Apa Itu Sablon Plastisol?

December 28, 2022

Salah satu faktor yang membuat sebuah kaos atau pakaian terlihat menarik adalah karena sablonnya. Nah, ada banyak jenis sablon yang biasa kamu temukan dalam pada kaos, salah satunya adalah sablon plastisol yang saat ini jadi favorit anak muda.
Dengan sablon ini, kaos memang terlihat semakin mentereng dan menarik dipandang. Jika dibanding dengan sablon lainnya, plastisol saat ini merupakan sablon terfavorit di dunia. Pasalnya, hasil warnanya tidak terlalu mencolok, namun tetap berkesan. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang sablon ini.

Pengertian Sablon Plastisol

Sablon ini memiliki ketahanan yang baik karena sablon plastisol sendiri merupakan sablonan standar internasional, di mana harga sablon plastisol cukup tinggi dibanding sablon lain.
Berbahan dasar tinta plastisol, sablon ini menggunakan metode manual berbasis minyak. Karena itu plastisolmerupakan sablon yang cukup unik dan berbeda dibanding sablon lain. Sebab tinta plastisol ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan tinta terbaik.
Sablon plastisol cocok digunakan untuk mencetak warna gelap. Pasalnya, saat menyablon kaos, tinta ini mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan dan mudah kering. Namun, hal ini bergantung pada bahan kaos yang digunakan untuk menyablon.
Hasil sablon plastisol umumnya lebih tahan lama sehingga kuat dan cocok untuk paduan outfit harianmu. Tak heran jika plastisol merupakan sablon berstandar internasiona, sebab kualitas warna yang dihasilkannya bagus dan akurat, serta hasil cetakannya rapat.

Harga Sablon Plastisol

Plastisol termasuk jenis sablon manual di mana sablonan ini tak kalah menarik dari sablonan lain. Sablon ini dicetak dengan tinta minyak secara manual sehingga menghasilkan warna-warna cemerlang, namun tidak mencolok atau norak. Ini sebabnya, teknik sablon plastisol kini menjadi standar dunia.
Meski dicetak secara manual, harga sablon ini bisa dibanderol mulai Rp20 ribu hingga Rp40 ribu per kaosnya. Untuk desain dan warna, harga tersebut terjangkau atau bahkan bisa lebih mahal, tergantung jenis kaos dan banyaknya desain yang dicetak.
Tak heran jika sablon plastisol merupakan sablonan mahal, harga sablon plastisol ditentukan dari pembuatan sablonan manual dan banyaknya warna yang tercetak pada kaos. Penggunaan minyak pada tintanyta juga menjadi alasan kenapa tinta plastisol lebih mahal.

Keunggulan Sablon Plastisol

Plastisol memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu ketahui dibanding sablon lainnya, berikut di antaranya.

1. Bisa Mencetak Hingga Ukuran Terkecil

Jadi sablon standar pembuatan kaos secara internasional, apa bedanya sablon plastisol vs rubber? Keduanya bisa dibedakan dari jenis tinta yang digunakan. Tentu saja plastisol pasti lebih unggul karena tinta minyak plastisol dapat mencetak hingga ukuran terkecil pada kaos. Hasilnya pun membuat warna-warna tampak “hidup”, cemerlang, namun tidak berlebihan.

2. Elastisitas Tinggi

Berbeda dengan rubber, sablon plastisol memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan hasilnya halus, karena terkesan menyatu dengan kaos. Kelebihan sablon plastisol sendiri ada pada detail warna yang dicetak.

3. Hasil Sablon Terlihat Alami

Terlihat alami dan menyatu, jenis sablon plastisol terkenal awet. Sebab, bahan dasar minyak yang digunakan ini bersifat tidak mudah mengelupas dan rusak, meski dicuci dan disetrika berulang kali.

4. Berstandar Internasional

Kualitas sablon ini juga tak perlu diragukan, bahkan telah dijadikan standar pembuatan kaos secara internasional.

Kekurangan Sablon Plastisol

Meski punya segudang kelebihan, namun sablon ini juga memiliki kekurangan. Karena bahan yang mahal, produksi sablon plastisol cenderung membutuhkan dana cukup besar untuk sektor_ clothing_.
Berbanding terbalik jika menggunakan bahan dasar air, sablon ini nyatanya menggunakan bahan minyak yang mengandung thermoplastic.
Kandungan thermoplastic pada sablon plastisol membuat sablonan mudah meleleh. Untuk itu, dalam pencetakan manual, sablon ini membutuhkan lapisan agar sablon tidak mudah rusak.
Di sisi lain, tekstur minyak jika diaplikasikan ke kaos membutuhkan waktu yang lama dibanding sablon yang menggunakan tinta air. Meski memiliki kelebihan dan kekurangan sablon plastisol tetap menjadi sablon idaman saat ini.
Harga sablon plastisol yang mahal dan berstandar internasional menjadi bukti jika sablon ini layak digunakan, karena cocok untuk membuat kaos berkelas, dengan desain dan warna serumit apa pun.
Tertarik membuat kaos bersablon plastisol? Kamu dapat memilih Dyotees sebagai konveksi terbaik di Jakarta.

WhatsApp