Ini Dia Kelebihan Sablon Rubber Untuk Style 2022

January 16, 2022

Bagi yang sudah lama berkecimpung di bidang konveksi atau perkaosan, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sablon rubber. Teknik ini memiliki ciri khas gambar pada apparel yang berwarna, fleksibel, memiliki warna kuat, dan tahan lama.

Sablon rubber sering digunakan sebagai salah satu alternatif cara agar pakaian yang kamu kenakan makin terlihat berwarna atau ekspresif. Bahkan bisa menunjukkan jati diri kamu yang memakainya, terlebih apabila desain kaosnya custom atau kamu desain sendiri.

Ini bisa meningkatkan performa penampilanmu di tahun 2022 ini, ingat tahun baru identik dengan sesuatu hal yang baru juga. Salah satunya penampilan dan gaya, tentunya kamu ingin tampil lebih trendy, stylish, dan modis bukan? Yuk realisasikan!

6 Kelebihan Sablon Rubber untuk Menunjang Penampilan di 2022

Kunci kualitas teknik ini terletak pada bagaimana cara sablon rubber diaplikasikan pada apparel. Apabila pengaplikasiannya sembarangan, sablonnya terlihat tidak rapi, gampang pecah, serta membuat penampilan tidak menarik. Agar lebih memahami, yuk simak beberapa keunggulan sablonnya.

1. Sifatnya Fleksibel dan Elastis

Ketika dipakai, kaos akan mengalami peregangan atau penyusutan, di mana pemakaian tinta yang berkualitas harus mampu mengikuti bentuk kaosnya. Inilah yang membuat gambar–gambar di dalam kaos bisa tetap terjaga kualitasnya serta tidak mudah rusak.

Keunggulan menggunakan cat rubber adalah berbahan dasar karet dan bersifat elastis. Sifat ini memungkinkan warna sablonnya tidak akan berubah serta mampu mengikuti bentuk kaosnya tanpa takut sablonnya mengelupas atau patah.

2. Mudah Dikoreksi

Ketika teknisi sedang menyablon, tidak menutup kemungkinan melakukan kesalahan, seperti gambarnya kurang lurus atau masalah lainnya. Salah satu cara menanganinya adalah dengan melakukan koreksi sesegera mungkin ketika terjadi kesalahan.

Menggunakan teknik sablon satu ini, memungkinkan cat yang telah diaplikasikan sebelumnya mudah dikoreksi atau disesuaikan kembali. Asalkan tintanya tidak kering, sehingga sangat membantu sekali untuk mengaplikasikan ulang desain gambarnya pada kaos.

3. Sablonnya Jadi Lebih Cepat Kering

Keunggulan berikutnya adalah tintanya tergolong cepat mengering, bahkan dengan suhu ruangan saja bisa kering dalam waktu sekitar 5 – 10 menit saja. Ketika kering, hasilnya juga maksimal, bagus, fleksibel, serta tahan lama.

Namun kecepatan mengeringnya yang tinggi ini juga bisa menimbulkan masalah pada alat sablon rubber. Pada sisi depan terdapat screen, yaitu bidang tipis untuk mencetak gambar sablonnya. Bidang ini akan tertutup cat apabila tidak segera dibersihkan, dan harus keluar uang untuk mengganti screen-nya.

4. Perawatannya Lebih Mudah

Jenis sablon ini termasuk pada water based, artinya bisa dilarutkan menggunakan air sebelum diaplikasikan. Namun ketika sudah mengering, ia memiliki ikatan kuat terhadap kaosnya, sehingga digiling, dicuci, dikucek, hingga disetrika, kualitasnya tetap tak menurun.

Namun tetap harus berhati–hati, terutama ketika menyetrika. Usahakan tidak mendiamkan setrika selama lebih dari 10 menit, itu akan membuat sablonnya meleleh serta mengurangi kualitas gambar pada sablonnya.

5. Harganya Jauh Lebih Terjangkau

Dibandingkan cat water based lainnya, rubber termasuk lebih murah serta terjangkau. Tidak hanya itu, banyak pengrajin kaos menggunakan cat karet juga karena kualitas sablon rubber tak perlu dipertanyakan lagi.

Inilah yang membuat biaya sablon kaos rubber ternyata cukup bersahabat dengan kantong. Kini kamu tak perlu lagi ragu untuk mengekspresikan diri. Salah satunya memesan kaos custom. Buat dunia tahu bahwa itu adalah dirimu dan gayamu di tahun 2022 ini.

Seluruh kelebihan di atas bisa kamu dapatkan apabila datang ke tempat penyablonan atau konveksi yang tepat, salah satunya adalah Dyotees. Dyotees memiliki berbagai perlengkapan sablon yang canggih, sehingga mampu menghasilkan kualitas sablon yang bagus.

Banyak brand besar seperti tokopedia, OVO, Unilever, dan lainnya, telah mempercayakan proyek–proyeknya ke Dyotees. Tak hanya terbatas melayani sablon rubber saja, tetapi juga mencetak kaos, custom mug, hingga konveksi berkualitas tinggi. Yuk perbarui penampilanmu bersama Dyotees.

WhatsApp