Simak Cara Merawat Bahan Fleece agar Sablonan Kamu Awet

March 31, 2023

Sablonan yang luntur dan terlihat kusam akan membuat jaket yang kamu gunakan menjadi tidak istimewa lagi. Contohnya seperti jaket bahan fleece yang bersablon. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada acara mudah untuk merawatnya.

Sablon pada bahan fleece hoodie maupun jenis outer lainnya ternyata bisa kamu rawat sendiri dengan mudah. Berikut ini kami punya beberapa tips yang bisa membantu agar sablonan tetap terlihat keren dan seperti baru.

1. Cuci secara Benar dan Tidak Terlalu Sering

Proses mencuci pakaian berbahan yang satu ini perlu kamu perhatikan cara-caranya. Tujuannya agar kainnya tetap bagus dan sablonnya tetap terlihat keren.

Namun, tahu cara mencucinya pun belumlah cukup. Di sisi lain kamu juga tidak boleh terlalu sering mencucinya. Tujuannya agar sablonan tidak mudah luntur.

Setelah kamu mencuci bahan fleece sweater maupun jaket, kemudian kamu keringkan. Pastikan tidak mengeringkannya langsung pada sinar matahari langsung, melainkan menyimpannya di tempat sejuk yang terkena angin.

2. Tidak Sembarangan Menggantungnya

Jenis bahan fleece 240, maupun jenis lainnya, tidak boleh kamu gantung secara sembarangan. Hal ini karena bahan tersebut tergolong sangat halus, terutama untuk jenis katun.

Sebaiknya kamu simpan pakaian bahan fleece jaket, sweater maupun jenis lainnya di lemari dengan cara dilipat. Selain itu, pastikan lemari kamu bersih agar pakaian tidak berjamur.

Dengan cara ini, jaket yang kamu miliki tersebut akan terjaga kualitasnya, khususnya serat-serat pada pakaian.

3. Bolak-Balik saat Menjemurnya

Pada saat menjemurnya, pastikan kamu tidak membiarkannya begitu saja. Bolak-balik jaket atau pakaian berbahan fleece secara bertahap. Tujuannya yaitu agar pakaian menjadi cepat kering.

Jika jaket kamu memiliki sablonan di bagian depan, pastikan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Cara ini bisa membantu warna dan cetakan sablon tetap awet dan tahan lama.

Seperti yang sudah kami jelaskan, menjemur dengan mengandalkan udara sejuk saja sudah cukup. Dengan begitu, kualitas kain dan sablonan akan tetap terjaga.

4. Menggunakan Kamper saat Menyimpannya

Saat ini banyak yang tidak tahu betapa pentingnya fungsi kamper untuk pakaian. Kamper adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencegah kerusakan pakaian. Kamper akan mencegah ngengat, terutama bagus untuk fleece yang terbuat dari wol.

Untuk mencegah kerusakan bahan dan sablonan, pastikan kamu selalu meletakkan kamper saat menyimpannya di lemari. Gunakan beberapa kamper sekaligus, dan jika kamper sudah habis, kamu bisa menambahnya lagi.

Tips Mencuci yang Baik dan Benar

Bagi yang bertanya bahan fleece apakah bagus, jawabannya tentu saja bagus, terutama jika kamu mencucinya dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tips cara mencucinya agar sablonan dan kualitas bahannya tetap bagus.

● Gunakan air dingin atau suhu normal pada saat mencucinya. Tujuannya agar menjaga kualitas sablonan dan juga material pakaian berbahan fleece.

● Jangan terlalu lama merendam pakaian berbahan fleece. Pastikan kamu merendamnya hanya 5 menit saja agar cetakan sablon tetap awet.

● Kamu tidak perlu menyikat bahan tersebut. Karena menyikatnya hanya akan membuat sablonan berpotensi mengalami kerusakan.

● Pastikan kamu tidak mencampur pakaian berbahan fleece dengan bahan lain pada saat mencucinya. Pisahkan terlebih dahulu. Tujuannya agar pakaian tidak mudah luntur.

Merawat pakaian yang terbuat dari bahan fleece merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. Dengan memperhatikan cara-cara di atas, maka kualitas sablonan pakaian kamu tetap bagus dan keren. Bagi yang ingin memiliki jaket berbahan fleece, kini kamu bisa mendapatkannya di www.dyotees.co.id.

WhatsApp