Pilihan Teknik Sablon Untuk OOTD Kekinian

July 14, 2022

Ada banyak sekali jenis-jenis teknik sablon yang dapat diaplikasikan pada kaos OOTD yang kekinian. Berbagai teknik ini mempunyai ciri khasnya sendiri. Jika kamu sedang ingin melakukan pembuatan kaos sablon, ada baiknya untuk mengetahui teknik-tekniknya agar bisa menyesuaikan dengan keinginan.
Berikut ini adalah berbagai pilihan teknik cetak sablon untuk OOTD yang kekinian.
1. Teknik Sablon Plastisol
Teknik sablon terbaik yang pertama adalah teknik sablon dengan menggunakan plastisol. Teknik ini merupakan teknik sablon cukup yang banyak dipilih untuk kaos OOTD yang kekinian. Selain itu, penggunaan teknik plastisol ini juga mempunyai kelebihannya tersendiri.
Kelebihan dari penggunaan teknik sablon jenis plastisol ini yaitu warna tintanya yang cerah. Sehingga, hasil cetak dari sablon yang digunakan pada kaosmu akan menjadi semakin menarik. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih untuk menggunakan teknik sablon tersebut.
Hal ini disebabkan oleh tintanya yang tidak tahan dengan panas tinggi. Sehingga, sebaiknya nanti jangan menyetrika pada bagian yang terdapat hasil sablonannya, sebab dapat merusak tinta yang menempel.
2. Teknik Sablon Polyflex
Teknik sablon jenis lainnya yang bisa untuk kamu pilih yaitu teknik sablon jenis polyflex. Teknik tersebut banyak disukai untuk digunakan sebagai sablon kaos OOTD yang kekinian.
Ketika proses sablon sedang dilakukan akan menggunakan bahan stiker khusus yang nantinya di press atau ditekan dengan menggunakan mesin khusus untuk polyflex.
Hal tersebut menjadikan hasil sablon kaos awet. Sehingga, tidak mengherankan apabila banyak yang menyukai penggunaan teknik sablon tersebut karena hasil sablon bisa lebih bertahan lama. Ketika dilakukan tes tarik, hasil sablon lebih menempel pada sampel kaos yang digunakan jika dibandingkan teknik sablon lainnya.

**3. Teknik Sablon DTG**

Teknik sablon DTG bisa untuk kamu pilih menjadi sablon untuk cetak kaos OOTD impianmu. Walaupun merupakan teknik yang terbilang masih baru namun sablon tersebut sudah memiliki banyak penggemar. Hal ini disebabkan oleh hasil sablonnya yang memuaskan.
Namun, untuk bisa melakukan sablon ini harus memerlukan mesin yang khsusus. Sehingga, pastikan vendor sablon yang akan kamu gunakan sudah mempunyai mesin tersebut. Bagian sablon akan menjadi lebih menarik juga hasil sablon kaos bagus dan awet.
4. Teknik Sablon Flocking
Teknik sablon lain untuk membuat kaos OOTD terbaik lainnya adalah teknik sablon flocking. Jenis teknik sablon flocking ini sangat unik apabila dibandingkan teknik sablon yang sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh hasil cetakan sablon mempunyai kesan lebih timbul.
Selain itu, ketika disentuh juga sablon ini mempunyai tekstur yang berbulu. Sablon ini dibuat dengan tinta khusus untuk sablon flocking. Selain hasilnya yang menarik, teknik sablon ini juga bisa menghasilkan kualitas sablon yang baik dan lebih tahan lama.
5. Teknik Sablon Glow in The Dark
Jenis teknik sablon terbaik untuk kaos OOTD kekinian lainnya yaitu glow in the dark. Jenis teknik sablon ini unik dan juga menarik karena dapat menyala pada tempat yang gelap. Jenis teknik sablon lainnya tidak bisa menghasilkan hasil yang seperti ini, sehingga mempunyai keistimewaannya tersendiri.
Jika kamu sedang menginginkan untuk membuat kaos OOTD dengan tampilan yang menarik bisa memilih menggunakan teknik ini. Jangan lupa untuk bertanya apakah pihak vendor menyediakan teknik ini. Sebab, agar bisa memproduksi kaos dengan hasil sablon yang glow in the dark memerlukan tinta khusus.

WhatsApp