Bahan Kaos: 7 Tips dan Trick Cara Memilih Kain yang Bagus untuk Kaosmu

December 19, 2021

Kaos menjadi pakaian andalan bagi seluruh kalangan masyarakat, terutama kaum anak muda. Hal ini dikarenakan model dan desain yang simpel tetapi mampu menampilkan kesan modis bagi pemakainya. Tidak sedikit orang yang berbondong untuk memesan kaos dengan berbagai variasi desain. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin bikin kaos sablon andalanmu sendiri adalah kain sebagai bahan utama dalam pembuatan kaos. Terdapat beberapa kriteria dari kain yang cocok sebagai bahan kaos. Hal itu perlu diperhatikan untuk memberikan rasa nyaman ketika kamu memakainya.

Tips dan Trick Cara Memilih Kain yang Bagus untuk Kaosmu

Terdapat beberapa tips dan trick cara memilih kain yang berkualitas untuk kaosmu, diantaranya :

1. Jenis Kain

Terdapat berbagai jenis kain sebagai bahan kaos yang beredar di pasaran diantaranya, blends, cotton combed, lycra, dan masih banyak lainnya. Dari berbagai jenis bahan kaos tersebut kamu bisa memilih salah satunya untuk membuat kaos yang nyaman digunakan. Tentunya pemilihan jenis kain sebagai bahan kaos custom untuk sablon ini disesuaikan dengan kondisi di wilayah kamu. Ketika di daerah tempat tinggalmu memiliki kondisi iklim dingin maka pilihlah jenis kain yang tebal dan dapat menghangatkan tubuhmu.

2. Karakter Kain

Pemilihan jenis kain untuk kaos tentunya diikuti dengan karakter dari suatu bahan kaos. Hal yang paing penting adalah aspek kenyaman ketika kamu memakai kaos hasil desainmu. Karakter kain yang baik adalah tidak menimbulkan efek gatal dan panas ketika dipakai serta memberikan rasa dingin tetapi mampu menghangatkan tubuh ketika suhu lingkungan rendah.

3. Warna

Pemilihan warna merupakan salah satu aspek relatif yang dapat ditentukan oleh masing-masing orang. Pemilihan warna ini bisa kamu sesuaikan dengan waktu pemakaian kaos. Warna gelap maupun terang merupakan warna yang bagus dan baik untuk pembuatan kaos apabila kamu juga merasa nyaman menggunakannya.

Bahan Kaos: 7 Tips dan Trick Cara Memilih Kain yang Bagus untuk Kaosmu

4. Kelenturan Kain

Sebagian orang menjauhi penggunaan kaos karena menganggap kaos adalah pakaian yang tidak praktis. Ketika pemakaian pertama kali mungkin kaos berada dalam kondisi yang baik untuk digunakan. Namun ketika pemakaian kesekian kali terdapat beberapa konsumen yang merasa kaos akan semakin longgar. Hal ini berhubungan dengan sifat kelenturan dari kaos. Apabila kamu ingin bikin kaos sablon, pilihlah jenis kain yang lentur, artinya kaos tersebut dapat kembali pada kondisi semua setelah dipakai. Sehingga ketika kaos dipakai berulang kali masih berada dalam kondisi yang bagus dan aspek estetika kaos pun tetap terjaga.

5. Ketebalan Kain

Beberapa orang menginginkan kaos dengan kualitas super termasuk kaos yang tebal tetapi tidak panas ketika dipakai. Ketebalan kain sebagai bahan utama kaos akan berpengaruh terhadap kualitas kaos yang dihasilkan. Maka dari itu, pilihlah bahan kaos yang tebal namun dapat memberikan kenyaman ketika kamu memakainya. Kenyamanan itu dapat berupa rasa dingin, tidak gatal, dan dapat menyerap keringat. Sehingga pemakaian kaos tersebut tidak akan menimbulkan bau tidak sedap pada tubuhmu.

6. Estetika Kain

Ketika kamu membuat kaos custom untuk sablon, hal yang perlu diperhatikan adalah estetika dari kain yang akan kamu gunakan. Terdapat beberapa jenis kain yang memiliki rajutan benang dengan pori-pori berukuran kecil dan besar. Pilihlah jenis kain yang cocok untukmu dan tentunya nyaman saat digunakan. Selain itu, pilihlah bahan kaos yang mampu menyerap bahan sablon dengan baik apabila kamu menginginkan jenis kain sablon. Hal ini dikarenakan selain kualitas bahan sablon, kain juga berpengaruh terhadap kualitas sablon yang dihasilkan.

7. Harga

Tips dan trick terakhir yang perlu kamu pertimbangkan adalah aspek harga. Dalam pembuatan kaos, kualitas kaos merupakan hal utama tetapi harga pun juga tidak kalah penting. Langkah yang perlu kamu lakukakan adalah membandingkan harga antara bahan kaos satu dengan lainnya. Sesuaikan hal itu dengan kemampuan kamu dalam pemenuhan bahan-bahan kaos sehingga semua komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan kaos dapat terpenuhi seluruhnya.

Uraian tersebut merupakan tips dan trick dari Dyotees dalam pemilihan bahan untuk bikin kaos sablon. Pilihlah bahan yang nyaman dan pas untuk kamu gunakan sehari-hari atau saat acara tertentu. Selamat bersenang-senang.

WhatsApp