Ubah Kaos Polos Menjadi 3D Dengan Sablon Plastisol

May 25, 2022

Berbicara mengenai dunia persablonan tak hanya sebatas tinta yang digesut menggunakan rakel. Ini termasuk sablon plastisol dan sejenisnya, walaupun tak akan ada habisnya pembahasan mengenai dunia sablon. Mulai dari jenis hingga tren apa yang tengah hits sepertinya selalu asik untuk di ulik.
Perkembangan dunia gesut ini juga semakin menarik, mulai dari teknik hingga model penyablonan kini semakin banyak saja. Salah satu yang tengah viral belakangan ini, tak lain dan tak bukan adalah sablon dengan tema 3D.
Gambar pada kaos, topi maupun bahan lainnya bisa nampak semakin realistis dengan tema 3D ini. Kebanyakan gambar dengan tema tiga dimensi tersebut dibuat dengan menggunakan tinta plastisol. Apa sebenarnya kelebihan dari tinta plastisol ini? Ini dia keunggulannya yang perlu kamu ketahui.

Tidak Mudah Kering

Sablon plastisol adalah teknik penyablonan dengan menggunakan tinta plastisol. Tinta plastisol ini merupakan jenis tinta sablon yang tak gampang mengering. Jadi meskipun didiamkan di atas _screen _beberapa saat tak akan langsung mengering dengan sendirinya.
Ini menjadi salah satu keunggulan tentunya dimana ada kalanya tinta yang tak mudah kering ini sangat membantu dalam pembuatan sablon. Jika menggunakan tinta yang mudah kering maka proses penyablonan harus dilakukan dengan sangat cepat, karena jika tidak maka tinta pada _screen _akan segera mengering.
Terkadang ini sangat mengganggu, tinta yang baru beberapa kali digesut sudah mulai mengering. Alhasil lubang-lubang pada screen akan macet tertutup tinta yang kering tersebut. Sehingga harus membuang waktu untuk membersihkan tinta yang kering agar _screen _bisa digunakan kembali.

Bisa Diaplikasikan Pada Kondisi Yang Basah

Dalam beberapa pengaplikasian, tinta plastisol ini bisa digunakan untuk menyablon wet on wet. Artinya tinta tetap bisa digunakan meski dalam keadaan media sedikit basah. Ini tentu memberikan keuntungan karena bisa mempersingkat waktu penyablonan.

Saat akan menyablon 3D, hasilnya akan sangat bagus jika menggunakan tinta plastisol ini. Dengan karakteristik yang dimilikinya hasil cetakan 3D bisa terlihat _real _dan semakin estetik.

Pengaplikasiannya Mudah

Berbeda dengan jenis tinta sablon yang lainnya sablon plastisol _doff _maupun warna yang lain sangatlah mudah pengaplikasiannya. Tak perlu repot memperhitungkan jumlah campuran, tinta jenis plastisol ini justru bisa langsung digunakan setelah dikeluarkan dari tempatnya.

Tinta Berjenis Oil Based

Tinta plastisol merupakan tinta sablon berjenis oil based sehingga sangat bagus untuk digunakan menyablon 3D. Jenis tinta oil based ini akan sangat awet dan tak mudah luntur atau rusak. Hasil sablonan 3D yang dihasilkan akan berumur panjang sampai bertahun-tahun pastinya.

Pilihan Warna Yang Beragam

Tinta sablon jenis plastisol ini memiliki beragam warna yang sangat menarik, mulai dari warna transparan hingga tinta dengan warna yang sangat pekat. Dengan banyaknya pilihan warna tentu akan bisa menghasilkan hasil sablonan yang sangat realistik.
Kelebihan yang ada pada tinta jenis plastisol ini terkadang membuat orang penasaran untuk mencobanya. Bahkan ada juga yang meng-compare tinta sablon plastisol vs rubber atau tinta sablon plastisol vs polyflex untuk menilai tinta mana yang paling baik dalam membuat sablonan 3D.
Untuk membuat sablonan 3D terbaik dengan sablon plastisol maka pastikan untuk mempercayakan pembuatannya kepada ahlinya. Kamu bisa menghubungi jasa sablonan plastisol terdekat untuk mewujudkan sablonan 3D yang kamu inginkan.
Namun jika tak yakin dengan kualitasnya, percayakan saja pada profesional di bidangnya seperti Dyotees. Kunjungi websitenya di sini.

WhatsApp