Simak, Langkah-langkah Mengatasi Baju Sablon yang Rusak

March 31, 2023

Perawatan sablonan baju yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan. Seperti halnya proses pencucian, hingga pengeringan yang salah bisa menyebabkan hasil sablonan terkelupas.

Jika sudah terjadi kerusakan pada sablonan baju, kebanyakan orang akan malu menggunakannya dan berakhir menjadi baju bekas. Padahal masih ada beberapa cara yang bisa dipergunakan untuk memperbaikinya.

Nah di artikel berikut kamu akan mengetahui beberapa langkah cara mengatasi baju sablon yang rusak. Simak sampai habis dengan teliti agar kamu bisa menggunakan baju sablonanmu kembali.

1. Perbaiki dengan Mesin Press Baju

Bagi kamu yang memiliki mesin press baju bisa memanfaatkannya sebagai jalan memperbaiki sablonan. Mesin press baju mempunyai kekuatan untuk menempelkan kembali bekas sablonan yang sudah terkelupas.

Cara Pemakaiannya cukup sederhana. Caranya atur mesin press baju pada suhu 160 derajat. Kemudian lapisi baju yang ingin di sablon dengan kain teflon.

Lalu tekan mesin press baju pada bagian yang rusak. Tahan beberapa saat, untuk menghasilkan hasil yang sempurna. Apabila sudah dirasa cukup, maka angkatlah. Baju yang semula rusak, bisa kembali ke bentuk sablon baju keren.

2. Memperbaiki dengan Setrika

Cara memperbaiki dengan setrika prinsipnya sama halnya memperbaiki dengan mesin press baju. Bedanya, setrika lebih mudah kamu temukan dalam rumah, sedangkan mesin press perlu usaha lebih untuk menemukannya.

Selain itu, memperbaiki dengan setrika juga memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mesin press baju. Caranya kamu tinggal menyiapkan sablon baju yang sudah rusak. Kemudian kamu bisa menghangatkan setrika agar bisa menempelkan sablonan.

Sama seperti menggunakan mesin press, kamu bisa melapisi kaos dengan kain teflon. Tapi jika kamu tidak mempunyai kain teflon, kamu bisa memakai kain putih yang tebal.

Setelah setrika panas, kamu bisa tempelkan pada kaos sablonan yang sudah rusak. Usahakan kamu menempelkannya tepat pada sablon yang rusak.

Gosok secara perlahan, hingga semua komponen tertempel secara sempurna.

3. Perbaiki Menggunakan Lem Perekat

Jika kamu tidak bisa menggunakan dua cara tersebut, kamu bisa mencoba cara terakhir, yaitu dengan menggunakan lem perekat. Akan tetapi, cara ini cenderung lemah dan hasil sablonan bisa terkelupas kembali.

Namun jika kamu tidak memiliki mesin press baju ataupun setrika, cara ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengubah kaos sablonan yang sudah rusak menjadi sablon baju yang bagus.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan lem perekat. Bisa menggunakan lem fox ataupun lem castol.

Setelah kamu siapkan, perlahan kamu bisa melapisi bagian sablonan yang sudah terkelupas dengan lem. Tekan secara perlahan bagian sablonan yang sudah terkelupas, hingga kamu yakin hasilnya menempel secara sempurna.

Lakukan hal yang sama pada bagian sablon yang lain, hingga semuanya menempel. Setelah selesai, kamu bisa mendiamkan beberapa hari. Usahakan kamu menjauhkannya terlebih dahulu dari air ataupun benda yang bisa merusak kualitas dari lem yang kamu gunakan.

Perlu diperhatikan, setelah kamu memperbaiki kaos sablonan, kamu harus menjaganya dengan menjauhkannya dari kebiasaan-kebiasan kecil yang bisa merusak. Sehingga bisa menjadi sablon kaos yang awet.

Kamu bisa memperhatikan dari cara mencuci, baik saat menyikatnya ataupun saat pengeringan yang perlu membaliknya. Hal-hal kecil tersebut bisa menghindarkan dari terkelupasnya kaos sablon yang sudah kamu perbaiki.

Maka sampai sini kamu sudah paham cara untuk memperbaiki sablonan baju yang rusak dan menjaganya agar tidak rusak kembali. Untuk mendapatkan kualitas sablon yang bagus dan awet, kamu bisa mampir ke Dyotees. Di sana ada beragam jasa sablon dan produk yang ditawarkan. Selamat mencoba!

WhatsApp