Sablon Plastik, Cari Tahu Apa Kelebihan dan Perbedaannya

December 19, 2021

Bisnis sablon kaos tidak akan ada matinya selama sandang masih menjadi salah satu kebutuhanprimer manusia. Tidak heran jika bisnis sablon kaos baik manual maupun yang digital selaludicari. Saat ini ada banyak jenis sablon digital yang bisa digunakan untuk memulai bisnis sablonkaos, salah satunya adalah sablon plastik atau biasa disebut dengan plastisol. Sablon plastisol merupakan teknik sablon kaos digital yang menggunakan tinta berbahan dasarplastik atau minyal. Tinta jenis ini menghasilkan cetakan sablon yang sedikit timbul jikadibandingkan dengan sablon jenis lainnya namun lebih awet dan tahan lama. Untuk lebih jelasnya tentang kelebihan dan perbedaan sablon plastisol dan jenis lainnya, simakulasan berikut ini :

Kelebihan dan Perbedaan Sablon Plastik Plastisol yang Perlu Kamu Tahu

Sablon plastisol termasuk salah satu jenis sablon kaos yang paling sering digunakan. Sablon jenisini menggunakan tinta berbahan kimia, minyak dan plastik sehingga hasil cetakan sedikit timbuljika dibandingkan jenis lainnya. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dari sablon plastik plastisol:

1. Warna lebih cerah

Sablon plastisol menggunakan tinta yang berbahan sintetis seperti minyak dan plastik. Bahantersebut mampu menghasilkan hasil sablonan yang lebih cerah jika dibandingkan dengansablon rubber atau yang lainnya. Tidak hanya itu, cetakan sablon plastisol juga timbulsehingga memberikan kesan lebih elegan dan mahal.

2. Awet dan tahan lama

Sablon dengan bahan minyak dan plastik biasanya memiliki ketahanan yang lebih bagus jikadibandingkan dengan bahan lainnya. Hasil cetakan sablon plastik plastisol tidak mudahlepas karena menempel sempurna dengan bahan kaos. Dengan hasil sablon yang berkualitastersebut, kamu tidak perlu khawatir jika mencuci dan mengeringkan dengan mesin pengeringsekalipun.

3. Minim limbah

Pada dasarnya tinta plastisol lebih lama kering jika dibandingkan dengan tinta rubber. Hal inimembuat sisa tinta plastisol masih bisa disimpan dan digunakan untuk proses produksisablon selanjutnya. Dengan sablon menggunakan tinta jenis ini, bisa meminimalisir limbahyang terbuang sehingga biaya produksi juga akan lebih hemat. Tidak heran jika bisniskonvensi banyak menggunakan sablon plastisol ini.

4. Hasil sablonan lebih detail

Sablon plastik plastisol memiliki banyak pilihan warna dari gelap hingga transparan. Dengan pilihan warna yang banyak tersebut, hasil sablon akan lebih detail baik untuk basic kaos putih maupun kaos berwarna. Jenis ini sangat cocok untuk kaos costum satuan karenahasil sablon akan lebih maksimal. Dengan hasil sablonan yang lebih maksimal, pastinya bisamembuat harga jual kaos juga semakin tinggi.

5. Sesuai standart sablon dunia

Dalam bisnis sablon internasional, ada standar bahan dan tinta yang boleh digunakan. Nah, tinta plastisol ini telah sesuai dengan standart teknologi konvensi dunia sehingga hasilsablonan memenuhi syarat jika akan diekspor ke luar negeri. Walaupun menggunakan tinta berbahan dasar minyak, akan tetapi sablon plastik plastisol iniaman dan tidak membuat kulit iritasi jika bersentuhan langsung.

Pilihan jenis sablon kaos digital yang semakin beragam, tetap mengharuskan kamu untukmemilih yang terbaik. Sablon plastik plastisol merupakan salah satu pilihan terbaik untukmenghasilkan sablon kaos yang berkualitas. Dengan berbagai kelebihan dan ditawarkan, sablonjenis ini sangat cocok untuk bisnis sablon kaos satuan maupun partaian besar karena minim limbah sehingga biaya produksi akan lebih rendah.

WhatsApp