ada beberapa lainnya. 

  1. Pembuatan desain 

Tema penjualan bulanan atau secara periodik menentukan rancangan desain yang akan mengisi kaos polos atau bisa juga mengikuti pesanan dari pembeli. Dengan kemajuan teknologi, komputer sudah banyak membantu para pengusaha distro saat merancang desain kaos mereka.

  1. Pemindahan desain ke screen (Teknik Afdruk) 

Untuk teknik manual ini, teknik pemindahan desain ke kaos berada pada ruang gelap. Kamu perlu melapisi layar bingkai dengan cairan hingga merata. Kemudian, tunggu hingga kering. Setelah lapisan cairan awal tadi mengering, cetak desain pada kertas kuat tapi tipis, seperti kertas kalkir, dan tekan cetakan desain dengan air busa. Lanjutkan dengan penyinaran UV ke arah layar yang memegang desain dengan menggunakan alat atau dengan sinar matahari. Lalu, tunggu hingga mengering.

  1. Penyiapan Pewarnaan 

Setelah desain tergambar, siram dan cuci layar dengan air perlahan agar tidak merusak desain. Selanjutnya, jemur layar hingga kering di bawah sinar matahari. Langkah berikutnya adalah meletakkan layar di atas kaos dan mencurahkan tinta cetak sesuai takaran yang diperlukan. Dengan menggunakan rakel, gosok hingga tinta menjadi merata.  Ulangi prosesnya jika warna desain lebih dari satu. Pastikan kamu tidak menggunakan layar yang sama untuk warna yang berbeda. Dengan kata lain, 1 layar hanya khusus satu warna. Setelah selesai mewarnai, pembersihan layar perlu dilakukan sebelum penyimpanan agar dapat dipakai untuk pengerjaan sablon di kemudian hari. Sayangnya, proses sablon manual ini memerlukan waktu yang cukup lama, terutama jika proyek dalam jumlah yang lumayan. 

Teknik Sablon Stiker 

Penyablonan satu ini menggunakan stiker yang dapat dengan mudah di pasaran, kemudian mesin pemotong akan membentuk stiker sesuai sesuai rancangan dari komputer. Selanjutnya, mesin press menekan stiker ke kaos untuk memindahkan gambar. Setelah yakin gambar menempel, lepaskan lapisan pelindung bening stiker. Kelebihan dari teknik ini adalah kamu bisa memilih warna yang bervariasi, tetapi sayangnya kaos bahan vinyl polyflex dan mesinnya masih mahal.

Teknik Sablon Sublim 

Teknik ini memindahkan desain dari kertas dengan tinta khusus ke kaos yang hendak didesain. Setelah mencetak desain ke kertas dengan tinta khusus sublim, letakkan kertas tersebut di atas kaos premium yang kamu sukai, apa pun warnanya. Kemudian, tekan gambar dengan menggunakan mesin press hingga durasi tertentu sampai rancangan menempel sempurna. Kekuatan hasil sablon bergantung pada kualitas tinta, tingkat tekanan mesin press, dan juga media untuk memindahkan desain. Meski para pengusaha harus mengakui kecepatan produksi dengan teknik ini, tetap ada beberapa keterbatasan, yaitu seperti hanya bisa untuk bahan kaos polyester, khusus untuk jenis kaos premium saja. Karena harga mesin dan tinta tergolong mahal.

Teknik Sablon DTF

Direct Transfer Film (DTF) merupakan teknik sablon mencetak gambar ke kertas film dengan tinta khusus, dan menransfer gambar tersebut ke kaos dengan bantuan lem berbentuk bubuk sebagai perekatnya. Kelebihan teknik ini terletak pada kekuatan dan keelastisitasan hasil sablonnya. 

Teknik Sablon Direct to Garment (DTG)

Dengan seiring perkembangan teknologi, sudah banyak pengusaha industri kreatif bisa mendapatkan mesin-mesin DTG tersebut. Keuntungan dari teknik sablon ini adalah akurasi dan kecepatan yang lumayan tinggi. Proses pencetakannya sama persis dengan pencetakan tulisan pada kertas oleh mesin printer. 


Demikian 5 teknik sablon untuk kaos polos premium yang sedang hits. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan jenis kaos dan teknik juga harus menyesuaikan dengan budget per kaos yang sudah kamu target. Setelah memahami tekniknya, kamu bisa menggunakan jasa sablon dari Dyotees yang menyediakan semua jenis teknik yang kamu baca di sini dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Kamu pasti akan menyukai hasil kami. Untuk melihat contoh portofolio kami, kamu bisa kunjungi IG Dyotees

Hubungi WhatsApp