Sablon Plastisol: Teknik Sablon untuk Hasil Lebih Tahan Lama

April 22, 2022

Dalam pembuatan kaos distro, saat ini telah muncul berbagai teknik penyablonan. Banyaknya ragam jenis teknik tersebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan percetakan dan mentransfer desain pada media kaos. Salah satunya seperti sablon plastisol yang merupakan tipe penyablonan berkualitas.
Harga sablon plastisol umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan teknik standar. Pasalnya, proses penyablonannya menggunakan tinta khusus berbahan dasar minyak yang dapat menyempurnakan hasilnya.

Penyablonan dengan Menggunakan Teknik Plastisol

Sebagai informasi, plastisol merupakan jenis tinta khusus berbasis minyak. Tinta tersebut sering dijadikan bahan rekomendasi karena memiliki kualitas standar internasional yang artinya digunakan juga oleh pabrikan kaos di luar negeri.
Sablon plastisol apakah bagus? Jika sudah berstandar internasional, maka jawabannya tentu saja bagus. Namun sesuai dengan beberapa teknik penyablonan yang lain, teknik ini juga tidak bisa digunakan untuk semua jenis bahan kaos.
Ada beberapa jenis-jenis sablon plastisol yang ada saat ini. Namun kebanyakan teknik ini menggunakan sistem manual.

Kenapa Harus Memilih Plastisol?

Tidak sulit untuk menemukan jasa sablon plastisol terdekat karena umumnya teknik ini cukup mudah ditemukan, terutama di kawasan perkotaan. Selain itu, teknik ini juga punya banyak keunggulan sebagai berikut:

1. Hasil Kuat dan Tahan Lama

Teknik penyablonan ini tergolong kuat dan juga tahan lama. Hasilnya tidak akan mudah retak maupun mengelupas. Daya rekatnya sendiri tergolong sangat kuat.

2. Warna yang Dihasilkan Optimal

Ada banyak pilihan tinta plastisol yang bisa kamu sesuaikan dengan desain yang ingin diaplikasikan. Hasil warnanya pun tergolong tajam dan mampu menghasilkan gambar yang detail setara HD (High Definition).

3. Proses Penyablonan Bisa untuk Berbagai Kondisi

Kelebihan lain dari teknik ini yaitu bisa menyablon dalam kondisi basah dalam basah. Metode ini banyak digunakan untuk mempersingkat waktu sehingga prosesnya lebih cepat.

4. Menjadi Standar Internasional dalam Industri Clothing

Kualitasnya tidak perlu diragukan kembali karena plastisol merupakan teknik penyablonan yang digunakan di berbagai industri clothing.

Mengenal Karakteristik Kaos Bersablon Plastisol

Pada dasarnya hasil dari penyablonan dengan teknik ini tergolong kuat. Namun, alangkah baiknya Anda hindari panas. Jadi, apakah sablon plastisol disetrika akan berefek? Jawabannya, ya. Sablon akan mengelupas karena panas.
Sablon plastisol dan DTF, serta dengan teknik lainnya tergolong berbeda. Untuk teknik plastisol, adapun ciri-ciri atau karakteristiknya yaitu:

  • Permukaan t-shirt tetap lembut dan nyaman saat digunakan.
  • Sablon awet dan juga tahan lebih lama.
  • Hasil warnanya lembut dan juga tidak mencolok.
  • Aman dicuci dan tidak akan mudah kusam maupun rusak.
  • Jenis tinta plastisol tergolong khusus yang unik dan mudah dibedakan dengan tinta biasa.

    Keunggulan Tinta Plastisol

    Selain warnanya yang tajam dan tahan lama, tinta yang satu ini juga punya beberapa kelebihan lain. Adapun kelebihan dari tinta tersebut yaitu seperti:
  • Mudah diperbaiki ketika ada kesalahan pada saat proses menyablon t-shirt.
  • Banyak pilihan warna yang dapat membuat desain kaos menjadi lebih bervariatif.
    Dua keunggulan dari tinta ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak digunakan di berbagai industri clothing. Cocok sekali untuk kamu yang suka dengan model kaos berdesain premium.
    Ingin punya kaos dengan sablon plastisol? Kamu bisa langsung memesannya di https://www.dyotees.co.id/jasa. DYOTees menyediakan jasa sablon untuk satuan maupun lusinan. Metode penyablonan pun cukup beragam sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Harga yang ditawarkannya pun tergolong menarik.
WhatsApp