Bagaimana Proses untuk Sablon Digital?

December 28, 2022

Teknologi yang kian modern saat ini membuat cetakan sablon kini pun bisa menggunakan teknik digital. Sablon digital merupakan teknik sablon yang menggunakan komputer dan printer, untuk kemudian diaplikasikan pada media kain.
Sebelum sablon digital ada, orang-orang mencetak gambar desain pada kaos dengan memindahkan tinta tersebut ke kain secara manual. Karena ada banyak kelebihan sablon digital, banyak orang pun kini beralih menggunakannya untuk mencetak kaos.

Alat dan Bahan Sablon Digital

Membutuhkan alat-alat khusus, cetak sablon digital tak boleh sembarangan. Teknisinya pun harus belajar pada mentor berpengalaman. Ini dia alat yang biasa digunakan untuk cetak sablon digital.

1. Mesin dan Alat Pengering

Alasan kenapa harga *sablon digital *mahal adalah karena mesin cetaknya juga mahal. Mesin printer ini berguna untuk mencetak hasil dari desain perangkat lunak komputer. Karena itu mesin ini termasuk mahal karena hasil cetakannya pasti berkualitas.
Setelah melakukan pencetakan, dibutuhkan alat pengering sablon untuk mengeringkan kaos. Meski bisa dikeringkan secara manual, namun hal itu bisa berrisiko fatal dan membuat cetakan mudah mengelupas dan rusak.
Alat pengeringan ini berguna jika orderan untuk membuat sablon digital cukup banya, sehingga pengeringan pada cetakan kaos bisa kering dengan cepat.

2. Kompresor dan Komputer

Setelah fase cetak, kompresor berguna untuk menyemprotkan cairan epoxy agar cetakan sablon merekat pada kaos. Tinta pada proses cetakan yang disemprot epoxy akan menempelkan warna pada serat kain agar tak mudah mengelupas.
Tak lupa ada alat untuk memproses sablon digital yaitu komputer. Menampilkan desain dan memproses desain mulai awal sampai akhir, membuat komputer menjadi faktor penting dalam proses sablon digital.

3. Mesin Press dan Tinta

Usai disemprot menggunakan epoxy agar cetakan merekat pada kaos, kini ada mesin press yang berguna untuk membuat tinta lebih awet dan menempel pada kaos. Dengan mesin_ pres,_ tinta mudah merekat dan tak mudah mengelupas.
Sebelum dipres, kaos akan dilapisi kertas teflon dan bisa dipres beberapa saat hingga akhirnya cetakan sablon bisa dikemas.
Jangan lupa tinta dan cartridge juga penting untuk membuat cetakan lebih menarik. Saat mencetak desain yang telah disiapkan, tinta pada mesin akan menyesuaikan pola dan bentuk desain tersebut.

Proses Sablon Digital pada Kaos

Mencetak sablon digital tak membutuhkan waktu lama. Ada langkah dan tahapan yang harus dilalui saat menggunakan sablon digital. Berikut prosesnya :
● _Install software _printer digital pada komputer agar bisa terindeks pada sistem operasi.
● Nyalakan printer kemudian tunggu beberapa saat sampai printer menyala.
● Buka tampilan desain yang akan dicetak.
● Siapkan kaos yang akan dicetak menggunakan printer, lalu semprot kompresor pada area sablonan.
● Letakkan kaos di area yang ingin dicetak, agar printer dapat mencetak desain dengan rapi.
● Mulai proses cetak dan tunggu sampai selesai.
● Ambil kaos lalu semprot menggunakan epoxy pada kompresor.
● Panaskan kaos dengan hotgun reigun untuk pengeringannya.
● Lalu letakkan kaos yang usai dipanaskan dan letakkan pada mesin pres kemudian lapisi dengan kertas teflon.
● Jika mesin pres telah siap, kamu bisa pres kaos hingga merata
● Letakkan kaos dan diamkan hingga sablon meresap
Sablon digital memiliki keunggulan dibanding sablon manual, termasuk dalam hal waktu yang proses dalam waktu yang efisien. Kelebihan dan kekurangan sablon digital ini juga layak dipertimbangkan, meski hasil dan harganya relatif lebih baik dibanding sablon lainnya.

Proses lamanya mencetak kaos sablon digital bisa berbeda-beda, tergantung alat dan bahan yang digunakan. Dengan mencetak di sablon digital terdekat dan terbaik, seperti Dyotees, kamu bisa mendapat hasil maksimal dan berkualitas. Yuk, pesan kaos sekarang!

WhatsApp