Teknik Sablon Sempurna Untuk Tim Bola

June 19, 2022

Setiap jenis sablon memiliki kelebihannya masing-masing, tergantung dari penggunanya. Beberapa jenis bahan juga akan lebih baik menggunakan teknik sablon tertentu. Salah satunya untuk kaos jersey tim bola yang cocok disablon menggunakan teknik sablon manual maupun printing.
Dari dua jenis teknik tersebut, sablon manual bisa menggunakan tinta rubber maupun plastisol. Sedangkan untuk printing, kamu harus mencoba teknik DTG yang bisa menghasilkan hasil gambar terbaik.
Nah, bagaimana penjelasan dari masing-masing teknik tersebut?

Sablon Rubber

Teknik sablon rubber ini bisa dilakukan dengan menggunakan tinta rubber. Tinta ini berasal dari bahan karet yang memiliki karakter elastis, melar, dan timbul. Hasil dari sablon ini sangat padat, dan pastinya sangat unik jika digunakan untuk membuat logo ataupun nama dan nomor punggung kaos bola.
Teknik ini sebenarnya sangat cocok untuk semua jenis kaos, terutama kaos bola yang pastinya digunakan untuk kegiatan yang berat. Tinta rubber yang kuat ini pastinya akan lebih awet. Tinta ini sangat aman dari berbagai macam benturan maupun gesekan.
Dilihat dari segi warna, tinta rubber ini juga bisa tahan lama. Apalagi biasanya jenis tinta ini digunakan sebagai tinta dasar untuk kaos yang berwarna gelap. Dengan teknik yang tepat, pastinya jenis sablon rubber ini bisa menjadi sablon yang sempurna untuk kaos bola tim kamu.

Sablon Plastisol

Teknik sablon yang digunakan untuk tinta plastisol dilakukan secara manual. Bahan yang digunakan dalam pembuatan tinta plastisol ini berasal dari bahan dasar minyak. Karakteristik dari tinta yang digunakan ini juga memiliki daya tahan yang sangat baik, jika bisa memprosesnya dengan tepat.
Bahan plastisol ini harus dikeringkan dalam suhu yang tinggi, yaitu sekitar 160 derajat Celcius. Cara pengeringannya menggunakan press yang digunakan selama beberapa menit. Semakin tepat proses pengepresan, maka semakin baik hasil yang didapatkan.

Dari proses tersebut, tinta akan bisa dengan sempurna tertempel di kaos. Warnanya pun sangat baik, bahkan bisa menyesuaikan dengan desain yang dibuat dalam komputer yang memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik. Karena itu, teknik yang satu ini bisa dikatakan memiliki kualitas yang sangat tinggi.
Jika kamu menginginkan hasil sempurna untuk membuat kaos bola, teknik ini merupakan jenis sablon terbaik yang bisa kamu gunakan. Syaratnya tentu saja pada skill pembuatnya yang harus sudah terlatih dan berpengalaman.

Sablon DTG

Teknik sablon selanjutnya yang sangat cocok untuk kaos jersey tim bola adalah DTG. Teknik ini punya kepanjangan Direct to Garment atau jika diartikan pembuatan sablon menggunakan mesin printer yang besar. Pada teknik ini menggunakan tinta khusus tekstil yang sangat berkualitas.
Ada dua jenis tinta yang biasa digunakan dalam metode ini, yaitu neo pigment kronit dan artistri duppont. Tinta kronit sendiri memiliki bahan dasar air yang ramah lingkungan. Tinta ini sangat cocok untuk kaos jersey anak-anak karena sangat aman untuk kulit.
Meski bersifat water based, tinta ini punya keunggulan dari warnanya yang cerah, tidak mudah luntur, dan bisa digunakan untuk kaos gelap maupun terang.
Tinta duppont juga menjadi salah satu yang paling banyak digunakan untuk teknik ini. Bahkan tinta ini menjadi pelopor teknik DTG dari dulu hingga sekarang. Kualitasnya sangat baik dari segi kekuatan dan komposisi warnanya.
Teknik sablon untuk tim bola terbaik harus juga diikuti dengan pengetahuan yang baik untuk bahan dan proses pembuatannya. Dyotees akan menjadi alternatif terbaik untuk membuat kaos bola dengan hasil yang sempurna.
Itulah teknik sablon yang sempurna untuk membuat kaos bola kamu. Jadi, temukan tempat terbaik untuk membuat kaos tim bola hanya di Dyotees.

WhatsApp