Bahan Terbaik Untuk Sablon Kaos Bola

June 19, 2022

Sepakbola ataupun futsal memiliki banyak penggemar yang selalu ingin memiliki kaos tim sendiri. Dengan kaos sendiri, kamu pastinya akan lebih bangga. Apalagi jika kamu berhasil membuat kaos dengan sablon yang menarik, bahan yang berkualitas, dan awet.
Karena itu, kamu harus tahu beberapa bahan yang tepat untuk membuat kaos ini. Bahan-bahan tersebut tentunya memiliki sifat yang bisa menyerap keringat, ringan, dan dingin. Hal itu disesuaikan dengan aktivitas olahraga yang pastinya akan mengeluarkan banyak keringat.
Nah, apa saja bahan terbaik untuk membuat jersey bola?

Dry Fit

Bahan yang satu ini merupakan bahan kaos terbaik yang dikenalkan oleh produsen alat-alat olahraga, Nike. Bahan ini mulai diperkenalkan Nike pada perhelatan Euro 2012 untuk mendapatkan kualitas terbaik bagi pemain bola dunia.
Tidak perlu ditanyakan, bahan ini memiliki kualitas sangat baik. Bahkan harganya terbilang mahal. Untuk ukuran satu kilogramnya, harganya sekitar Rp90 ribuan.
Bahan ini merupakan bahan premium untuk kaos olahraga. Kain ini mampu menyerap keringat dan membuangnya dengan cepat, sehingga pemakai akan merasa tetap kering.
Dry fit berasal dari kombinasi bahan dasar nilon, PE, dan spandex. Dari kombinasi bahan tersebut, kaos yang dibuat punya kelenturan yang sangat baik dan sangat kuat.

Dry Fit Lokal

Berbeda dari jenis bahan sebelumnya, dry fit lokal memiliki komposisi PE yang lebih tinggi, yaitu sekitar 60%. Sedangkan untuk kualitas ori hanya sebesar 35% saja. Meski demikian kelebihannya tidak jauh berbeda, bahkan harganya jauh lebih murah.
Kekurangan dari jenis bahan ini akan meninggalkan bekas ketika dilipat. Tidak seperti dry fit ori yang akan tetap rapi dan mampu ke bentuk semula meskipun dilipat.

Wafer

Kaos sablon selanjutnya yang biasa digunakan untuk jersey adalah wafer. Kain ini punya karakteristik memiliki pola seperti wafer berupa kotak-kotak dan wajik. Tekstur dari kain ini sangat halus.

Sama seperti jenis bahan sebelumnya, bahan-bahan tersebut sangat sulit menyerap tinta. Sehingga teknik sablon yang efektif digunakan adalah teknik printing. Jika dipaksakan untuk sablon manual, tintanya akan sangat sulit diserap kain tersebut.
Kekurangan dari bahan ini adalah proses penyablonannya yang lebih mahal. Itu sebabnya, teknik sablon secara printing relatif lebih mahal dibandingkan secara manual.

Hyget

Bahan dasar dari kain ini adalah nilon dan spandex yang memiliki tekstur sangat lembut dan rata. Sifatnya juga sangat elastis dan rapi. Hyget ini terdiri dari dua jenis, yaitu hyget serena dan salur. Untuk hyget serena berasal dari bahan nilon, sedangkan salur dibuat dari spandex.
Kain ini juga banyak digunakan untuk membuat jersey bola. Hanya saja ketika mengenakan kain ini akan terasa panas.

Paragon

Bahan kaos untuk sablon yang satu ini juga banyak digunakan untuk jersey tim bola. Bahannya sangat kuat, dan terbuat dari bahan dasar polyester. Sebenarnya kaos ini lebih banyak dikenal untuk kaos bola basket. Namun tidak sedikit juga yang membuatnya untuk jersey sepakbola.
Karakteristik dari paragon ini memiliki sifat yang mengkilap, elastis, dan tebal. Namun ketika memakainya akan terasa sedikit panas.

Lotto

Kain ini punya komposisi polyester yang cukup tinggi. Komposisi ini membuat kain memiliki tekstur halus, dan lemas. Tidak hanya untuk kaos, kain ini juga banyak digunakan untuk jaket olahraga dan celana training.
Ingin mendapatkan kaos tim terbaik dengan bahan dan sablon berkualitas?Dyotees menyediakan produk kaos jersey terbaik dan juga teknik sablon yang tepat.
Itulah beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk kaos jersey bola. Jadi, buat kaos tim sekarang juga dan sablon dengan teknik terbaik bersama Dyotees sekarang juga!

WhatsApp