Sablon, Teknik Simpel untuk Baju Lebih Estetik

April 22, 2022

Ingin tampil lebih unik dan stylish hanya dengan menggunakan kaos dan celana jeans saja? Sablon bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin tampil beda. Pasalnya, cara tersebut bisa membantu kamu untuk memiliki sebuah kaos yang tidak pasaran.
Sablon kaos atau t-shirt merupakan suatu teknik memindahkan desain. Dengan teknik ini, t-shirt Anda menjadi lebih estetik.

Metode Sablon yang Cocok untuk Desain Estetik

Ada beberapa jenis-jenis sablon yang bisa kamu aplikasikan untuk mendesain t-shirt. Berikut apa saja metode-metode yang cocok.

1. Direct to Garment

Metode pertama ini dikenal dengan istilah DTG atau yang akrab disebut juga dengan Direct to Garment. Metode ini bisa dikatakan yang paling mudah karena menggunakan mesin-mesin DTG yang tersedia di layanan jasa sablon terdekat.
Prosesnya pun tergolong cepat karena sistemnya sama dengan kertas printer. Kamu tinggal memilih jenis desain yang diinginkan. Selain itu kamu juga bisa memesan model pada jasa terkait.

2. Metode Sublimation

Teknik berikutnya merupakan metode dengan sistem transfer paper. Warna yang dikeluarkan biasanya menggunakan tinta sublim. Sama seperti teknik yang pertama, metode kedua ini juga menggunakan mesin khusus.
Mesin yang digunakan yaitu tipe mesin press. Nantinya kaos akan ditekan pada mesin tersebut agar gambar bisa menempel secara sempurna.

3. Heat Press Printing

Yang berikutnya ada sebuah metode yang saat ini tengah populer pada industri konveksi kaos. Pada dasarnya, sistem penyablonan kaos ini tidak jauh berbeda dengan teknik sublimasi.
Harga sablon heat press printing berbeda-beda tergantung dari jasa yang menawarkannya. Sementara prosesnya sendiri, nantinya kaos disablon dengan menggunakan paper khusus heat press.

4. Metode Sablon Manual

Teknik sablon yang satu ini biasanya ditawarkan dengan harga yang tergolong murah. Pasalnya teknik ini masih menggunakan sistem manual. Meskipun caranya bisa dikatakan jadul, akan tetapi kualitas warnanya tidak kalah dengan sistem yang lebih modern.
Metode ini masih menggunakan sistem screen sablon untuk mencetak sebuah desain pada t-shirt. Meski dianggap jadul, namun hingga saat ini metode tersebut masih banyak digunakan di beberapa daerah.
Selain itu, masih banyak diminati karena harganya lebih terjangkau, terutama untuk menyablon lusinan atau di atasnya.

5. Menempelkan Stiker Vinyl

Cara berikutnya ini tergolong mudah dan bisa diaplikasikan oleh siapa saja. Kamu hanya perlu menempelkan stiker vinyl pada kaos yang diinginkan. Artinya kamu tidak memerlukan tinta warna.
Kamu juga bisa menggunakan teknik ini untuk sablon nama pada kaos. Contohnya seperti nama pada kaos reuni, keanggotaan, dan lainnya.
Agar desainnya kuat dan tahan lama, kamu harus menggunakan mesin cutter. Silahkan sesuaikan desainnya terlebih dahulu, tempelkan stikernya kemudian gunakan mesin tersebut.
Untuk mengoptimalkannya, kamu juga harus menggunakan mesin heat press. Fungsinya yaitu agar desainnya menempel dan tidak mudah lepas. Metode semacam ini mirip seperti teknik sablon polyflex.

Rekomendasi Jasa Penyablonan Berkualitas Harga Terjangkau

Percayakan proses penyablonan hanya pada ahlinya saja. Tujuannya agar kualitas desain maupun ketahanannya terjaga dengan baik. Kamu bisa langsung memesan layanan dari Dyotees yang merupakan salah satu jasa sablon ternama yang menyediakan layanan secara online.
Kunjung website https://www.dyotees.co.id/jasa dan dapatkan penawaran menarik untuk kamu yang ingin menyablon kaos baik satuan maupun lusinan. Prosesnya sablon cepat dan kualitasnya terjamin. Dapatkan juga harga menarik untuk menghemat pengeluaranmu hanya di Dyotees.

WhatsApp