Cara Merawat Kaos Sablon DTG Agar Tahan Lama

June 19, 2022

Sebaik apapun kualitas kaos tentunya harus dirawat dengan tepat. Sama halnya dengan kaos sablon DTG milik kamu yang pastinya sangat berharga.
Teknik sablon ini menggunakan mesin pencetak yang mampu mencetak gambar secara praktis di kaos. Tinta yang digunakan juga khusus, sehingga untuk merawatnya juga butuh perlakuan khusus.
Meski memiliki kualitas bahan terbaik, tetap saja kamu harus merawatnya dengan tepat. Dengan demikian, gambar DTG yang full color tetap terjaga kecerahannya. Nah, simak cara merawat sablon DTG agar tahan lama berikut ini!

Cuci Kaos DTG Secara Manual

Kamu harus memperhatikan proses pencucian yang dilakukan. Sangat disarankan untuk mencuci kaos ini dengan cara manual saja. Jangan gunakan mesin cuci yang pastinya akan mencampurkan kaos dengan baju lainnya. Hal ini dikhawatirkan akan membuat kaos terkena lunturan baju lainnya.
Proses pencucian dengan mesin cuci juga bisa membuat kaos DTG terlalu banyak mendapatkan gesekan. Tentunya hal ini sangat berisiko terhadap gambarnya. Berbeda dengan proses mencuci secara manual, Anda harus cermat bagian mana yang harus dibersihkan secara hati-hati.
Setelah dicuci pun jangan sampai memerasnya. Biarkan air mengalir sendiri saat kaos digantung atau dijemur.

Jangan Gunakan Pemutih dan Hindari Deterjen Berlebihan

Pemutih memilih zat kimia keras yang bisa merusak pakaian. Tentunya hal ini bisa membuat tinta sablon DTG menjadi kusam dan rusak. Belum lagi ketika dicampurkan dengan baju lainnya, yang pastinya akan membuat kaos kamu rawan terkena lunturan baju lainnya.
Untuk cara cuci baju printing jenis ini kamu bisa menggunakan deterjen biasa atau pewangi saja. Dalam penggunaannya pun tidak boleh berlebihan. Gunakan jumlah deterjen secukupnya saja.
Deterjen yang terlalu berlebihan juga sangat tidak baik terhadap bahan-bahan tekstil. Apalagi jika deterjen tersebut terikat kaos dan kamu tidak sempurna dalam membilasnya. Kaos yang terkena deterjen tersebut cenderung akan lebih mudah rusak.

Dijemur dengan Cara yang Tepat

Kamu juga harus memperhatikan proses penjemuran. Hal ini sangat penting diketahui, karena proses penjemuran yang salah akan merusak warna dari gambar sablon DTG tersebut.
Cara menjemur yang tepat adalah dengan membalikkan kaos terlebih dahulu, yaitu dengan meletakkan bagian luar kaos ke bagian dalam. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan sablon terkena langsung dengan cahaya matahari.
Kamu juga harus berhati-hati dalam memberikan gantungan. Cara memasang gantungan harus dimasukkan dari bawah kaos, bukan dari kerah, karena akan membuat kerah melar.
Terakhir, kamu harus menjemur kaos ini di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Sinar matahari mengandung radiasi yang bisa membuat warna-warna sablon akan rusak.

Rendam Kaos Maksimal 15 Menit Saja

Perawatan kaos ini memang harus benar-benar cermat. Hal ini dilakukan tentunya agar kaos tetap awet dan terjaga warna sablonnya dalam kondisi terbaik. Perendaman yang dilakukan terlalu lama tentu akan mengurangi ketahanan sablon ini.
Selain itu, perendaman juga akan mengurangi kualitas bahan kaos. Kelenturan kaos semakin kecil, dan warnanya akan cepat menjadi kusam.

Setrika dengan Cara yang Tepat

Cara menyetrika sablon DTG ini sebenarnya sangat mudah. Balikkan kaos terlebih dahulu dengan meletakkan bagian luar ke dalam dan sebaliknya. Hindarkan panas yang berlebih dengan melapisinya menggunakan kain atau kertas koran.
Itulah cara merawat kaos sablon DTG dengan tepat, sehingga akan membuatnya lebih awet dan tahan lama. Dapatkan kualitas sablon terbaik di Dyotees, yang sangat memahami dengan cermat berbagai bahan dan teknik terbaik dalam membuat sablon.

WhatsApp