Simak! 5 Kelebihan dan Kekurangan Print DTG untuk Kaos Hits 2023

February 28, 2023

Print DTG memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam menyablon kaos. Namun, hal ini tidak membuat DTG kekurangan peminatnya. Bahkan sablon digital ini semakin diminati konsumen.
Banyaknya peminat sablon DTG membuat konsumen memilih jenis sablon ini. Meski terdapat beberapa kekurangan, sablon DTG merupakan sablon digital yang layak kamu pilih saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Printer DTG untuk Kaos Kamu

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan sablon DTG. Hal ini patut kamu pertimbangkan sebelum memilih sablon ini untuk kaos hits 2023.

Kelebihan Printer DTG

1. Hasil Maksimal
Mencetak full color jadi kelebihan sablon DTG. Jika sablon lain memiliki batasan warna maka DTG tidak memiliki batasan warna sehingga kamu dapat mencetak kaos sablon yang diinginkan. Sablon DTG juga bisa mencetak gambar yang rumit hingga 3 dimensi dengan warna yang cerah.
Sablon print DTG juga memiliki hasil yang lebih halus dibanding sablon lain. Hasilnya akan lebih maksimal jika kamu menggunakan bahan combed karena teksturnya yang cocok dikombinasikan.
2. Cocok untuk Kaos Satuan
Suka mencetak kaos satuan? Ini menjadi kelebihan sablon DTG. Pengerjaan yang cepat dan rapi membuat sablon ini patut kamu pilih. Kamu yang suka mencetak satuan pasti memilih sablonan ini untuk koleksi kaos pribadi.
Tidak semua orang ingin mencetak kaos secara massal, karena itu sablon DTG menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang suka mencetak satuan.
3. Pengerjaan Cepat
Terkadang banyak sablon yang pengerjaannya lama sehingga tidak disukai konsumen dan lebih memilih sablonan cepat dengan hasil maksimal. Namun hal ini berbeda dengan sablon DTG yang hasilnya langsung jadi.
Efektivitas dan kecepatan cetaknya membuat konsumen menyukai sablonan ini untuk kaos hits 2023. Ditambah sablon ini dapat mencetak satuan sehingga konsumen memilih sablon DTG sebagai sablon alternatif.
4. Tidak Perlu Transfer Paper
Sablon ini tidak membutuhkan transfer paper. Sesuai dengan namanya, yaitu direct to garment di mana teknik cetaknya bisa diaplikasikan langsung pada kaos.

Kekurangan Printer DTG

1. Harga Tinggi
Dinilai efektif dalam mencetak kaos satuan, harga yang ditawarkan nyatanya cukup tinggi. Meski hasilnya maksimal namun patokan harga sablon jika menggunakan printer DTG adalah biaya yang cenderung besar dibanding sablonan manual.
Hal ini patut menjadi pertimbangan kamu untuk mencetak sablon menggunakan DTG. Proses pengerjaan sablon satuan dinilai lebih cepat dibanding produksi mahal jika menggunakan DTG.
2. Kain yang Bisa Digunakan Terbatas
Jasa print DTG yang terbilang banyak tidak menjadi kelebihan sablon DTG dalam menggunakan bahan kain beragam. Nyatanya bahan kain yang bisa digunakan terbatas dan lebih cocok diaplikasikan pada kain berbahan katun.
Pada kain wol dan kanvas, sablon DTG tidak terlalu cocok dan hal ini dipengaruhi oleh tipe printer yang digunakan. Karena itu perhatikan tipe printer yang digunakan agar dapat mencetak kaos sesuai keinginan.
3. Mesin Rawan Rusak
Kekurangan sablon DTG adalah mesinnya yang cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini menjadi faktor kenapa printer DTG harganya mahal karena butuh perawatan lebih jika mesinnya cepat rusak.
Jika dalam waktu lama printer tidak digunakan, maka hal ini menyebabkan kerusakan. Selain itu sablonan pada printer DTG kurang bervariatif. Tidak heran kelebihan dan kekurangan print DTG patut menjadi pertimbangan jika ingin memilih sablon ini.
Meski beragam kelebihan dan kekurangan yang ada, print DTG menjadi sablonan yang banyak dipilih konsumen untuk gaya kaos hits mereka di 2023.

WhatsApp