5 Tips Desain Kaos Distro dengan Sablon DTG yang Kekinian

November 28, 2022

Desain sablon DTG (Direct to Garment) saat ini telah banyak dijual di toko-toko distro karena menjadi pilihan menarik bagi para remaja. Pemilihan desain sablon DTG yang kekinian menjadi salah satu pertimbangan saat mereka membeli kaos distro.
Jika Anda adalah seorang pemilik jasa konveksi atau pengelola distro, tidak ada salahnya untuk mengembangkan desain berdasarkan tren yang disukai oleh target pasar Anda. Terus belajar dan mengembangkan konsep baru adalah kunci suksesnya distro Anda.

Tips Membuat Desain Kaos Distro dengan Sablon DTG

Tidak semua desain akan disukai oleh target pasar Anda. Mereka akan memertimbangkan mana kaos yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selera pasar tersebutlah yang harus Anda pelajari dan aplikasikan pada kaos distro Anda.
Untuk lebih memahami apa saja tips desain pembuatan kaos distro dengan teknik sablon DTG, berikut penjelasannya.

*1. Memahami Target Pasar *

Tips pertama yang harus Anda lakukan di awal adalah menentukan target pasar. Target pasar yang jelas akan membantu Anda dalam merancang konsep desain yang mereka butuhkan.
Misalkan, Anda menargetkan untuk kelompok komunitas, keluarga atau acara gathering tertentu. Konsepnya jelas akan berbeda jika Anda menargetkan kelompok remaja dengan pesan-pesan percintaan.
Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik apa tren dan kebiasaan saat ini dari target pasar yang ingin Anda jangkau. Semakin relevan desain kaos yang Anda buat dengan kebiasaan target pasar Anda, semakin besar juga peluang produk Anda disukai oleh mereka.

2. Berkreasi dengan Konsep yang Matang

Tips ide berikutnya dalam pembuatan kaos sablon DTG adalah menuangkan informasi mengenai target pasar dalam sebuah desain yang matang. Anda perlu memertimbangkan ukuran kaos, tipografi, gambar dan pesan yang akan ditampilkan pada kaos.
Buatlah beberapa sketsa desain yang akan Anda tuangkan dalam sablon nantinya. Anda bisa meminta masukan dari orang terdekat maupun target pasar mengenai variasi desain yang Anda buat. Hal ini untuk mengetahui minat pasar terhadap desain yang Anda buat.
Jika Anda kesulitan dalam mengembangkan ide desain atau “mentok”, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas lain yang dapat menyegarkan pikiran Anda.

3. Memainkan Tipografi, Ilustrasi, dan Pesan yang Menarik

Pemilihan pesan, tipografi, dan gambar yang menarik serta unik akan menjadi keunggulan kaos distro Anda. Dengan teknik penyablonan Direct to Garment, Anda bisa berkreasi dengan variasi warna yang tidak terbatas.
Anda bisa membuat pesan yang menarik dan unik menyesuaikan dengan kebiasaan target pasar maupun tren saat ini. Pemilihan tipografi yang eye catching juga menjadi daya tarik tersendiri saat seseorang memilih baju. Anda bisa mencoba pola shaped text, teks mini atau handwritten typography.
Alternatif lainnya adalah memainkan pola gambar atau ilustrasi untuk membawa pesan tertentu. Misalkan, Anda ingin membawa pesan mengenai global warming. Anda bisa mengilustrasikannya dengan monster sampah yang memakan manusia.

4. Jangan Berpuas Diri dengan Desain yang Ada

Setelah selesai desain yang satu, Anda bisa beralih kepada desain yang lain. Karena setiap desain, mungkin saja memiliki waktu kadaluarsanya. Hal ini karena tren dan fenomena yang ada di sekitar kita juga terus berkembang.
Oleh karena itu, jangan takut untuk bereksperimen dengan ide-ide terbaru yang lebih out of the box.

5. Melakukan Evaluasi dan Terus Mempelajari Tren saat ini

Anda bisa meminta masukan kepada konsumen dari desain yang telah dipasarkan. Anda bisa menanyakan, apakah mereka suka dengan desain yang Anda buat. Jangan baper jika ada konsumen yang mengkritik Anda.
Terus melakukan riset dan mempelajari tren-tren terbaru dalam menciptakan desain untuk kaos sablon DTG yang akan dijual di distro Anda. Anda mulai bisa mengembangkan pasar saat dirasa target pasar yang Anda jangkau sekarang sudah mulai merasa bosan.

Anda bisa belajar dan berkonsultasi mengenai sablon DTG untuk kaos distro Anda bersama Dyotees Indonesia. Di sini juga tersedia penjualan langsung untuk keperluan hoodie, kaos, dan juga_ sweater_.

WhatsApp