Cermati Kekurangan Sablon DTG Untuk OOTD Kamu

June 19, 2022

Sekarang ini siapapun bisa mendesain OOTD sendiri, kemudian datang ke sablon DTG untuk mencetaknya. Sablon jenis ini memang khusus untuk sablon custom satuan. Jadi, sangat tidak disarankan untuk pembuatan kaos komunitas dalam jumlah besar.
Sablon jenis ini apabila dibuat dalam jumlah besar, biaya produksinya sangat mahal dibandingkan dengan sablon manual. Kamu juga tidak bisa asal dalam pemilihan bahan. Sablon DTG ini terbatas pada jenis kain tertentu saja.
Nah, apa saja kekurangan sablon DTG untuk OOTD kamu?

Biaya Cetak Mahal untuk Jumlah Besar

Tidak seperti kaos manual yang pengerjaannya akan semakin murah jika dalam jumlah besar, biaya cetak sablon DTG mahal untuk jumlah besar. Produsen pastinya akan mengarahkan untuk sablon manual.
Meski demikian, produsen mungkin akan tetap mau melakukannya selama biayanya dihitung sebagai biaya satuan. Akibatnya, harga sablon DTG jauh lebih mahal daripada sablon manual.
Hal tersebut dikarenakan proses sablon DTG tetap menggunakan teknik yang sama dalam jumlah berapapun. Ini berbeda dengan teknik manual yang jauh lebih praktis untuk skala besar.

Tidak Semua Bahan Bisa Menggunakan Teknik DTG

Kaos yang bisa digunakan untuk teknik DTG ini sangat terbatas. Bahan yang disarankan untuk bahan ini adalah katun, PE, nilon, dan kain sintetis lainnya. Sedangkan untuk bahan dasar yang terbuat dari kanvas dan wol sangat tidak disarankan.
Tidak hanya bahan kaos saja, jenis printer yang digunakan pun harus disesuaikan dengan bahan yang tepat. Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada produsen sablon, apakah kaos yang ingin Anda cetak bisa menggunakan teknik DTG atau tidak. Jika asal-asalan, tentunya kualitas sablon yang dihasilkan pasti tidak akan maksimal.

Membutuhkan Waktu yang Lama

Kamu ingin membuat kaos komunitas dengan sablon DTG? Sebaiknya kamu harus memikirkannya ulang. Proses pengerjaan kaos menggunakan teknik ini sangat lama untuk setiap satuannya, apalagi jika kamu ingin membuatnya dalam jumlah besar.
Seperti dijelaskan sebelumnya, pembuatan kaos menggunakan teknik DTG ini hanya bisa dilakukan per satuan kaos. Tidak seperti teknik manual yang bisa dilakukan secara praktis, karena sudah ada cetakannya.
Pembuatan dengan teknik ini harus kamu hindari, apalagi jika kamu ingin menggunakannya di waktu yang berdekatan.

Hasil Cetakan Kurang Variatif

Hasil sablon DTG ini hanya bisa mencetak desain _full color _tanpa variasi lainnya. Kamu tidak bisa memberikan variasi lainnya seperti _glow in the dark _atau juga sablon yang timbul. Tentunya dengan keterbatasan tersebut desain OOTD kamu tidak akan maksimal, bukan?

Mesin yang Digunakan Rawan Rusak

Ketika ingin mencetak kaos satuan, kamu harus memperhatikan produsen yang akan kamu pilih. Pastikan produsen tersebut memiliki mesin yang baik dan normal, karena mesin DTG ini relatif rawan rusak. Kerusakan mesin ini bisa dipicu dari penggunaannya yang jarang.
Ketika mesin jarang digunakan, tinta dalam mesin tersebut akan cepat mengering dan pastinya membuat mesin tidak bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai ketika kamu sudah membawa kaos dan ingin mencetaknya, tiba-tiba mesinnya macet, dan kaos kamu rusak.
Karena itu, Dyotees hadir untuk memberikan solusi terbaik untuk kamu yang ingin mencetak kaos dengan cepat menggunakan sablon DTG ini. Semua kekurangan dari teknik ini bisa diatasi dengan mudah, karena Dyotees sangat memahami teknik dan karakter sablon DTG dengan sangat baik.
Itulah kekurangan sablon DTG yang perlu kamu cermati sebelum mencetak kaos yang sudah kamu desain. Namun tak perlu khawatir, Dyotees hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi kamu yang ingin memiliki OOTD terbaik.

WhatsApp