Kenalan dengan 2 Sablon Satuan Populer Pilihan Konsumen di 2021

September 30, 2021

Sablon satuan ini ternyata bisa memberikan banyak kemudahan bagi kamu yang ingin menyablon baju pakaian dalam skala kecil saja. Meskipun hanya satuan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penyablonan baju sangatlah cepat dan tidak membutuhkan waktu lama bila dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Ketika kamu ingin membeli beberapa lembar baju kaos, pastinya yang diperhatikan adalah bahan kain dasar serta tampilan sablon berupa gambar unik pada permukaan kaos tersebut. 

Untuk bisa mendapatkan sablon terbaik dan juga awet tahan lama, harus menggunakan teknik penyablonan dengan kualitas super pula.

Jika kamu masih bingung dan belum paham seputar sablon baju kaos yang terbaik dan populer sekarang ini, kami sudah menyuguhkan informasi lengkap mengenai sablon baju satuan ternama di bawah ini.

1.     Mengenal Sablon Kaos Direct Transfer Film

Sablon kaos DTF satuan ataupun kepanjangan dari direct transfer film ini bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Digital Transfer Film. DTF ini termasuk salah satu dari teknik sablon kaos yang biasanya memakai cairan tinta khusus untuk proses transfer gambar desain pada kaos di atas kertas film.

Di dalam bisnis penyablonan kaos, teknik DTF ini sering kali dikenal dengan sebutan sablon tepung. Hal tersebut dikarenakan proses transfer gambar desain kaos ini memakai bantuan dari tepung atau bisa juga menggunakan bubuk lem sablon.

Kegunaan dari bubuk lem tersebut ialah untuk melekatkan gambar desain ke bagian material kaos dengan dibantu mesin press dan ditekan dengan suhu panas yang menyesuaikan kebutuhannya.

Pada umumnya, suhu yang diperlukan untuk menerapkan teknik sablon DTF ini adalah sekitar 16 derajat Celcius. Kemudian, untuk proses penekanan atau pengepresan ke material kaos hanya membutuhkan waktu selama 10 detik saja dan langsung memperoleh hasil sablon sangat maksimal.

Keunggulan Menyablon Menggunakan Teknik DTF

Hampir sama dengan berbagai teknik DTF sablon kaos yang lainnya, teknik sablon direct transfer film ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum kamu memilihnya.

Keunggulan dari teknik sablon DTF ini bisa terlihat dari kekuatan dan tekstur hasil sablon yang sangat bagus. Dengan menggunakan teknik mesin press serta tinta khusus, hasil dari penyablonan pun sangatlah kuat. Lalu, tekstur yang halus ini akan lebih membuat kaos nyaman saat kamu kenakan.

Kemudian, sablon DTF ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin memberikan gambar desain yang berukuran kecil, namun tetap terlihat detail dan juga elegan melekat pada kaos. Beragam jenis bahan kaos pun bisa menggunakan sablon DTF ini, seperti bahan kanvas, katun hingga polyester.

2.     Sablon Kaos Menggunakan Teknik Direct to Garment

Sablon kaos DTG satuan ini termasuk dari jenis sablon yang sering kali dipergunakan untuk membuat kaos dan cukup populer hingga sekarang.

DTG atau kepanjangan dari direct to garment ini merupakan proses sablon kaos yang bisa dilakukan dengan cara mencetak gambar langsung ke permukaan kaos dengan memakai mesin printer sebagai medianya.

Untuk keunggulan dari teknik sablon DTG ini sebenarnya terletak pada kemampuan mesin printer yang berfungsi sebagai pencetak desain sablon yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan cara manual.

Kelebihan Menggunakan Teknik Sablon DTG

Kelebihan dari teknik sablon terpopuler satu ini bisa dirasakan dari segi biaya produksinya. Saat menggunakan teknik DTG memang lebih menghemat biaya produksi karena memang penggunaannya lebih mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. 

Hingga untuk biaya produksi yang dikeluarkan pun dapat diminimalisasikan. Kemudian, teknik dari sablon DTG ini memang sangat cocok untuk kaos yang memiliki bahan dasar dari kain katun.

Bahan dari kain katun yang relatif halus serta mudah sekali menyerap inilah sangat sesuai dengan teknik sablon tersebut sehingga berbeda jauh dengan sablon yang manual.

Terakhir ialah mesin printer dari sablon DTG juga bisa mencetak gambar dengan resolusi tinggi serta detail desain yang begitu akurat. Perpaduan warna desain gambarnya pun sangatlah pas dan juga sesuai.

Itulah 2 jenis dari sablon satuan yang mungkin bisa kamu pergunakan untuk melengkapi alat-alat untuk produksi kaos sablon.


Hubungi WhatsApp